Inilah 15 Ciri Keluarga Sakinah Dalam Islam

Daftar Isi

Inilah 15 Ciri Keluarga Sakinah Dalam Islam
Abusyuja.com – Di dalam Islam, banyak sekali penyebutan mengenai keluarga ideal dalam Islam. Ada yang menyebutkan keluarga sakinah saja, keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah, ada juga yang menyebut keluarga sakinah, mawadah, warahmah, dan berkah.

Ada juga yang menyebut keluarga bahagia, keluarga tenteram, keluarga maslahah, keluarga sejahtera, dan masih banyak lagi. Semua penyebutan tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memenuhi kriteria keluarga ideal, atau keluarga yang terpenuhi kebutuhan lahiriah dan batiniahnya.

Sesuai judul di atas, kami akan menjelaskan mengenai 15 ciri keluarga sakinah dalam Islam apabila ditinjau dari perspektif umum. Beriku penjelasannya:

1. Memiliki fondasi keimanan yang kokoh

2. Memiliki misi ibadah dalam kehidupan

3. Menaati ajaran agama

4. Saling menyayangi dan mencintai

5. Saling menjaga dan menguatkan dalam kebaikan

6. Memberikan apa yang terbaik untuk pasangannya

7. Membudayakan musyawarah

8. Membagi peran dengan adil

9. Kompak dalam mendidik anak’

10. Ikut berkontribusi dalam kebaikan masyarakat, bangsa, dan negara

11. Memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan

12. Tumbuhnya sikap kejujuran dan kebebasan dalam berpendapat

13. Adanya instrumen kehangatan, kegembiraan, dan humor dalam rumah tangga

14. Memiliki ketrampilan dalam bernegosiasi, khususnya dalam tugas rumah tangga

15. Memiliki kiblat atau pedoman hidup yang memiliki nilai moral keagamaan

Ada juga yang berpendapat bahwa keluarga sakinah adalah keluarga yang mampu dalam mengembangkan kemampuan dasar fitrah kemanusiaannya, dalam rangka menjadikan dirinya sendiri sebagai manusia yang bertanggung jawab atas kesejahteraan sesama manusia dan alam semesta, sehingga anggota keluarga tersebut akan selalu merasa aman, tenteram, damai, dan bahagia di dunia dan di akhirat.

Dan yang paling sering terlewatkan adalah kurangnya amunisi humor dalam keluarga. Padahal humor juga merupakan salah satu komponen penting dalam menyokong kebahagiaan rumah tangga. Ketika kegembiraan dan humor hadir dalam hubungan keluarga, setiap anggota keluarga akan merasa nyaman dalam berinteraksi. Keceriaan dan rasa saling percaya antara seluruh komponen keluarga inilah yang menjadi sumber penting kebahagiaan rumah tangga.

Itulah 15 ciri keluarga sakinah dalam Islam. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam