6 Arti Lambang NU Lengkap dengan Tujuannya

Arti Lambang NU (Nahdlatul Ulama)_Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai arti lambang dari organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama atau yang sering kita singkat dengan NU. 

http://www.abusyuja.com/2019/10/arti-lambang-nu-dan-tujuannya.html

Dalam anggaran dasar NU pasal 4 sudah dijelaskan bahwa lambang Nahdlatul Ulama berupa gambar bola dunia yang dilingkari tali tersimpul. Kemudian dikitari oleh 9 (Sembilan) Bintang. Untuk yang 5 bintang terletak melingkar diatas garis khatulistiwa, sedangkan 4 bintang lainnya terletak melingkar di bawah khatulistiwa, Kemudian ada tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab yang melintang dari kanan ke kiri. Dan semua terlukiskan dengan warna putih di atas dasar warna hijau.

Lambang Nahdlatul Ulama memiliki arti berikut


1. Globe (Bola dunia)

Globe atau bola dunia melambangkan bumi atau tempat manusia hidup untuk mencari kehidupan yaitu dengan berjuang, beramal dan berilmu. Bumi mengingatkan bahwa manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah serta dikeluarkan dari tanah pada hari kiamat.

2. Peta Indonesia 

Lambang NU yang kedua adalah Peta Indonesia yang terlihat pada Globe (Bola Dunia). Peta Indonesia tersebut melambangkan bahwa NU berdiri di Indonesia dan berjuang untuk kejayaan NKRI.

3. Tali Bersimpul 

Lambang NU yang berikutnya adalah Tali Bersimpul yang melingkari Globe (Bola Dunia). Tali Bersimpul disini melambangkan persatuan yang kokoh, kuat dan ikatan di bawahnya melambangkan hubungan manusia dengan Allah SWT, untaian tali berjumlah 99 yang melambangkan Asmaul Husna.

4. Bintang 

Lambang NU yang Keempat adalah Bintang. Bintang yang paling besar melambangkan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan empat bintang di atas garis khatulistiwa melambangkan kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Tholib. Sedangkan untuk 4 Bintang di bawah garis khatulistiwa melambangkan 4 madzhab yang dianut oleh Nahdlatul Ulama, yaitu Imam Hanafi, Iman Maliki, Imam Syafi'i dan Imam Hambali. Sedangkan total keseluruhan bintangnya adalah 9 (Sembilan) yang melambangkan Wali Songo.

5. Tulisan Arab Nahdlatul Ulama 

Lambang NU yang berikutnya adalah tulisan arab yang membentang dari kanan ke kiri menunjukkan nama organisasi yang Berarti kebangkitan para ulama.

6. Warna Dasar Hijau

Lambang NU yang terakhir adalah Warna dasar hijau, yaitu melambangkan kesuburan tanah air Indonesia. Sedangkan tulisan yang berwarna putih melambangkan kesucian. 

Baca juga :

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa NU adalah organisasi keagamaan yang setia mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, menganut salah satu mazhab 4 serta sebagai kelanjutan dari perjuangan Wali Songo dalam berdakwah Islam di Indonesia.

Tujuan pendirian NU (Nahdlatul Ulama)

Nahdlatul Ulama didirikan untuk melestarikan, mengembangkan dan mengamalkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah, dengan menganut salah satu empat mazhab, untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, NU melaksanakan usaha usaha sebagai berikut:

Bidang agama

Mengupayakan terlaksananya ajaran Islam yang menganut paham Ahlussunnah Wal Jamaah menurut salah satu mazhab 4, dengan melaksanakan dakwah Islamiyah dan Amar ma'ruf nahi mungkar.

Bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan

Mengupayakan terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta pengembangan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam, untuk membina umat menjadi muslim yang Takwa, berbudi luhur, berpengetahuan luas dan terampil, serta berguna bagi Agama, bangsa dan negara.

Bidang Ekonomi

Mengupayakan terwujudnya pembangunan ekonomi untuk pemerataan kesempatan berusaha dan menikmati hasil pembangunan dengan mengutamakan tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan, serta mengembangkan usaha-usaha lain yang bermanfaat bagi masyarakat banyak guna terwujudnya Khaira Ummah.

Itulah pembahasan mengenai 6 Arti Lambang NU Lengkap dengan Tujuannya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel