Download Kitab Asbabun Nuzul Imam Suyuti PDF Arab dan Terjemahnya

Daftar Isi

Download Kitab Asbabun Nuzul Imam Suyuti PDF
Abusyuja.com – Kitab Asbabun Nuzul adalah salah satu kitab yang membahas tentang Asbabun Nuzul Al-Qur’an. Asbabun Nuzul sendiri adalah salah satu ilmu Al-Qur’an yang di dalamnya menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi turunnya sebuah ayat Al-Qur’an.

Lazimnya, Asbabun Nuzul memudahkan para mufasir (orang-orang yang menafsirkan Al-Qur’an) untuk menemukan tafsiran atau pemahaman sebuah ayat yang didasarkan pada kisah atau cerita yang melatarbelakangi turunnya ayat.

Selain itu, Asbabun Nuzul juga dapat digunakan untuk menemukan hukum atau hikmah di balik kisah diturunkannya suatu ayat.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kegunaan ilmu Asbabun Nuzul ini adalah untuk menjelaskan sebuah hikmah tentang pensyariatan sebuah hukum, serta mengkhususnya hukum yang masih bersifat umum atau global.

Sekilas Tentang Biografi Imam Suyithi

Salah satu pengarang masyhur kitab Asbabun Nuzul adalah Imam Jalaludin as-Suyuthi. Nama lengkap beliau adalah Abdurrahman bin Kamaludin Abu Bakar bin Muhammad bin Sabiqudin Jalaludin al-Misri as-Suyuthi as-Syafii al-Asy’ari.


Beliau adalah ulama besar bermazhab Syafi’i dan Al-Asy ’ari yang lahir pada tahun 849 Hijriah atau 1445 Masehi dan tutup usia pada 911 Hijriah atau 1505 Masehi.

Beliau adalah ulama dan cendekiawan muslim yang hidup pada abad 15 di Kairo, ibukota sekaligus kota terbesar di negara Mesir.

Beliau telah mendapatkan 150 ijazah dari para gurunya dan telah melahirkan puluhan karya fenomenal, di antaranya yaitu Tafsir Jalalain, Jami’ ash-Shagir, Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an, Kitab Nuzulul Qur’an (yang sekarang dibahas), Husnul Maqsid, dan masih banyak lagi.

Beliau memang sangat istimewa sejak kecil. Diberi kecerdasan di atas rerata. Mulai benar-benar fokus mendalami ilmu pada usia 14 tahun.

Dalam bidang faraid (ilmu waris), beliau belajar dari Syekh Syihabudin Asy-Syamashai. Dalam bidang fikih, beliau belajar pada Sykeh Sirajuddin al-Bulqani.

Di bidang Tafsir, beliau belajar dari Syekh Syaraf al-Manawi, di bidang Bahasa Arab, beliau belajar dari Syekh Taqiyudin Asy-Syumani dan Syekh Muhyidin ar-Rumi, dan di bidang ilmu logika, beliau belajar pada Syekh At-Taqiyyi Asy-Syumani.

Khusus di bidang Hadis, beliau belajar pada ulama-ulama senior yang kompeten, khususnya dalam mempelajari kitab-kitab yang tergolong berat, salah satunya yaitu kitab Umuhatu Kutubul Hadis (buku-buku induk hadis). Di antara guru-guru beliau adalah Syekh Aqiyuddin Asy-Syibii, Syekh Qasim bin Qathlu Bugha, dan Syekh Taqiyuddin bin Fahd. Ia mempelajari kitab Shahih Muslim dari Syekh Syamsuddin As-Sakrafi.

Namun di usianya yang sudah menginjak 40 tahun, beliau memutuskan untuk mengundurkan diri dari kegiatan mengajar. Beliau memutuskan itu untuk bisa menyendiri dan memfokuskan diri untuk beribadah kepada Allah SWT.

Download Kitab Asbabun Nuzul Imam Suyuti PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja akan membagikan kitab Asbabun Nuzul, atau nama lengkapnya adalah Asbabun Nuzul al-Musama Lubabun Nuqus fi Asbabin Nuzul (أسباب النزول المسمى لباب النقول في أسباب النزول), baik dalam versi Bahasa Arab maupun Terjemah Indonesia. Berikut link downloadnya:


Download Kitab Asbabun Nuzul PDF Bahasa Arab

Download Kitab Asbabun Nuzul PDF Terjemah Indonesia


Demikian pembahasan singkat mengenai Kitab Asbabun Nuzul lengkap dengan biografi pendek pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam