12 Golongan Manusia yang Didoakan Malaikat

Daftar Isi
https://www.abusyuja.com/2020/02/inilah-orang-orang-yang-didoakan-malaikat.html
Abusyuja.com_Mailakat adalah hamba-hamba Allah yang dimuliakan.  Mereka adalah makhluk yang sangat suci, melakukan apapun sesuai dengan perintah pencipta-Nya. Ada malaikat yang diciptakan hanya untuk bersujud kepada Allah, ada juga malaikat yang diciptakan hanya untuk bedzikir kepada Allah.

Tidak seperti manusia yang memiliki nafsu dan akal, malaikat dicptakan hanya dengan akal saja, mereka tiak memiliki nafsu seperti manusia dan setan. Malaikat hanya melakukan apapun yang diperintahkan oleh Allah, mereka tidak pernah membantah ataupun mengeluh.

Beda dengan manusia, ia diciptakan Allah dengan akal dan pikiran. Sebab itulah tidak semua manusia patuh terhadap-Nya. Ada juga orang-orang yang bermaksiat dan mengingkari perintahnya karena ambisi dari nafsu.

Baca juga:

Beda lagi dengan setan, yang diciptakan Allah dengan nafsu belaka. Makhluk hina yang satu ini tidak memiliki akal. Mereka diciptakan untuk menyeret mansuai kejalan nafsunya, menjauhkan iman manusia dari sang pencipta-Nya.

Berbicara soal malaikat, ada beberapa orang yang sebenarnya didoakan oleh malaikat. Sebagaiama dijelaskana oleh Syaikh Fadhl Ilahi dalam kitabnya bahwa berikut orang-rang yang termasuk kedalam umat yang didoakan oleh malaikat Allah:

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci

Iman Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah Saw. bersabda, " Baranh siapa yang tidur dalam keadaan bersuci (suci dari hadats kecil maupun besar),  maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malakiat berdoa, 'Ya Allah, ampunilah hamabmi si fulan karena tidur dalam keadaan suci (terjaga)."

2. Orang yang duduk menunggu shalat

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasululah Saw. bersabda, "Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecali malaikat akan mendoakannya, 'Ya Allah, ampunilah ia Ya Allah, sayangilah ia.'"

3. Orang-orang yang berada di shaf bagian depan

Iamam Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari Barra bin Azib, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Sesunggunya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan."

4. Orang-orang yang tidak memberikan kekosongan dalam shaf

Imam Ahmad, Ibnu Majah Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim meriwayatkan dari Aisyah, bahwa Rasulullah Saw. besabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shafnya."

5. Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan Shalat

Iamam Ahmad mereiwayatkan dari Abu Hurairah, Bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu di antara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat di mana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya. (Para malaiakat) berkata, 'Ya Allah ampunilah dan sayangilah dia.'"

6. Orang-orang yang melakukan shalat Shubuh dan Ashar secara berjamaah

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, " Para malaikat berkumpul pada saat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga Shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat Ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat Ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam harinya tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, 'Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?' Mereka menjawab, 'kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat.'"

7. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan

Diriwyatkan oleh Imam Muslim dari Ummu Darda, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Doa seorang Muslim untuk saudaranya yang dilakuakn tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, maka doanya akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'aamiin' dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan.'"

8. Orang-orang yang berinfaq

Imam Bukhari dan Imim Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Tidak satu hari  pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya, salah satu di antara kedua berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq'. Dan lainnya berkata, 'Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit."

9. Orang yang makan sahur

Imam Ibnu Hibban dan Imam Thabrani meriwayatkan dari Abdullah bin Umar, Bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Sesunguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang (sedang) makan sahur."

10. Orang yang menjenguk orang sakit

Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali bin Thalib, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, " Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 Malaikat untuknya yang akan beshalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga malam Shubuh."

11. Seseorang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain

Diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Abu Umamah Al-Bahili, bahwa Rasullah Saw. bersabda, "Keutaman atas seorang yang paling rendah di antara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengerjakan kebaikan kepada orang lain."

12. Orang yang mengucapkan "Aamiin" jika Imam membaca "Ghiril maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalliin"

Para melaikat mengucapkan Aamiin ketika seorang Imam selesai membaca Al-Fatihah. Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Jika seorang imam membaca 'Ghairil maghdhuu bi'alaihim waladh dhaalliin', maka ucapkanlah oleh kalian 'aamiin', karena barangsiapa mengucapkan itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu."(HR. Bukhari)

Itulah pembahasan mengenai  Orang-Orang yang Didoakan Malaikat. Semoga bermanfaat.