12 Waktu Mustajab Untuk Berdoa

https://www.abusyuja.com/2020/02/12-waktu-mustajab-terkabulnya-doa.html
Abusyuja.com_Allah menciptakan waktu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda-beda, di antara keutamaannya ada waktu-waktu yang sangat baik untuk berdoa. Tetapi, kebanyakan orang menyia-nyiakan kesempatan baik tersebut. Mereka mengira, bahwa seluruh waktu memiliki nilai yang sama. Kau Muslimin seharusnya memanfaatkan waktu-waktu yang utama dan mulia untuk berdoa, agar mendapatkan kesuksesan, keberuntungan, kemenangan, dan keselamatan.

Adapun waktu-waktu mustajab terkabulnya doa adalah :

1. Sepertiga malam yang terakhir

Dari Abu Hurairah , Rasulullah Saw. bersabda,  "Tuhan kita yang maha berkah dan maha tinggi turun dari langit dunia setiap malam , pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, 'Barang siapa yang berdoa kepada Ku pasti akan Aku kabulkan, barang siapa yang meminta kepadaku pasti aku beri, dan barang siapa yang memohon ampun kepadaku pasti akan ku ampuni." (HR. Bukhari)

2. Tatkala berbuka puasa bagi orang yang berbuka puasa

Abdullah bin Amr bin Ash mendengar Rasulullah Saw. bersabda,"Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak di tolak." (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

Baca juga:

3. Setiap selepas salat fardu

Dari dari Abu Umamah, sesungguhnya Rasulullah Saw. ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah, beliau menjawab, 'Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai salat fardhu." (HR. Tirmidzi)

Karena itulah imam Syafi'i dan pengikutnya berkata, dianjurkan bagi Imam serta para makmumnya orang-orang yang salat sendirian untuk memperbanyak dzikir, wirid, dan doa setelah selesai salat fardhu. Dan dianjurkan membaca dengan pelan kecuali jika makmum belum mengerti, maka imam boleh mengeraskan agar makmum menirukan. Setelah mereka mengerti, maka semua kembali pada hukum semula yaitu sirri (dibaca pelan atau samar-samar).

4. Pada saat adzan dan perang berkecamuk

Dari Sahl bin Sa'ad, Rasulullah bersabda, "Ada dua doa yang tidak tertolak atau jarang tertolak: doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk." (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim)

5. Saat hari Jumat

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya pada hari jumat ada satu saat yang tidak bertepatan seorang hamba Muslim salat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut. "(HR. Bukhari dan Muslim)

6. Sebelum tidur dalam keadaan suci

Dari 'Amr bin 'Anbasah bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari, kemduain memohon sesuatu tentang urusan dunia dan akhirat, maka Allah akan mengabulkannya.'' (HR. Ibnu Majah)

7. Diantara adzan dan iqomah

Berdasarkan hadits Abdullah bin Amr Ibnu Ash, bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya pada muazin itu telah mengungguli kita." Maka, Rasulullah bersabda, "Ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh para muazin itu dan jika kamu selesai (menjawab), maka memohonlah, kamu pasti diberi." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

8. Doa pada waktu sujud dalam salat

Doa kala sujud yaitu sujud dalam salat dalam atau sujud-sujud lain yang diajarkan Islam seperti sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi. Dalilnya adalah hadis Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Saat yang paling dekat seseorang dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah doa." (HR. Muslim)

9. Pada saat sedang kehujanan

Dari Sahl Ra., bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, "Dua doa yang tidak pernah ditolak : doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan." (HR. Hakim)

Imam Nawawi berkata bahwa penyebab doa pada waktu kehujanan tidak ditolak atau jarang ditolak, dikarenakan pada saat itu sedang turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.

10. Pada saat ajal tiba

Dari Ummu Salamah, bahwa Rasulullah Saw. mendatangi rumah Abu Salamah (pada hari wafatnya), dan beliau mendapatkan kedua mata Abu Salamah terbuka lalu beliau memejamkannya kemudian berkata, "Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya."

Semua keluarga histeris. Beliau lalu bersabda, "Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat akan mengimani apa yang kamu ucapkan.'' (HR. Muslim)

11. Pada malam Lailatul Qadar 

Malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut, malaikat-malaikat akan turun ke bumi atas izin Tuhan untuk mengatur segala urusan, doa atau permintaan para makhluk-Nya.

12. Doa pada hari Arafah

Dari 'Amr bin Syu'aib dari bapaknya dari kakeknya, bahwa Nabi Saw. bersabda, "Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah." (HR. Tirmidzi)

Itulah pembahasan mengenai 12 waktu mustajab terkabulnya doa. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel