Tata Cara Shalat Qabliyah dan Ba'diyah Jumat Lengkap dengan Niatnya

https://www.abusyuja.com/2020/02/tata-cara-shalat-qabliyah-badiyah-jumat-lengkap-dengan-niatnya.html
Abusyuja.com_Jika anda bertanya apakah ada shalat sunnah sebelum shalat Jumat? Jawabannya adalah "ada". Kita tahu bahwa kedudukan shalat jumat adalah layaknya shalat fardhu Dzuhur. Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Zubair dijelaskan bahwa "Setiap ada shalat fardhu, maka sebelumnya pasti ada shalat sunnah dua rakaat." (HR. Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, Daraquthni dan Thabrani).

Didalam kitab Fath al-Bari juga dijelaskan bahwa dalil yang paling kuat untuk dijadikan pedoman tentang kebolehan shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat jumat adalah hadis riwayat Ibnu Hibban dari Abdullah bin Zubair, bahwa setiap shalat fardhu, pasti memiliki shalat sunnah Qabliyah.

Baca juga:
Dalam kitab Al-Hawasyi al-Madaniyah terdapat sebuah hadis yang juga merupakan dalil shahih mengenai shalat sunnah yang dilakukan sebelum shalat jumat. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Hibban dari Ayyub dari Nafi', Ibnu Umar memperpanjang shalat sebelum pelaksanaan shalat jumat, dan melaksanakan shalat dua rakaat sesudahnya di rumah. Dan beliau juga menceritakan bahwa Rasulullah Saw. juga melakukan yang serupa.

Dari dalil di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa shalat sunnah sebelum shalat jumat (Qabliyah Jumat) dan shalat sunnah setelah shalat jumat (Ba'diyah Jumat) merupakan dua shalat yang memang "boleh" dan disunnahkan sebagaimana Rasulullah contohkan .

Kapan Shalat Sunnah tersebut dikerjakan?

Shalat Qabliyah dan Ba'diyah merupakan shalat sunnah rawatib yang dilaksanakan sesudah dan sebelum shalat fardhu. Sedangkan posisi shalat jumat sendiri merupakan pengganti dari shalat fardhu dzuhur. Maka dari itu, shalat sunnah Qabliyah jumat dikerjakan sebelum shalat jumat, yaitu tepat setelah adzan pertama jumat, yang merupakan penanda bahwa waktu shalat dzuhur sudah masuk. Sedangkan shalat sunnah Ba'diyah sendiri dikerjakan setelah shalat jumat, atau boleh kita kerjakan dirumah sebelum waktu asar masuk.

Sunnah-sunnah sebelum melaksanakan shalat Jumat

Sebelum ke tatacara shalat sunnah Qabliyah, ada beberapa kesunnahan yang bisa anda kerjakan juga sebelum shalat jumat. Berikut sunnah-sunnah sebelum melaksanakan shalat jumat menurut ajaran Islam, khususnya madzab Syafi'i :
  • Mandi besar (Membasahi seluruh badan)
  • Mencukur kumis dan memotong kuku
  • Memakai pakaian berwarna putih, rapi, dan bersih
  • Memakai wangi-wangian, diusahakan yang tidak mengandung alkohol
  • Masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan dan mengakhirkan kaki kiri
  • Sebelum duduk, lakukanlah shalat sunnah tahiyatul masjid
  • Niatkan diri untuk I'tikaf sembari berdzikir, membaca shalawat, atau bahkan yang paling baik adalah membaca Al-Qur'an
  • Setelah khatib memulai khutbahnya, berhentilah membaca dzikir, kemudian diamlah sembari mendengarkan khatib menyampaikan khutbahnya.

Tata cara dan niat shalat Qabliyah dan Ba'diyah jumat


Niat shalat sunnah Qabliyah Jumat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً لِلهِ تَعَالَى

Latin : USHALLI SUNNATAL JUMU'ATI RAK'ATAINI QABLIYATAN LILLAAHI TA'AALAA

Niat shalat sunnah Ba'diyah Jumat

صَلِّيْ سُنَّةَ الجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً لِلهِ تَعَالَى

Latin : USHALLI SUNNATAL JUMU'ATI RAK'ATAINI BA'DIYYATAN LILLAAHI TA'AALAA

Untuk shalatnya sendiri seperti shalat-shalat pada umumnya. Shalat Qabliyah dan Ba'diyah dilakukan 2 rakaat dengan satu kali salam.

Itulah pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Shalat Qabliyah dan Ba'diyah Jumat Lengkap dengan Dalilnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel