9 Peristiwa/Sejarah Penting yang Terjadi pada Bulan Ramadhan

https://www.abusyuja.com/2020/01/9-peristiwasejarah-penting-yang-terjadi-pada-bulan-ramadhan.html
Abusyuja.com_Pada bulan Ramadhan, banyak sekali peristiwa sejarah besar terjadi. Peristiwa-peristiwa ini menunjukkan bahwa Islam begitu Agung, bahwa syiar puasa merupakan kekuatan, jihad, dan tindakan. Bukan kelemahan maupun kemalasan.

Dengan demikian, seorang muslim berbuat sesuai dengan realita kehidupan dan bertindak sesuai keadaan. Dia tidak menomorduakan kewajiban mencari mata pencaharian atau kehidupan gara-gara kewajiban agama, serta tekat dan kemauannya tidak akan terganggu oleh kesenangan dunia belaka.

Baca juga :

Seorang muslim tidak layak mengatakan bahwa puasa itu dapat menghentikan aktivitas kehidupan dan menelantarkan masyarakat, karena hidup dan kehidupan menurut Islam, seperti yang telah kita ketahui, merupakan sebuah jihad nafsu yang sangat istimewa pahalanya.

Tetapi pada kesempatan kali ini, kami hanya ingin menyampaikan 9 sejarah atau peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan.
  1. Perang Badar Besar (Kubra). Perang ini terjadi pada hari Jumat, 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah.
  2. Penaklukkan Mekkah (Fathu Mekkah). Penaklukkan Mekkah ini merupakan kemenangan terbesar bagi kaum muslim. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah. Peristiwa ini juga menjadi sejarah hancurnya berhala-berhala yang berada disekitar Ka'bah.
  3. Kemenangan Perang Tabuk pada bulan Ramadhan tahun ke-9 Hijriyah.
  4. Agama Islam tersebar ke daerah Yaman pada tahun ke-10 Hijriyah.
  5. Khalid bin Walid menghancurkan suatu tempat penyembahan berhala Al-'Uzza di Nakhlan pada tahun ke-8 Hijriyah. Peristiwa ini tepatnya terjadi pada lima hari terakhir dalam bulan Ramadhan. Pada saat itu, Khalid bin Walid berkata kepada Rasulullah SAW "Itulah al-'Udzaa. Ia tidak akan disembah lagi untuk selama-lamanya." (Sumber : Ibnu Katsir, Al-Bidayah wan-Nihayah, 4:316).
  6. Delegasi Bani Tsaqif (Salah satu Kabilah Penting Arab dari Tha'if) datang kepada Rasulullah pada tahun ke-9 Bulan Ramadhan. Tujuan mereka adalah untuk masuk Islam. Pada tahun itu pula, berhala Al-Lata yang dahulunya menjadi sesembahan kaum Tsaqif dihancurkan. 
  7. Peristiwa Az-Zallaqah (suatu daratan di dekat wilayah portugis). Terjadi pada pagi hari Pada Jumat, 25 Ramadhan 479 Hijriyah. Pada saat itu, tentara teritorial Muslim Andalusia yang dipimpin oleh Yusuf bin Tasyifin memperoleh kemenangan disana. Mereka mengalahkan pasukan Prancis yang berkekuatan 80.000 tentara. Pasukan musuh dipimpin oleh Alfonso.
  8. Peristiwa 'Ainul Jalut. Peristiwa ini terjadi pada pagi hari Jumat, 25 Ramadhan 658 Hijriyah, atau bertepatan pada 3 September 1260 M. Pada saat itu, tentara muslim yang dipimpin oleh Sultan Quthuz, salah seorang sultan dinasti Mamluk di Mesir berhasil menghancurkan tentara Mongol. Pada saat itu pula, ada penyatuan (unifikasi) antara Mesir dan Syiria.
  9. Penaklukkan Andalusia. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 28 Ramadhan 92 Hijriyah, yang bertepatan dengan tanggal 19 Juli 711 M. Pasukan muslim yang di pimpin oleh panglima Thariq bin Ziyad. Mereka mengalahkan Roderick dan pasukannya dalam perang yang berlangsung sangat sengit. Perang ini dikenal dengan nama "Perang Buhairah". Kemenangan ini terjadi setelah tentara muslim menguasai selat Jabal Thariq (Gibraltar) dan membakar semua armada kapal perangnya. Setelah peristiwa ini, ada peristiwa-peristiwa penaklukkan lainnya, seperti penaklukkan Cordova, Granada, dan Toledo, ibu kota pemerintahan Andalusia.
Itulah sejarah-sejarah penting yang terjadi pada Bulan Ramadhan. Dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa puasa bukanlah sebuah penghalang. Puasa bukanlah sesuatu yang melemahkan. Sejarah telah membuktikan bahwa puasa dapat menguatkan Iman, mendekatkan kita kepada sang Pencipta, serta dapat menambah kekuatan kita secara lahir maupun batin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel