Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF Arab dan Terjemah Indonesia

Daftar Isi

Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF Arab dan Terjemah Indonesia
Abusyuja.com – Kitab Tuhfatul Athfal adalah salah satu kitab tajwid yang berfungsi sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat di dalam Al-Qur’an maupun bukan.


Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tajwid adalah salah satu ilmu yang memandu kita dalam membaca Al-Qur’an agar kita dapat mengeluarkan huruf hijaiah dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya.

Kenapa hal ini sangat penting? Karena setiap huruf “pasti memiliki” makhraj, atau yang biasa disebut dengan makharijul huruf, yaitu tempat keluarnya huruf-huruf ketika huruf-huruf tersebut dibunyikan.

Aturan bakunya adalah, setiap kali kita membaca Al-Qur’an, wajib hukumnya membunyikan huruf-huruf di dalamnya sesuai makhrajnya. Maka dalam hal ini,  mempelajari ilmu tajwid adalah wajib.

Wajib karena kita di dalam menjalankan ibadah fardu tidak lepas dari yang namanya membaca Al-Qur’an. Misalnya dalam salat. Kita wajib membaca Fatihah. Fatihah adalah surat dalam Al-Qur’an. Sedangkan dalam membaca Al-Qur’an, kita memerlukan ilmu tajwid.

Itulah satu alasan mengapa ilmu tajwid wajib hukumnya untuk dipelajari. Alasan kedua mungkin karena perintah langsung dari Allah. Sebagaimana dalam QS. Al-Muzamil ayat 4 yang berbunyi:

"Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan atau tartil (bertajwid)." (QS. Al-Muzamil: 4)

Sedangkan alasan ketiga adalah sebagaimana hadis-hadis Nabi dan para jumhur ulama sejak zaman Rasulullah sampai sekarang. Mereka sependapat bahwa membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid adalah fardu dan wajib.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Tuhfatul Athfal

Kitab Tuhfatul Athfal dikarang oleh Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Salabi al-Jamzuri, atau masyhur kita kenal dengan nama Al-Afnadi atau Imam Jamzuri. Beliau adalah seorang ulama mazhab Syafii yang hidup pada abad ke-12 Hijriah.

Al-Jamzuri sendiri diadopsi dari nama tempat yang masuk pada distrik Al-Minufiyah, salah satu dari ke-26 kegubernuran Mesir. Lebih tepatnya adalah tempat dari ayah beliau.

Beliau lahir pada bulan Rabiulawal tahun 1163 Hijriah, sedangkan untuk tahun meninggalkan masih terjadi perselisihan di antara para ulama. Tetapi karangan terakhir beliau adalah Kitab Fathurrahman Bisarhi Kanzul Maani Fi Qiraat Sab’i yang disusun pada tahun 1208 Hijriah. Itu artinya beliau wafat setelah tahun 1208 Hijriah. Wallahu A’lam.

Di antara guru-guru beliau adalah Syekh Nurudin Ali bin Umar bin Hamad bin Umar bin Naji bin Funaisy, seorang ulama masyhur yang akrab disapa Al-Mihi. Beliau adalah alumni Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Kepadanya beliau belajar ilmu tajwid.

Ada juga syekh Mujahid al-Ahmadi, atau akrab disapa Sayidi Mujahid. Beliau adalah guru senior Imam Al-Jamzuri yang memberinya gelar Al-Afandi, sebuah gelar yang diadopsi dari bahasa Turki dengan tujuan memuliakan muridnya.

Di antara karangan-karangan beliau adalah Tuhfatul Atfal  Wal Ghilman Fi Tajwidil Quran ( bentuk nazam), Fathul Aqfal Bi Syarh Tuhfatul Athfal, Kanzul Maani Bi Tahriri Hirozul Amani, Fathurrahman Bisarhi Kanzul Maani Fi Qiraoat Sab’i, Mandumah Fi Riwayat Imam Waras, Jamiul Mussaroh Fi Syawahid Asyatibiyah Wa Durrah, Adur Mandum Fi Udril Ma’mun, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja akan membagikan kitab Tuhfatul Athfal dalam format PDF, baik versi bahasa Arab, terjemah Indonesia, dan versi syarahnya. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Tuhfatul Athfal Terjemah Indonesia PDF


Download Kitab Tuhfatul Athfal Versi Bahasa Arab

Download Kitab Fathul Aqfal Syarah dari Tuhfatul Athfal

Download Kitab Fathu Dzil Syarah dari Tuhfatul Athfal 1 

Download Kitab Fathu Dzil Syarah dari Tuhfatul Athfal 1 

Download Kitab Terjemah Kitab Matan Jazariyah PDF (Tajwid)

Demikian pembahasan singkat mengenai kitab Tuhfatul Athfal lengkap dengan biografi singkat pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam