Dahsyat! Inilah Keutamaan Shalawat Jibril

Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas mengenai keutamaan shalawat jibril. Tetapi sebelumnya, kami akan jelaskan terlebih dahulu asal mula penamaan shalawat jibril itu sendiri. Alkisah, setelah terciptanya Siti Hawa bagi Nabi Adam, Allah swt. melarang Nabi Adam untuk mendekatinya sebelum beliau memberikan sebuah mahar. Dan mahar itu berupa shalawat, kemudian malaikat jibril mentalqin (menuntun) bacaan “Shallallah ‘alaa muhammad.” Kepada Nabi Adam. Karena itulah shalawat ini dinamakan shalawat jibril.

https://www.abusyuja.com/2020/07/keutmaan-shalawat-jibril.html

Menurut Kyai Kholil, shalawat jibril juga bisa diartikan shalawat “gembolan”, yang artinya adalah shalawat yang bisa dibawa kemana-mana. Konon, shalawat ini telah dijadikan amalan rutin para ulama-ulama kuno dan para waliyullah (wali-wali Allah). Shalawat Jibril adalah shalawat dari Allah Swt. yang Maha Mulia, yang disampaikan oleh malaikat yang mulia, dan diterima kepada manusia pertama yang mulia. Barangsiapa yang mau membacanya, ia akan mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah Swt., dan mendapatkan syafaat Rasulullah Saw. 

Bacaan Shalawat Jibril

Shalawat jibril sangatlah simpel dan pendek. Tetapi ada ketentuan khusus ketika ingin membacanya. Berikut lafadz shalawat jibril:

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ

SHALLALLAAHU 'ALAA MUHAMMAD

Artinya: “Semoga Allah swt. selalu melimpahkan shalawat kehadirat beliau Nabi Muhammad Saw.”

Keutamaan Shalawat Jibril

Barangsiapa rutin membacanya, maka ia akan mendapatkan pimpinan dari malaikat yang bagus-bagus. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan mendapatkan ampunan akan dosa-dosanya. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dicukupi kebutuhannya dunia akhirat oleh Allah Swt. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan mendapatkan pahala yang besar. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dianugerahi keselamatan oleh Allah dari segala malapetaka. 

Baca juga: Keutamaan shalawat kepada Nabi

Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dijauhkan dari kemiskinan dan kesempitan rezeki. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan mendapatkan kemenangan atas musuh-musuhnya. Barangsiapa yang rutin membacanya, maka hatinya akan disucikan dari sifat munafik. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dapat melihat Nabi Muhammad Saw. di dalam tidurnya, atau di dalam mimpinya. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan mendapatkan nur yang menyinari hatinya. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dicintai oleh makhluk dan kholik. Barangsiapa yang rutin membacanya, maka akan segera dikabulkan semua doa-doanya.

Al Imam Assya'rany menceritakan bahwa Nabi Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca shalawat ini, niscaya terbuka baginya tujuh puluh pintu rahmat. Dan Allah akan meletakkan sebuah cinta kasih (mahabbah) pada harinya, dan tidak ada orang yang benci kepadanya kecuali orang-orang yang hatinya munafik.”

Baca juga: Wajib baca! Doa Mustajab agar doa kita dikabulkan

Imam 'Ali Bin Ishaq as-Samarqandiy berkata: "Aku mendengar al-Khidhir dan Ilyas keduanya berkata: ‘Kami mendengar dari Nabi Saw. bersabda: "Tidaklah seorang mukmin membaca صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ

Melainkan dia akan dicintai seluruh manusia, sekalipun banyak sekali manusia yang membencinya. Rasulullah Saw. pernah berkata pada saat di atas mimbar, ‘Siapa yang membaca shalawat ( di atas), niscaya Allah akan mengabulkan tujuh puluh pintu rahmat.’’”

Manfaat dan Khasiat Shalawat Jibril

Bacalah shalawat jibril setelah shalawat dhuha sebanyak 313 kali, dan kalau mau lebih istimewa lagi bacalah sebanyak 5.000 kali selama 7 hari, dan rasakan apa yang terjadi...!!!

1. Melariskan dagangan

Barangsiapa mengamalkan shalawat jibril sebanyak 313 kali sehabis shalat subuh dan maghrib, maka usaha atau dagangannya akan laris, baik offline maupun online. Dan tentunya atas kehendak Allah Swt. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

2. Tidak akan pernah kehabisan uang

Barangsiapa membaca shalawat jibril sebanyak 1071 kali khusus setelah shalat maghrib, niscaya Allah akan menjaga kita dari kekosongan uang. Dan tentunya atas kehendak Allah Swt. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

3. Melancarkan proses pembangunan

Barangsiapa membaca shalawat jibril sebanyak 5.000 kali pada tiap malam, niscaya Allah akan mempermulus proses pembangunan anda, baik bangunan rumah maupun bangunan usaha. Dan tentunya atas kehendak Allah Swt. (Bi iznillah, Wallahu A’lam).

4. Sebagai magnet rezeki

Barangsiapa membaca shalawat jibril sebanyak 5.000 kali sehabis shalat dhuha, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya dan uang akan datang kepadanya. Dan tentunya atas izin Allah Swt. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

5. Mengabulkan hajat yang sangat penting dan mendesak

Barangsiapa yang membaca shalawat jibril sebanyak 12.000 kali selama 40 malam berturut-turut. Niscaya Allah akan mengabulkan hajat pentingnya. Dan tentunya atas kehendak-Nya. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

6. Solusi uang mendesak

Barangsiapa yang memiliki kepentingan atau membutuhkan uang mendesak, maka bacalah shalawat ini sebanyak 124.000 kali selama 24 jam, tidak boleh makan, minum dan tidur. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

8. Solusi ketika butuh dana besar

Ketika anda membutuhkan modal atau dana besar, atau mungkin punya hajat besar yang membutuhkan dana besar pula, seperti naik haji, pernikahan, biaya kuliah, atau semisalnya. Bacalah shalawat jibril sebanyak yang dimampu, kemudian tutup dengan membaca QS. Al-Fath ayat 29, atau ayat terakhir dari surah Al-Fath sebanyak 41 kali (tidak boleh lebih atau kurang). Boleh dilakukan setelah sholat fardhu, boleh sehari semalam. Insya Allah dengan kehendak-Nya (Bi iznillah, Wallahu A’lam) hajat kita akan terpenuhi.

Baca juga: Dahsyat! Shalawat agar semua hajat kita tercapai

9. Untuk keselamatan lahir dan batin

Barangsiapa membaca shalawat jibril sebanyak 300.000 kali dalam satu minggu (harus selesai, dimulai pada hari sabtu setelah shalat ashar), niscaya Allah akan menurunkan keselamatan baginya lahir dan batin. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

10. Agar doa mustajab (dikabulkan)

Barangsiapa membaca shalawat jibril dalam satu hari terus menerus tanpa hitungan, jalan, duduk, baring, minimal satu tahun istiqomah, niscaya doanya akan mustajab. Dan apabila kita meniatkannya untuk memohon ridho Allah dan ibadah, niscaya semua urusan kita akan dibereskan oleh-Nya. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

11. Saat menjelang ajal, akan disambut oleh malaikat

Barangsiapa mengamalkan shalawat jibril sebanyak 3 kali pada setiap shalat fardhunya, maka para malaikat akan menyambutnya saat ajal menjelang. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

12. Mendapat salam dan kebahagiaan Rasulullah Saw.

Orang yang rutin membaca shalawat ini, sampai-sampai ia dapat merasakan kenikmatan dan kelembutan shalawat ini, kelak ia akan mendapatkan salam Rasulullah Saw. di alam barzah. (Bi iznillah, Wallahu A’lam)

Catatan: Hal yang perlu digaris bawahi dalam mengamalkan shalawat jibril ini tidaklah terpaku pada jumlahnya, namun konsistensinya atau istiqomahnya. Apabila kita mengamalkan dengan istiqomah, insya Allah manfaatnya akan lebih terasa daripada membacanya secara berlebihan tetapi tidak istiqomah.

Gus Mus sendiri meminta para jamaahnya untuk merutinkan shalawat jibril sebanyak 1.000 kali dalam sehari. Saking pentingnya shalawat ini, beliau pernah dawuh, “Jika tiap bibir kita sedang menganggur komat-kamit mengucapkan “صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ”, terus-menerus sedikitnya setahun, kok tidak sukses, bahagia, tenteram, sentosa, datangi aku, ludahi mukaku dan caci makilah diriku.”

Itulah pembahasan mengenai keutamaan shalawat jibril. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Satu hal lagi yang ingin kami sampaikan, perubahan apapun yang terjadi kepada kita, baik setelah mengamalkan shalawat ini maupun sebelum mengamalkannya, tak lain tak bukan hanyalah berasal dari Allah semata. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel