Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Husnul Maqshid Karya Imam Suyuthi

Download Kitab Husnul Maqshid Karya Imam Suyuthi
Abusyuja.com – Kitab Husnul Maqshid merupakan salah satu kitab masyhur yang membahas tentang keutamaan-keutamaan maulid Nabi Muhammad Saw.

Apabila menyinggung perihal keutamaan maulid Nabi, kitab ini adalah salah satu rujukan wajib dengan tidak mengesampingkan kitab-kitab maulid lain, seperti Al-Barzanji, Ad-Dhiba’i, Burdah, Simtudh Dhurar, dan masih banyak lagi.

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan link donwload kitab Kitab Husnul Maqshid Karya Imam Suyuthi ini dalam format PDF, baik versi terjemah maupun arab. Tetapi sebelumnya, kita kaji sekilas mengenai profil pengarang serta substansi dari isi kitabnya.

Profil Singkat Imam Suyuthi

Jalaluddin as-Suyuthi atau yang masyhur disapa Imam Suyuthi ini lahir pada 1445 Masehi atau 849 Hijriah, beliau merupakan salah satu ulama besar yang hidup pada abad ke-15 di Kairo Mesir.

Di dalam kitabnya, Khusna al-Muhadharah, disebutkan bahwa ia telah mendapatkan 150 ijazah dari 150 gurunya. Di antara guru-guru beliau yang paling masyhur adalah Al-Bulqini dan Taqiyyudin al-Manaawi.

Sedari kecil, beliau telah dikaruniai kecerdasan di atas rata-rata, hidup di lingkungan yang kondusif dan damai, sertai lingkungan keluarga yang kental akan nuansa keilmuan.

Tidak hanya sebatas guru laki-laki saja, beliau juga berguru pada perempuan yang ahli dalam bidah fiqih maupun hadis, di antaranya yaitu Ummu Fadhal binti Muhammad Al-Maqdisi, Ummu Hana Al-Mishriyyah, Aisyah bin Abdil Hadi, Sarah binti As-Siraj bin Jama’ah, dan Zainab binti Al-Hafizh Al-Iraqi.

Dari segi keilmuan, beliau tidak perlu diragukan lagi. Lewat karya fenomenalnya, Tafsir Jalalain, yang dikonsumsi oleh umat Muslim sedunia, khususnya dalam bidang tafsir, sudah lebih dari cukup menjadi bukti tentang kepakaran keilmuannya.

Setelah menciptakan puluhan karya, beliau memutuskan untuk memfokuskan diri untuk beribadah, mengkaji tulisan-tulisannya kembali, serta menjauhi kiprah duniawinya di usia empat puluh tahun.

Dan di usia 61 tahun, beliau wafat pada hari Jumat, 19 Jumadilawal 911 Hijriah di kediamannya, Radhah, dekat sungai Nil. Dan pemakamannya pun dihadiri ribuan orang. 

Sekilas Tentang Kitab Husnul Maqshid

Meskipun tidak begitu tebal, kitab ini dengan jelas dan tegas mengungkap sejarah awal pelaksanaan maulid Nabi, lengkap dengan dalil-dalil yang menepis stigma orang-orang yang menganggap maulid Nabi adalah amaliah bid’ah dhalalah.

Kitab Kitab Husnul Maqshid Karya Imam Suyuthi ini membahas tentang keutamaan maulid Nabi, dan sudah ada dalam versi bahasa Indonesianya dengan judul “Tujuan yang Baik dalam Amaliah Maulid Nabi”.

Kitab Husnul Maqshid ini terdiri dari tiga bagian. Pertama, berisikan mukadimah (pembukaan) yang berisikan pendapat Imam Suyuthi secara general mengenai hukum merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Kedua, menceritakan sejarah orang-orang yang pertama kali mengelenggarakan maulid Nabi, seperti Raja Irbil, Raja al-Mudzaffar, Abu Said Kukburi, dan Ali bin Biktikin. Dan yang terakhir, penyampaian dalil-dalil yang menentang pihak-pihak yang anti maulid.

Download Kitab Husnul Maqshid Karya Imam Suyuthi PDF

Berikut adalah link download Husnul Maqshid Karya Imam Suyuthi:

Itulah profil singkat Imam Suyuthi beserta penjelasan salah satu kitabnya, Husnul Maqshid. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam