5 Tips Agar Doa Cepat Dikabulkan

https://www.abusyuja.com/2020/02/5-tips-agar-doa-cepat-dikabulkan.html
Abusyuja.com_Berdoa merupakan ibadah. Allah sangat menyukai bagi hambanya yang mau memanjatkan doa. Begitu juga sebaliknya, Allah tidak menyukai bagi hambanya yang tidak mau berdoa, bahkan Ia bisa murka apabila ada hambanya yang merendahkan doa.

Banyak orang yang berdoa, namun justru malah melakukan tindakan-tindakan yang membuat doa tersebut ditolak dan tidak dikabulkan. Mereka kebanyakan tidak mengetahui hakikat doa itu sendiri, serta tidak mengetahui apa saja syarat-syarat berdoa agar cepat dikabulkan oleh Allah.

Baca juga:
Padahal, apabila syarat tersebut tidak terpenuhi, maka doa tersebut tidak akan dikabulkan oleh Allah. Adapun syarat-syarat yang terpenting agar doa kita dikabulkan oleh Allah adalah sebagai berikut:

1. Ikhlas

Syarat pertama agar doa kita dikabulkan oleh Allah adalah ikhlas. Setiap orang yang beribadah dan berdoa, hendaklah dengan ikhlas. Maksudnya adalah berdoalah dengan hati yang ikhlas, berdoa semata-mata karena Allah, bukan karena pamer atau lainnya. Doa yang tidak ikhlas akan sulit dikabulkan. Ikhlas merupakan "kunci utama" yang harus kita memiliki agar doa yang kita minta dapat dikabulkan oleh Allah Swt.

2. Tidak berdoa untuk sesuatu yang dilarang agama

Syarat kedua agar doa dikabulkan adalah tidak berdoa untuk hal-hal yang dilarang agama. Misal berdoa agar dapat melakukan maksiat, memutus tali silaturahmi, serta dosa-dosa lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, dari Abu Said, Rasulullah Saw. bersabda, "Apabila seorang Muslim berdoa dan tidak memohon sesuatu yang berdosa atau memutuskan kerabat kecuali akan dikabulkan oleh Allah salah satu dari tiga: Akan dikabulkan doanya atau ditunda untuk simpanan di akhirat, atau menghilangkan darinya dari keburukan yang semisalnya." (HR. Ahmad)

3. Hendaknya makan dan berpakaian halal dan bagus

Di zaman sekarang, betapa tak terhitung orang yang mengkonsumsi makanan, minuman, dan pakaian yang haram, baik dari harta riba, perjudian, atau harta suap, korupsi, dan yang lainnya. Sehingga benarlah perkataan syair,
"Kita berdoa dan menyangka doa terangkat, padahal dosa menghadangnya, lalu dia tersebut kembali. Bagaimana doa kita menghadang di jalannya?"

4. Tidak tergesa-gesa menunggu terkabulnya doa

Iamam Madzhari berkata, "Barang siapa yang bosan dalam berdoa, maka doanya tidak akan dikabulkan, Sebab doa adalah ibadah baik dikabulkan atau tidak. Seharusnya seseorang tidak boleh bosan beribadah. Tertundanya permohonan boleh jadi belum waktunya doa tersebut dikabulkan karena segala sesuatu telah ditetapkan waktunya, sehingga segala sesuatu yang belum waktunya, tidak akan mungkin dikabulkan, dengan tujuan Allah mengganti doa tersebut dengan pahala, atau boleh jadi doa tersebut tertunda pengabulannya, agar orang tersebut rajin berdoa. 

Sebab, Allah sangat senang terhadap orang yang rajin berdoa, karena doa memperlihatkan sikap rendah diri, menyerah, dan merasa membutuhkan Allah. Sebagian orang hanya berdoa sekali atau dua kali. Dan setelah merasa doanya tidak dikabulkan, ia memutuskan untuk berhenti berdoa. Jelas tindakan seperti ini adalah tindakan yang keliru, bahkan dia harus terus mengulangi doanya hingga Allah mengabulkannya.

5. Berdoalah dengan khusyuk dan yakin bahwa doa kita akan dikabulkan

Tips yang terakhir adalah hendaknya orang yang berdoa merasa yakin bahwa Allah akan mengabulkan doanya. Doa yang tertolak mungkin disebabkan yang diminta tidak mampu mengabulkan, atau tidak ada sifat dermawan, atau tidak mendengar terhadap doa tersebut. Sementara kesemuanya sangat tidak layak menjadi sifat Allah. Allah adalah Zat Yang Maha Pemurah, Mahatahu, dan Mahakuasa yang tidak menghalangi doa hamba-Nya. Jika seorang hamba tidak tahu bahwa Allah tidak mungkin menghalangi dia hamba-Nya, maka seharusnya kita berdoa kepada Allah dan merasa yakin bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah.

Itulah tips agar doa kita cepat dikabulkan. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel