Doa Agar Tidak Gugup dan Lancar Saat Berbicara Arab dan Artinya

Daftar Isi

Doa Agar Tidak Gugup dan Lancar Saat Berbicara Arab dan Artinya
Abusyuja.com – Kemampuan dalam berbicara merupakan value yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang dewasa ini. Dalam istilah umum, kemampuan ini biasa disebut dengan public speaking.

Keberanian dan kelancaran dalam berbicara di depan umum tentu sangatlah penting bagi sebagian orang, terlebih jika ia adalah sosok pemimpin di dalam sebuah organisasi atau komunitas.

Dan menjadi hal yang wahid untuk dilatih apabila ia adalah sosok guru atau dosen yang memiliki tanggungjawab dalam menyampaikan sebuah materi pendidikan. Tanpa kemampuan tersebut, mustahil bagi seorang pengajar dapat menyampaikan materinya secara optimal.

Namun tidak dapat dipungkiri, kemampuan public speaking ini tidak semua orang mampu melakukannya. Terlebih bagi mereka yang tidak terbiasa atau memiliki sifat pemalu apabila menjadi pusat perhatian orang-orang asing yang tidak dikenal.

Maka lazim sikap gugup, grogi, dan dag-dig-dug, sering kali menerpa apabila kondisi mental terganggu dengan hal-hal baru yang kurang nyaman. Banyak yang percaya diri di kala berbicara dalam lingkup yang kecil, tetapi menjadi gugup ketika berbicara dalam lingkup yang besar.

Kyai Haji Achmad Chalwani, salah satu ulama masyhur yang menjadi mursyid tarikah Qodariyah wa Naqsyabandiyah, dan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, Barjan, Gebang, Purworejo, memberikan sepenggal tips mengenai doa agar tidak gugup dan diberi kelancaran saat berbicara.

Doa yang beliau berikan merupakan doa Nabi Musa As. yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Berikut doanya dalam bahasa Arab, Latin, dan Artinya:

Doa Agar Tidak Gugup dan Lancar Saat Berbicara Arab dan Artinya

Doa kelancaran berbicara ini dapat Anda baca sebanyak tiga kali setiap selesai salat fardu (maktubah lima waktu), serta ketika hendak naik panggung, mimbar, atau podium. Beliau juga menambahkan bahwa doa ini bisa dibaca ketika hendak mau debat, diskusi, musyawarah, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan keahlian dalam berbicara.

Selain doa di atas, kami juga hendak memberikan doa lain agar diberi kelancaran ketika berbicara. Doa ini kami kutip dari salah satu kitab terbitan Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo yang diasuh oleh KH. Muhammad Shofy al-Mubarok, putra dari KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri (alm). Berikut doanya:

Doa Agar Tidak Gugup dan Lancar Saat Berbicara Arab dan Artinya

Sama halnya dengan doa di atas, doa ini juga di ambil dalam Al-Qur’an Surat Al-Hasyr ayat 21.  Doa agar diberi kelancaran saat berbicara ini dapat dibaca sehabis salat maktubah. Dan dibacakan pada segelas air kemudian diminum.

Tetapi yang perlu diingat adalah, kepandaian dalam berbicara haruslah diseimbangi dengan pemahaman yang sepadan dan ilmu yang memadai. Kelancaran berbicara haruslah dipersiapkan dengan matang, salah satunya adalah menguasai terlebih dahulu topik atau kajian yang hendak disampaikan.

Adapun tips secara umum (general) agar seseorang lancar dalam berbicara adalah terus berlatih, bikin diri sendiri senyaman mungkin, jangan takut salah, bangun keyakinan bahwa kita mampu melakukannya, dan yang terakhir, kuasai materi.

Demikian pembahasan singkat mengenai doa agar tidak gugup saat berbicara arab, latin, dan terjemah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam