Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 4 Arab dan Terjemah PDF

Abusyuja.com – Sesuai judul di atas, kami akan membagikan link download kitab Akhlak Lil Banin versi PDF terjemah Indonesia dan bahasa Arab. Tetapi sebelumnya, kami akan mengkaji sedikit mengenai profil singkat dari pengarangan kitab Akhlak Lil Banin ini, serta pemaparan beberapa substansi yang terkandung dalam kitab ini. Simak selengkapnya:

Sekilas tentang pengarang kitab Akhlak Lil Banin

Kitab Akhlak Lil Banin dikarang oleh Syeikh Umar bin Ahmad Baradja. Beliau adalah salah satu ulama masyhur di kalangan para santri. Kepopulerannya di lingkungan santri tidak perlu diagunkan lagi. Sebab, buku-buku beliau sudah tersebar luas di seluruh pesantren di Nusantara.

Syeikh Umar bin Ahmad Baradja lahir di kampung Ampel Maghfur Jawa Timur pada 10 Jumadilakhir 1331 Hijriah atau 17 Mei tahun 1913 Masehi. Sejak kecil, beliau diasuh dan dididik oleh kakeknya, Syaikh Hasan bin Muhammad Baradja, seorang ulama masyhur ahli nahwu dan fiqih.

Nasab beliau menyambung sampai Seiwun, Hadralmaut, Yaman. Nenek moyangnya yang ke-18, Syaikh Sa'ad (Abi Raja'). Mata rantai keturunan tersebut bertemu pada kakeknya Nabi Muhammad Saw. yang kelima, yaitu Kilab bin Murrah.


Umar bin Ahmad Baradja muda kala itu memiliki kecerdasan yang istimewa, beliau mendalami bahasa Arab dengan tekun. Di antara guru-guru beliau adalah: Al-Ustadz Abdul Qodir bin Ahmad bil Faqih (Malang), Al-Ustadz Muhammad bin Husein Ba‟bud (Lawang), Al-Habib Abdul Qodir bin Hadi Assegaf, Al-Habib Muhammad bin Ahmad Assegaf (Surabaya), Al-Habib Alwi bin Abdullah Assegaf (Solo), Al-Habib Hamid bin Muhammad As-Sery (Malang), Syaikh Robaah Hassunah Al-Kholili (Palestina), Al-Habib Ahmad bin Ghalib Al-Hamid (Surabaya), Al-Habib Ahmad bin Alwi Al- Jufri (Pekalongan), Al-Habib Zein bin Abdullah Alkaf (Gresik), Al-Habib Alwi bin Muhammad Al- Muhdhar (Bondowoso), dan masih banyak lagi.

Beliau juga berguru kepada ulama-ulama luar negeri, di antaranya yaitu Al-Habib Alwi bin Abbas Al-Maliki, Al-Habib Muhammad bin Hady Assegaf (Seiwun, Hadramaut, Yaman), As-Syaikh Muhammad Said Al- Hadrawi Al-Makky (Mekkah), Al-Habib Alwi bin Salim Alkaff, Al-habib Abdullah bin Thahir Al-Haddad (Geidun, Hadaramaut, Yaman), As-Sayyid Muhammad bin Amin Al-Quthbi, As-Syaikh Hasan Muhammad Al-Masysyath, Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syatiri (Tarim, Hadramaut, Yaman), Al-Habib Abdullah bin Ahmad Al-Haddar, dan masih banyak lagi.

Di antara ciri khas beliau adalah berpenampilan sederhana, tidak berlebihan, dan rapi. Beliau tidak suka membangga-banggakan diri, baik tentang keilmuan yang dimilikinya, amaliahnya, atau ibadahnya. Beliau juga terkenal memiliki sifat rendah hati sangat tinggi.

Syeikh Umar bin Ahmad Baradja adalah sosok ulama yang mengedepankan istiqamah, baik dalam hal ibadah fardu maupun ibadah sunnah. Kehidupannya selalu diusahakan agar sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh syariat.

Sekilas tentang kitab Akhlak Lil Banin Juz 4

Akhlak Lil Banin adalah salah satu kitab akhlak, adab, atau etika yang sangat populer di kalangan pelajar Islam. Kitab ini diracik khusus dengan bahasa tutur yang sederhana agar mudah dipahami oleh para murid.

Di Akhlak Lil Banin Jilid 1, pembahasan dimulai dari pembakalan dasar mengenai akhlak secara fundamental, di Akhlak Lil Banin Jilid 2, pembahasan mulai melebar ke arah berbagai kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang murid (secara substansial), sedangkan pada Akhlak Lil Banin Jilid 3, pembahasan lebih melebar lagi ke arah adab-adab yang harus dimiliki oleh seorang murid.

Sedangkan di Akhlak Lil Banin Jilid 4 ini, mualif (pengarang) lebih menekankan pada pembelajaran etika yang lebih mendalam lagi, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan konseling. Berikut substansinya:

Di awal-awal pembahsan, Akhlak Lil Banin Jilid 4 memaparkan beberapa sikap positif yang harus dimiliki oleh seorang murid atau siswa, di antara yaitu membangun rasa malu, penjelasan sifat-sifat iffah (sifat yang dapat dimiliki ketika syahwat dapat dikendalikan oleh akal), menekankan kejujuran beserta kisahnya, dan pentingnya berbuat benar.

Di dalam pembahasan tersebut juga dilengkapi dengan sikap lawannya, di antara yaitu sifat tidak tahu malu, sifat khianat, sifat berdusta, kegelisahan hati, dan sejenisnya.

Di pertengahan bab, mualif (pengarang) masih menekankan kajiannya pada sifat-sifat positif yang harus dimiliki pelajar, di antaranya yaitu kesabaran, bersyukur, memiliki teladan tinggi, menahan diri dari marah, kemurahan hati, kemurahan hati Rasulullah Saw., rendah hati, dan ikhlas.

Di dalam pembahasan tersebut juga diselingi dengan sifat-sifat kebalikannya, di antaranya yaitu, sifat gelisah, sifat mengingkari nikmat, sifat suka marah, sifat kikir, sifat sombong, sifat Riya, dan sejenisnya.

Di akhir pembahasan kitab, mualif menekankan kajiannya pada sifat-sifat negatif yang harus dihindari oleh setiap orang, khususnya para pelajar. Adapun yang dikaji di antaranya yaitu, sifat dendam dan dengki lengkap dengan dampaknya, sikap bahaya ketika seseorang gibah (membicarakan orang lain) lengkap dengan bukti-buktinya, sikap mengadu domba, penjelasan sikap namimah dalam membuat kerusakan (namimah adalah orang yang mengucapkan perkataan orang lain atau menukil perkataan orang lain untuk menimbulkan gangguan, provokasi, atau kebencian pada salah satu dari mereka), dan beberapa nasihat umum.

Download Kitab Akhlak Lil Banin Juz 4

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan link download Kitab Akhlak Lil Banin Juz 4 PDF, baik versi bahasa Arab maupun versi Terjemahnya. Berikut link downloadnya:


Download Kitab Akhlak Lil Banin jild lainnya:

Download Kitab Akhlak Lil Banin Juz 1 (DI SINI)

Download Kitab Akhlak Lil Banin Juz 2 (DI SINI)

Download Kitab Akhlak Lil Banin Juz 3 (DI SINI)

Demikian informasi mengenai kitab Akhlak Lil Banin lengkap dengan profil pengarang, kajian substansi kitab, dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A'lam