Download Kitab Sifaul Jinan PDF Arab, MP3, dan Terjemahnya

Daftar Isi

Download Kitab Sifaul Jinan PDF Arab, MP3, dan Terjemahnya
Abusyuja.com – Kitab Syifaul Jinan adalah salah satu kitab mini yang membahas tentang ilmu tajwid. Ilmu tajwid berfungsi sebagai media yang membantu kita dalam membaca tulisan arab seperti Al-Qur’an, Hadis, dan sejenisnya.

Mayoritas ulama sepakat bahwa hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardu (wajib). Sebab, ibadah wajib (seperti salat) kita tak lepas dari yang namanya bacaan Al-Qur’an, begitu juga dengan doa dan zikir yang kita panjatkan, semuanya berbahasa Arab.


Kitab Syifaul Jinan ini tergolong ringkas dan mudah dipahami. Maka kitab ini sangatlah layak dikonsumsi oleh para pelajar pemula yang ingin mengenal lebih jauh tentang dasar-dasar ilmu tajwid.

Salah satu ciri khas kitab ini adalah ditulis dalam bahasa Jawa oleh Kyai Ahmad Muthahar bin Abdurrahman Semarang. 

Lebih tepatnya, kitab Syifaul Jinan diracik “senusantara” mungkin oleh beliau sebagai penjelasan dari kitab tajwid Hidayatus Sibyan karya Syekh Said a-Hadhrami. Tujuannya adalah agar mudah dicerna oleh masyarakat Jawa (waktu itu), khususnya di kalangan pesantren-pesantren.

Sekilas Tentang Kitab Syifaul Jinan

Kitab ini berisikan nazam tajwid yang disusun secara ringkas dan enak dihafal. Di dalamnya terdapat beberapa bab dan sub bab, mulai dari hukum nun mati dan tanwin.

Di dalam hukum nun mati dan tanwin terdapat 4 bagian, yaitu izhar, idgham, iqlam, dan ikhfa’.

Di dalamnya juga ada pembahasan hukum mim mati, nun tasydid, dan mim sukun. Ada juga pembahasan hukum lam takrif dan lam fiil, pembahasan mad, dan masih banyak lagi. Untuk selengkapnya Anda bisa download kitabnya lewat link di bawah nanti.

Mengenal Pengarang Kitab Syifaul Jinan

Kitab Syifaul Jinan ditulis oleh KH. Ahmad Muthahar. Nama lengkap beliau adalah Ahmad Muthahar bin Abdurrahman bin Qasidil Haq. Beliau adalah putra kelima dari KH. Abdurrahman.

KH. Ahmad Muthahar adalah adik dari KH. Fathan bin Abdurrahman, pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak. Di pesantren tersebut, beliau dibantu oleh keponakannya, KH. Muhammad Shadiq Luthfil Hakim Muslih dan KH. Muhammad Hanif Muslih (mereka meneruskan estafet kepemimpinan sejak meninggalnya KH. Muslih bin Abdurrahman 1981 sampai 2005).

KH. Ahmad Muthohar adalah sosok yang sangat istiqamah. Bahkan para santri memberikan saksi atas keistikamahan beliau, khususnya dalam masalah ubudiah (ibadah).

Selama masa hidup, beliau tidak pernah meninggalkan jamaah dengan para santrinya, kecuali jika beliau beruzur. Bahkan ketika beliau uzur usia, beliau masih tetap semangat berjamaah dengan para santrinya meski sudah menaiki kursi roda sembari didorong santrinya.

Di kalangan nahdiyin, karya-karya beliau cukup terkenal dan masih dipakai untuk pembelajaran agama sampai sekarang. Beliau telah menulis kurang lebih 30 judul kitab, baik di bidang nahwu, sorof, akidah, akhlak, fikih, mawaris, dan masih banyak lagi.

Beliau meninggal dunia pada usia 73 tahun. Beliau meninggalkan 8 putra-putri dan santri kurang lebih 4.000 orang. Dan yang paling istimewa adalah, beliau wafat saat salat tahajud, sebuah amalan rutin yang telah dilakukannya selama puluhan tahun.

Download Kitab Syifaul Jinan PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja akan membagikan kitab Syifaul Jinan versi PDF arab, terjemah, arti Jawa, dan makna gandung (makna pesantren),  lengkap dengan beberapa kitab syarahnya. Berikut link downloadnya:

Download Syifaul Jinan fi Tarjamati Hidayatus Shibyan dalam Bahasa Arab, dan makna Jawa


Download Kitab Mawrid Zham’an Syarah Hidayatus Shibyan

Nazam Hidayatush Shibyan Arab (Syifaul Jinan)

Download Nazam Hidayatus Shibyan MP3 (Audio)

Irsyadul Ikhwan Syarah Hidayatus Shibyan

Keterangan:

Untuk download audionya, Anda cukup klik titik tiga di sebelah kanan, kemudian klik Download.

Itulah penjelasan mengenai kitab Syifaul Jinan lengkap dengan biografi pendek pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam