Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Riyadhus Shalihin PDF Terjemah Indonesia dan Arab Saja

Kitab Riyadhus Shalihin PDF Terjemah Indonesia dan Arab Saja
Abusyuja.com – Kitab Riyadhus Shalihin merupakan salah satu kitab yang berisikan kumpulan hadis Nabi Muhammad SAW ciptaan Imam Abu Zakariya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi.

Kitab Riyadhus Shalihin ini berisikan hadis-hadis sahih yang dijadikan pedoman menuju akhirat. Berisikan berbagai penjelasan ilmu adab lahir dan batin. Ada juga penjelasan beberapa anjuran dan ancaman, latihan jiwa dan akhlak, obat hati, dan masih banyak lagi.

Kitab ini membuat hadis-hadis yang dikelompokkan menjadi beberapa bab berdasarkan tema utama. Misalnya, bab akhlak yang meliputi sabar, ikhlas, takwa, tawakal, dll. Bab sopan santun yang meliputi menjaga malu, menjaga rahasia, menepati janji, menghormati tamu, dll.

Yang menjadi catatan penting adalah, kitab Riyadhus Shalihin ini pernah disyarahi oleh seorang ulama Wahabi bernama Saleh al-Utsaimin. Dia adalah satu dari sekian ulama Wahabi yang memberi menuduh Imam Nawawi sesat.

Pada ulama dunia pun mengakui bahwa Imam Nawawi adalah ulama Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang menganut fiqih mazhab Syafii dan menganut mazhab akidah Asy’ariyah.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Riyadhus Shalihin

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, kitab Riyadhus Shalihin dikarang oleh Imam Nawawi. Nama lengkap beliau adalah Al-Imam al-Allamah Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi (arab: الإمام العلامة أبو زكريا محيي الدين بن شرف النووي الدمشقي).

Beliau lahir di desa Nawa, dekat kota Damaskus pada tahun 631 Hijriah, dan tutup usia pada tahun 676 Hijriah. Beliau adalah ulama masyhur sebagai ilmuan muslim dalam bidang fiqih dan hadis.

Beliau pindang ke Damaskus pada tahun 649 Hijriah dan tinggal di bagian kota Rawahibiyah. Di sana beliau belajar dan mampu menghafal kitab at-Tanbih hanya dalam waktu emat bulan saja. Padahal kitab tersebut tergolong sangat tebal.

Semasa hidupnya, beliau menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas keilmuan, seperti menulis kitab, berdakwah, beribadah, wirid, puasa, zikir, dan masih banyak lagi.

Di antara guru-guru beliau adalah Abduual Aziz bin Muhammad az-Anshari jamaluddin Ibn Ash-Shairafi, Abu Ishaq Ibrahim bin Isa al-Muradi al-Andalusi, Zainuddin bin Abdud Daim, Syamsuddin Abdurrahman bin Nuh, dan masih banyak lagi.

Di antara murid-murid beliau adalah al-Khatib Shadruddin Sulaiman al-Ja’fari, Alauddin al-Athar, Shihabuddin bin Ja’wan, Ibnu Abil Fath, Al-Mazi, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Riyadhus Shalihin

Sesuai judul di atas, berikut abusyuja.com bagikan kitab Riyadhus Shalihin PDF versi terjemah Indonesia dan arabnya saja. Anda bisa mengaksesnya secara online dan mendownloadnya gratis. Berikut link downloadnya:


Download Kitab Riyadhus Shalihin PDF versi Terjemah Indonesia Jilid 1

Download Kitab Riyadhus Shalihin PDF versi Terjemah Indonesia Jilid 2

Download Kitab Riyadhus Shalihin PDF versi Arab saja


Itulah penjelasan singkat kitab Riyadhus Shalihin lengkap dengan biografi singkat pengarangnya dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam