Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Arbain Nawawi PDF Terjemah dan Arabnya

Download Kitab Arbain Nawawi PDF Terjemah dan Arabnya
Abusyuja.com – Kitab Arbain Nawawi adalah salah satu kitab yang memuat empat puluh dua (42) hadis pilihan yang disusun oleh salah seorang ulama besar hadis, yaitu Imam Nawawi.

“Arbain” sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya 40. Meskipun demikian, kitab ini memuat 42 hadis.

Kitab Arbain Nawawi dan Riyadhus Salihin adalah dua kitab fenomenal karya Imam Nawawi yang diterima umat muslim di seluruh dunia.

Kitab ini juga menjadi salah satu kitab hadis favorit di pondok-pondok pesantren dan lembaga pendidikan Islam lainnya. Sebab, isi dari kitab ini tergolong mudah untuk dipahami dan dihafal, serta sangat cocok dipelajari untuk pemula sebelum beralih ke kitab-kitab yang lebih besar.

Kenapa Hanya 42 Hadis?

Karena Imam Nawawi menulis kitab ini untuk kalangan awam. Beliau benar-benar memilih hadis yang dapat menjadi fondasi dari agama Islam.

Misalnya persoalan niat dalam hati yang menentukan amal seseorang “Amal tergantung niatnya”, dan beberapa hadis fundamental lainnya, seperti rukun Islam, Iman, dan Ihsan, hukum halal dan haram, serta mengerjakan perintah hendaklah sesuai dengan kemampuan.

Kenapa Kedudukannya Arbain Nawawi Sangat Penting?

Di antara alasan mengenai Kitab Arbain Nawawi ini sangat penting dan memiliki kedudukan tinggi adalah:

Pertama, di dalamnya mencakup hadis yang menjadi kebutuhan umat Islam di dunia, baik dalam hal akhirat, akidah, hukum, syariah, muamalah, dan akhlak.

Kedua, kitab ini berisikan hadis jawami'ul kalim yang memiliki keutamaan dalam pembahasan singkat dan padat.

Ketiga, hadis-hadis di dalamnya adalah satu kesatuan yang mencakup ajaran Islam.


Keempat, banyak digunakan oleh para ulama untuk mengajarkan kepada umat Islam, bahkan menjadi sandaran utama dalam memberikan pemahaman Islam, sehingga sebagian ulama lebih fokus dengan hadis-hadis ini, lalu banyak yang mensyarahinya dengan rinci, seperti syarah Arbain Nawawi karangan Dr. Mustafa Daib Al-Bigha dan Dr. Muhyidin Mastu misalnya.

Sekilas Tentang Pengarang Arbain Nawawi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Kitab Arbain Nawawi dikarang oleh Imam Nawawi. Nama lengkap beliau adalah Al-Imam al-Alamah Abu Zakaria Muhyidin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi.

Beliau adalah ulama besar mazhab Syafii kelahiran Nawa, salah satu desa di dekat kota Damaskus. Beliau lahir pada 631 Hijriah dan tutup usia pada tahun 676 Hijriah.

Semasa hidupnya beliau menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas positif, seperti menuntut ilmu, menulis kitab, menyebarkan ilmu, ibadah, wirid, puasa zikir, bersedekah, dan masih banyak lagi.

Di antara guru-guru beliau adalah Jamaluddin Ibn Ash-Shairafi, Abdul Aziz bin Muhammad Al-Ashari, Zainuddin bin Abdud Daim, Taqiyuddin bin Abul Yusri, Imaduddin bin Abdul Karim al-Harastani, Syamsuddin bin Abu Umar, Zainuddin Abul Baqa, Khalid bin Yusuf al-Maqdisi an-Nabalusi, dan masih banyak lagi.

Di bidang hadis, beliau juga belajar dengan ulama besar, seperti Syekh al-Muhaqqiq Abu Ishaq Ibrahim bin Isa al-Muradi al-Andalusi.

Sedangkan di bidang fiqih, beliau belajar dengan Al-Kamal Ishaq bin Ahmad bin Usman al-Maghribi al-Maqdisi, Syamsuddin Abdurrahman bin Nuh dan Izzuddin al-Arbili, dan masih banyak lagi.

Beliau juga memiliki murid yang tidak sedikit. Di antara murid-murid beliau yang paling masyhur adalah al-Khatib Shadruddin Sulaiman al-Ja’fari, Syihabuddin al-Arbadi, Shihabuddin bin Ja’wan, Alauddin al-Athar dan yang meriwayatkan hadis darinya Ibnu Abil Fath, Al-Mazi dan masih banyak lagi.

Imam Nawawi selama hidupnya telah menciptakan berbagai karya fenomenal, di antaranya yaitu kitab Arbain Nawawi yang berisikan 40 kumpulan hadis (lebih tepatnya 42 hadis penting). Kitab ini sudah menjadi makanan wajib di pondok-pondok pesantren.

Ada juga kitab Riyadhus Shalihin. Kumpulan hadis mengenai sikap, etika, atau tingkah laku yang saat ini digunakan di dunia Islam.

Ada juga kitab Al-Minhaj, kitab syarah Sahih Muslim yang isinya penjelasan kitab Muslim bin al-Hajjaj.

Di bidang fiqih, beliau menulis kitab paling fenomenal, Minhajut Thalibin (منهاج الطالبين وعمدة المفتين في فقه الإمام الشافعي).

Ada juga kitab Al-Majmu’ Syarah Muhadzab yang membahas tentang pedoman atau panduan hukum Islam. Kitab ini biasanya dijadikan pegangan wajib di forum-forum Bahtsul Masail.

Selain bidang hadis dan fiqih, beliau juga menulis kitab dalam bidang bahasa, akhlak, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Arbain Nawawi PDF Lengkap

Sesuai judul di atas, Abusyuja akan membagikan kitab Arbain Nawawi dalam format PDF lengkap, baik dalam versi Arab, Terjemah Indonesia, atau pun versi Bahasa Inggris. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Arbain Nawawi Terjemah Indonesia PDF


Download Kitab Arbain Nawawi Arab Saja PDF

Download Kitab Arbain Nawawi Bahasa Inggris PDF

Download Kitab Syarah Arbain Nawawi

Download Syarah Arbain Nawawi Karya Dr. Mustafa Daib Al-Bigha dan Dr. Muhyidin Mastu

Download Kitab Al-Ta’yin Syarah Arbain Nawawi 1

Download Kitab Al-Ta’yin Syarah Arbain Nawawi 2

Itulah penjelasan singkat Kitab Arbain Nawawi lengkap dengan profil pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat.