Kegiatan Positif untuk Mengisi Malam Tahun Baru

https://www.abusyuja.com/2019/12/kegiatan-positif-untuk-mengisi-malam-tahun-baru.html
Abusyuja.com_Di Indonesia ini, ada tiga perayaan tahun baru, yaitu tahun baru Islam, tahun baru Masehi dan Tahun baru Imlek. Bagi kita yang beragama Islam, tahun baru kita adalah Hijriyah, bukan Masehi. Tetapi kenyataannya, banyak sekali umat Islam yang secara tidak sadar ikut serta merayakan tahun Baru yang sejatinya bukan perayaan Islam. Hal itu dikarenakan negara Indonesia menggunakan tanggal Masehi, bukan Hijriyah. Hal inilah yang membentuk pemahaman masyarakat bahwa tahun baru Masehi juga merupakan tahun baru kita, tahun baru umat Islam. Dan ini berlaku diseluruh Dunia.

Baca juga :

Ngomong-ngomong soal tahun baru, pasti ada dong kegiatan apa yang ingin anda lakukan ketika perayaan malam tersebut, entah berkumpul bersama teman-teman keluarga ataupun teman satu kantor. 

Tapi perlu anda ketahui bahwa merayakan tahun baru tidaklah ada tuntunannya dalam Islam. Tapi mau bagaimana lagi? mencegah orang yang merayakan tahun baru adalah sebuah hal yang mustahil. Bak menahan ombak menggunakan benteng pasir. Hal ini karena merayakan tahun baru merupakan sebuah budaya yang sudah melekat sejak dulu.

Meskipun kami tidak melarang, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan bahwa ada batasan-batasan agama yang sering kali dilanggar ketika malam itu tiba, seperti pacaran, minum-minuman keras, meniup trompet, membakar uang dengan kembang api, dan masih banyak lagi.

Jika pelanggaran tersebut mewakili agenda tahun baru anda, kami harap anda urungkan niat. Lebih baik anda tidur dirumah dari pada melakukan perbuatan yang sudah jelas-jelas haramnya.

Tetapi jika anda ingin merayakan tahun baru dengan kegiatan positif, berikut beberapa saran dari kami yang bisa anda lakukan untuk mengisi malam perayaan tahun baru.

Nobar (nonton bareng) film Islami

Dengan bermodalkan leptop dan proyektor, anda sudah bisa mengikat pemuda-pemudi dalam sebuah kegiatan positif, yaitu nonton bareng film-film Islami. Contoh : kisah-kisah Nabi, Film-film pahlawan dan lain sebagainya.

Pensi (pentas seni) Budaya

Selain nobar, membuat event pensi budaya merupakan sebuah kegiatan positif yang patut anda coba. Anda bisa menggerakkan Karang Taruna setempat atau mengajak perangkat desa untuk ikut serta dalam mendukung event positif ini Contoh : pentas tari-tarian, lagu-lagu daerah, rebana, dan lain-lain.

Maulid Nabi dan Pengajian Umum

Meskipun tidak ada kaitannya dengan tahun baru masehi, tetapi selagi kegiatan itu positif kenapa tidak? Mengadakan Maulid Nabi dan Pengajian umum itu sama saja kita menyibukkan masyarakat kita dengan kegiatan positif. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi kegiatan-kegiatan positif yang bisa anda lakukan ketika malam perayaan tahun baru. Perlu kami tegaskan kembali bahwa meski kita tidak bisa membendung budaya asing ini, tetapi setidaknya kita haru mengikat atau mengajak siapapun agar tidak melanggar aturan agama yang sudah menjadi langganan di akhir tahun ini.

Pelanggaran yang secara simbolis sudah menjadi sakral di mata mereka, yaitu pelanggaran-pelanggaran nafsu yang dapat menguasai diri kita untuk melakukan maksiat, zina dan keharaman-keharaman lainnya. Hal inilah yang menjadikan kita jauh dari Allah SWT. Jika semua itu terjadi, bukankah kita sama saja membantu "misi" orang kafir? Yaitu merusak Islam.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel