Teks Nadhom Tuhfatul Athfal Arab, Latin, dan Artinya

Daftar Isi

Teks Nadhom Tuhfatul Athfal Arab PDF, Arab, Latin, dan Artinya
Abusyuja.com – Kitab Tuhfatul Athfal adalah salah satu kitab tajwid yang difungsikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat di dalam Al-Qur’an maupun bukan.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tajwid adalah salah satu ilmu yang memandu kita dalam membaca Al-Qur’an agar kita dapat mengeluarkan huruf hijaiah dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya.

Kenapa hal ini sangat penting? Karena setiap huruf “pasti memiliki” makhraj, atau yang biasa disebut dengan makharijul huruf, yaitu tempat keluarnya huruf-huruf ketika huruf-huruf tersebut dibunyikan.

Aturan bakunya adalah, setiap kali kita membaca Al-Qur’an, wajib hukumnya membunyikan huruf-huruf di dalamnya sesuai makhrajnya. Maka dalam hal ini,  mempelajari ilmu tajwid adalah wajib.

Wajib karena kita di dalam menjalankan ibadah fardu tidak lepas dari yang namanya membaca Al-Qur’an. Misalnya dalam salat. Kita wajib membaca Fatihah. Fatihah adalah surat dalam Al-Qur’an. Sedangkan dalam membaca Al-Qur’an, kita memerlukan ilmu tajwid.

Itulah satu alasan mengapa ilmu tajwid wajib hukumnya untuk dipelajari. Alasan kedua mungkin karena perintah langsung dari Allah. Sebagaimana dalam QS. Al-Muzamil ayat 4 yang berbunyi:

"Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan atau tartil (bertajwid)." (QS. Al-Muzamil: 4)

Sedangkan alasan ketiga adalah sebagaimana hadis-hadis Nabi dan para jumhur ulama sejak zaman Rasulullah sampai sekarang. Mereka sependapat bahwa membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid adalah fardu dan wajib.

Teks Nadhom/Nazam Tuhfatul Athfal

Sesuai judul di atas, abusyuja.com akan membagikan teks nadhom kitab Tuhfatul Athfal, baik arabnya, bacaan latinnya, dan artinya:

NADHOM PEMBUKAAN TUHFATUL ATHFAL


يَقُولُ رَاجِي رَحْمَةِ الْغَفُورِ ۞ دَوْمًا سُلَيْمَانُ هُوَ الْجَمْزُورِي

YAQULU RAJI RAHMATIL GHAFURI - DAUMAN SULAIMANU HUWAL JAMZURI.

Berkata orang yang selalu mengharap rahmat sang Maha Pengampun, yaitu Sulaiman Al Jamzury.


الْـحَمْـدُ للهِ مُصَلِّيًا عَلَى ۞ مُحَمَّدٍ وَآلهِ وَمَنْ تَلَا

ALHAMDULILAHI MUSHALIYAN 'ALA - MUHAMMADIN WA ALIHI WA MANTALA.

Segala puji bagi Allah, Shalawat atas Muhammad beserta keluarga dan orang yang mengikutinya.


وَبَعْدُ هَذَا النَّظْمُ لِلْمُرِيدِ ۞ فِي النُّونِ وَالتَّنْوِينِ وَالْـمُـدُودِ

WA BA'DU HAZAN NADZMU LIL MURIDI - FIN NUNI WATANWINI WAL MURIDI.

Dan setelah itu, ini adalah syair untuk orang yang menginginkan masalah nun, tanwin, dan mad-mad.


سَمَّيْتُهُ بِتُحْفَةِ الْأَطْفَالِ ۞ عَنْ شَيْخِنَا الْـمِيهِىِّ ذِي الْكَمَالِ

SAMAITUHU BITUHFATIL ATHFALI - 'AN SYAIKHINAL MIHIYIZIL KAMALI.

Aku beri nama Tuhfatul Athfal, dari guru kami, Al Mihiy yang mempunyai kesempurnaan.


أَرْجُو بِهِ أَنْ يَنفَعَ الطُّلَّابَا ۞ وَالْأَجْرَ وَالْقَبُولَ وَالثَّوَابَا

ARJU BIHI AN YANFA'AT THULABI - WAL AJRU WAL QABULA WATSAWABI.

Aku berharap kitab ini memberi manfaat para pencari ilmu, balasan, diterima, dan pahala.


NUN MATI DAN TANWIN – ﺍﻟﻨﻮﻥ ﺍﻟﺴﺎﻛﻨﺔ ﻭﺍﻟﺘﻨﻮﻳﻦ


لِلنُّونِ إِنْ تَسْكُنْ وَلِلتَّنْوِينِ ۞ أَرْبَعُ أَحْكَامٍ فَخُذْ تَبْيِيْنِي

LINUNI INTASKUN WA LITANWINI - ARBA'U AHKAMIN FAKHUZ TABYINI.

Nun jika mati dan tanwin memiliki empat hukum, maka perhatikanlah keteranganku.


فَالأَوَّلُ الْإِظْهَارُ قَبْلَ أَحْرُفِ ۞ لِلْحَلْقِ سِتٍّ رُتِّبَتْ فَلْتَعْرِفِ

FAL AWALU IDZHARU QABLA AHRUFI  - LIL HAQI SITTIN RUTABIT FAL TA'RIFI.

Pertama adalah Idzhar sebelum enam huruf tenggorokan yang tersusun, maka Ketahuilah.


هَمْزٌ فَهَاءٌ ثُمَّ عَيْنٌ حَاءُ ۞ مُهْمَلَتَانِ ثُمَّ غَيْنٌ خَاءُ

HAMZUN FAHA UN TSUMA 'AINUN HA'U - MUHMALATANI TSUMA GHAINUN KHA'U.

Hamzah, Ha’, ‘Ain, Ha, Ghain, dan Kha.


وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِسِتَّةٍ أَتَتْ ۞ فِي يَرْمُلُونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ

WATSANI IDGHAMUM BISITTATIN ATAT - FI YARMILUNA 'INDAHUM QAD TSABATAT.

Kedua adalah Idgham yang memiliki 6 huruf yang terkumpul dalam kata: ﻳﺮﻣﻠﻮﻥ .


لَكِنَّهَا قِسْمَانِ قِسْمٌ يُدْغَمَا ۞ فِيهِ بِغُنَّةٍ بِـ:يَنْمُو عُلِمَا

LAKINNAHA QISMANI QISMUM YUDGHAMA - FIHI BIGHUNNATIN BIYANMU 'ULIMA.

Tetapi Idgham ada dua bagian, yang pertama dengan ghunnah, yang diketahui dalam kata ينمو .


إِلَّا إِذَا كَانَا بِكِلْمَةٍ فَلاَ ۞ تُدْغِمْ كـ:دُنْيَا ثُمَّ صِنْوَانٍ تَلَا

ILLA IZA KANA BIKILMATIN FALA - TUDGHIM KADUNYA TSUMA SHINWANIN TALA.

Kecuali jika dalam satu kalimat, maka jangan diidghamkan, seperti “ﺩﻧـﻴﺎ” dan “ﺻـﻨﻮﺍﻥ” .


وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِغَيْرِ غُنَّهْ ۞ فِي اللَّامِ وَالرَّا ثُمَّ كَرِّرَنَّهْ

WATSANI IDGHAMUN BIGHAIRI GHUNAH - FIL LAMI WA RA TSUMA KARI RANAH.

Yang kedua adalah idgham bighairi ghunnah yaitu untuk huruf lam dan ra, lalu getarkanlah.


وَالثَّالِثُ الْإِقْلَابُ عِنْدَ الْبَاءِ ۞ مِيمًا بِغُنَّةٍ مَعَ الْإِخْفَاءِ

WATSALITSUL IQLABU 'INDAL BA'I - MI MAM BIGHUNATIN MA'AL IKHFA'I.

Ketiga adalah Iqlab yaitu ketika bertemu Ba, maka dibaca mim yang didengungkan serta disamarkan.


وَالرَّابِعُ الْإِخْفَاءُ عِندَ الْفَاضِلِ ۞ مِنَ الْـحُـرُوفِ وَاجِبٌ لِلْفَاضِلِ

WARABI'UL IKHFA'I 'INDAL FADHILI - MINAL HURUFI WAJIBUN LIL FADHILI.

Keempat adalah Ikhfa yaitu untuk sisa huruf yang wajib bagi orang yang mulia.


فِي خَمْسَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْـرٍ رَمْزُهَا ۞ فِي كِلْمِ هَذَا البَيْتِ قَد ضَمَّنْتُهَا

FI KHAMSATIN MIM BA'DI 'ASYRIN RAMZUHA - FI KILMI HAZHAL BAITI QAD DHAMANTUHA.

di lima belas huruf, yang tandanya di kalimat-kalimat bait ini, yang telah aku susun:


صِفْ ذَا ثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا ۞ دُمْ طَيِّبـًا زِدْ فِي تُقًى ضَعْ ظَالِمَا

SHIF DZA TSANA KAM JADA SYAKHSHUN QADSAMA - DUM THAYIBAN ZID FI TUQAN DHA' DZHA LIMA.

(SEMUA HURUF IKHFA TERKUMPUL DALAM BAIT INI)


NUN DAN MIM YANG BERTASYDID – ﺍﻟﻤﻴﻢ ﻭﺍﻟﻨﻮﻥ ﺍﻟﻤﺸﺪﺩﺗﻴﻦ


.وَغُنَّ مِيمًا ثُمَّ نُونًا شُدِّدَا ۞ وَسَمِّ كُـلاًّ حَرْفَ غُنَّةٍ بَدَا

WAGHUNA MIMAN TSUMMA NUNAN SYADIDA - WA SAMMI KULLA HARFA GHUNATIN BADA.

Dengungkanlah mim dan nun yang bertasydid.. dan namakanlah kedua huruf tersebut dengan huruf ghunnah dan tampakkanlah.


MIM SUKUN – ﺍﻟﻤﻴﻢ ﺍﻟﺴﺎﻛﻨﺔ


وَالْمِيمُ إِنْ تَسْكُنْ تَجِي قَبْلَ الْهِجَا ۞ لاَ أَلِفٍ لَيِّنَةٍ لِذِي الْحِجَا

WAL MIMUN IN TASKUN TAJI QABLAL HIJA - LA ALIFIN LAYINATIN LIDZIL HIJA.

Jika Mim sukun itu terletak sebelum semua huruf hijaiah selain alif Layyinah (alif sukun) bagi orang yang berakal.


أَحْكَامُهَا ثَلَاثَةٌ لِمَنْ ضَبَطْ ۞ إِخْفَاءٌ نِادْغَامٌ وَإِظْهَارٌ فَقَطْ

AHKAMUHA TSALATSATUN LIMAN DHABAT - IKHFA'U NIDGHAMU WA IDZHARU FAQAD.

Hukumnya ada tiga saja bagi yang menetapkannya.. yaitu Ikhfa, Idgham, dan Idzhar.


فَالْأَوَّلُ الْإِخْفَاءُ قَبْلَ الْبَاءِ ۞ وَسَمِّهِ الشَّفْوِيَّ لِلْقُرَّاءِ

FAL AWWALUL IKHFA'U QABLAL BA'I - WA SAMMIHISY SYAFWIYYI LIL QURA'I.

Pertama, Ikhfa yaitu ketika huruf Ba (didahului mim sukun).. Ahli Qiroah menyebutnya Ikhfa Safawi.


وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِمِثْلِهَا أَتَى ۞ وَسَمِّ إِدْغَامًا صَغِيرًا يَا فَتَى

WA TSANI IDGHAMU BIMITSLIHA ATA - WA SAMMI IDGHAMAN SHAGHIRA YA FATA.

Kedua, Idgham (dengan huruf yang sama yaitu bertemu mim juga) Namakanlah Idgham Shaghir (kecil) wahai pemuda.


وَالثَّالِثُ الْإِظْهَارُ فِي الْبَقِيَّهْ ۞ مِنْ أَحْرُفٍ وَسَمِّهَا شَفْوِيَّهْ

WA TSALITSUL IDZHARU FIL BAQIYAH - MIN AHRUFIN WA SAMMIHA SYAFWIYYAH.

Ketiga, Idzhar, pada huruf-huruf sisanya.. dan namakanlah Idzhar Syafawi.


وَاحْذَرْ لَدَى وَاوٍ وَفَا أَنْ تَخْتَفِي ۞ لِقُرْبِهَا وَالِاتِّحَادِ فَاعْرِفِ

WA AHDZARUL WAWI WAFA AN TAKHTAFI - LIL QURBIHA WAL ITIHADI FA'RUFI.

Berhati-hatilah pada huruf Wa dan Fa karena kesamarannya (dengan ba).. karena kedekatan (fa) dan kesamaan makhraj (wa) maka kenalilah.


LAMNYA AL DAN LAM FIIL – ﻻﻡ ﺁﻝ ﻭﻻﻡ ﺍﻟﻔﻌﻞ


لِلَامِ أَلْ حَالَانِ قَبْلَ الْأَحْرُفِ ۞ أُولَاهُمَا إِظْهَارُهَا فَلْيُعْرَفِ

LILAMI ALHALAMI QABLA AHRUFI - AULA HUMA IDZHARU HA FAL YU'RAFI.

Hukum lam sebelum huruf-huruf (hijaiah selain alif) itu ada dua; pertama dibaca Idzhar (jelas) lam-nya maka kenalilah.


قَبْلَ ارْبَعٍ مَعْ عَشْـرَةٍ خُذْ عِلْمَهُ ۞ مِنِ ابْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيمَهُ

QABLAR BA'IN MA' 'ASYRATIN KHUDZ 'ILMAHU - MINIBGHI HAJJAKA WA KHAF 'AQIMAHU.

Keempat belas huruf yang dibaca jelas, maka ambillah ilmunya dari kalimat berikut: ﺍﺑـﻎ ﺣﺠـﻚ ﻭﺧـﻒ ﻋﻘﻴـﻤـﻪ .


ثَانِيهِمَا إِدْغَامُهَا فِي أَرْبَعِ ۞ وَعَشْـرَةٍ أَيْضًا وَرَمْزَهَا فَعِ

TSANIHIMA IDGHAMUHA FI ARBA'I - WA 'ASYRATIN AIDHAN WAROMZAHA FA'I.

Kedua, dibaca idgham yaitu melebur (lam-nya tidak dibaca, tetapi langsung dibaca hurufnya) yang juga 14 huruf dengan rumus:


طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ ۞ دَعْ سُوءَ ظَنٍّ زُرْ شَرِيفـًا لِلْكَرَمْ

THIB TSUMMA SHIL RUHMAN TAFUZ DHIF DZANI'AM - DA' SU'A DZON ZUR SYARIFAN LIL KAROM.

(SEMUA HURUFNYA TERKUMPUL DALAM BAIT INI:ﻃﺐ ﺛﻢ ﺻﻞ ﺭﺣﻤﺎ ﺗﻔـﺰ ﺿﻒ ﺫﺍ ﻧﻌﻢ ﺩﻉ ﺳـﻮﺀ ﻇﻦ ﺯﺭ ﺷﺮﻳـﻔﺎ ﻟﻠﻜـﺮﻡ)


وَاللَّامَ الُاْولَى سَمِّهَا قَمْرِيَّهْ ۞ وَاللَّامَ الُاْخْرَى سَمِّهَا شَمْسِيَّهْ

WALAMAL ULA SAMMIHA QOMRIYYAH - WALAMAL UKHRO SAMMIHA SYAMSIYYAH.

Lam pertama disebut alif lam Qomariyah.. Lam kedua disebut Alif lam Syamsiyah.


وأظْهِرَنَّ لاَمَ فِـعْلٍ مُطْلَقَا ۞ فِي نَحْوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْنَا وَالْتَقَى

WA ADZHIRONNA LAMI FI'LI MUTHLAQO - FI NAHWI QUL NA'AM WA QULNA WAL TAQO.

Adapun lam Fi’il semuanya secara mutlak dibaca jelas contohnya ﻗﻞ dan ﻗﻠـﻨﺎ dan ﺍﻟﺘﻘـﻰ .


MITSLAIN, MUTAQARIBAIN, dan MUTAJANISAIN– ﺍﻟﻤﺜﻠﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺘﻘﺎﺭﺑﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺘﺠﺎﻧﺴﻴﻦ


إِنْ فِي الصِّفَاتِ وَالْـمَخَـارِجِ اتَّفَقْ ۞ حَرْفَانِ فَالْـمِثْلاَنِ فِيهِمَا أَحَـــــقّْ

IN FISHIFATI WAL MAKHORIJIT TAQO - HARFANI FAL MITSLANI FI HIMA AHAQQO.

Jika (pada dua huruf) Sifat dan Makhraj hurufnya sama, maka ia disebut Mitslain (Mutamatsilain).


وَإِنْ يَكُونَا مَخْرَجـًا تَقَارَبَا ۞ وَفِي الصِّفَاتِ اخْتَلَفَا يُلَقَّبَا

WA IN YAKUNA MAKHROJAN TAQOROBA - WA FI SHIFATIKH TALAFA YULAQOBA.

Jika makhrajnya (berdekatan) dan Sifat hurufnya berbeda, maka ia disebut Mutaqaribain.


مُتْقَارِبَيْنِ أَوْ يَكُونَا اتَّفَقَا ۞ فِي مَخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّقَا

MUTQORIBAINI AU YAKUNAT TAFAQO - FI MAKHROJIN DUNASH SHIFATI HUQIQO.

Jika Makhrajnya sama, sifat hurufnya berbeda, maka ia disebut sebagai Mutajanisain.


بـالْـمُتَجَـانِسَيْنِ ثُمَّ إِنْ سَكَنْ ۞ أَوَّلُ كُلٍّ فَالصَّغِيرَ سَمِّيَنْ

MIL MUTAJANISAINI TSUMA IN SAKAN - AWALU KULI FASHOGHIRO SAMIYAN.

Kemudian jika awal semua jenis ini (Mitslain, Mutaqaribain, Mutajanisain) hurufnya sukun, maka disebut dengan Shaghir.


أَوْ حُرِّكَ الْـحَـرْفَانِ فِي كُلٍّ فَقُلْ ۞ كُلٌّ كَبِيرٌ وَافْهَمَنْهُ بِالْـمُثُـلْ

AU HURIKAL HARFANI FI KULI FAQUL - KULLU KABIRUN WAFHAMANHU BIL MUTSUL.

Dan jika kedua hurufnya berharakat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain, Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itu dengan mengambil contoh (talaqqy).


PEMBAGIAN MAD – ﺃﻗﺴﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ


وَالْـمَـدُّ أَصْلِيٌّ وَفَرْعِيٌّ لَهُ ۞ وَسَمِّ أَوَّلًا طَبِيعِيًّا وَهُو

WAL MADU ASHLIYU WAFAR 'IYU LAHU - WA SAMI AWALU THOBI'IYAN WAHU.

Mad itu ada dua; Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly disebut juga Mad Thabi’iy.


مَا لَا تَوَقُّفٌ لَهُ عَلَى سَبَبْ ۞ وَلَا بِدُونِهِ الْـحُـرُوفُ تُجْتَلَبْ

MALA TAWAQUFU LAHU 'ALA SABAB - WA LA BIDUNIHIL HURUFU TUJTALAB.

Mad Thabi’iy itu tidak tergantung kepada sebab dan tidak pula ketiadaan huruf yang didapat.


بَلْ أَيُّ حَرْفٍ غَيْرُِ هَمْزٍ أَوْ سُكُونْ ۞ جَا بَعْدَ مَدٍّ فَالطَّبِيعِيَّ يَكُونْ

BAL AYU HARFIN GHOIRU HAMZIN AU SUKUN - JA BA'DU MADDIN FATHOBI'IYAN YAKUN.

Setiap huruf selain hamzah dan sukun yang datang setelah huruf mad (alif, waw, dan ya) maka ia adalah mad thabi’iy.


وَالْآخَرُ الْفَرْعِيُّ مَوْقُوفٌ عَلَى ۞ سَبَبْ كَـهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْجَلَا

WAL AKHORUL FAR'IYU MAUQUFUN 'ALA - SABAB KAHAMZIN AU SUKUNIN MUSJALA.

Kedua Mad Far’iy yang terjadi karena adanya sebab seperti adanya hamzah atau sukun secara mutlak.


حُرُوفُهُ ثَلَاثَةٌ فَعِيهَا ۞ مِنْ لَفْظِ وَايٍ وَهْيَ فِي نُوحِيهَا

HURUFUHU TSALATSATUN FA'IHA - MIN LAFDZI WA YIN WAH YA NUHIHA.

Huruf mad ada tiga maka hafalkanlah.. dari lafaz “ﻭﺍﻯ” contohnya ﻧﻮﺣـﻴـﻬﺎ


وَالكَسْـرُ قَبْلَ الْيَا وَقَبْلَ الْوَاوِ ضَمْ ۞ شَرْطٌ وَفَتْحٌ قَبْلَ أَلْفٍ يُلْتَزَمْ

WAL KASRU QOBLAL YA WA QOBLAL WAWI - SYARTHUN WA FATHU QOBLA ALFIN YULTAZAM.

Syaratnya harus senantiasa ada kasrah sebelum ya, Damah sebelum wawu, dan fathah sebelum alif.


وَالْلَِينُ مِنْهَا الْيَا وَ وَاوٌ سُكِّنَا ۞ إِنِ انْفِتَاحٌ قَبْلَ كُلٍّ أُعْلِنَا

WAL LAYINU MINHAL YA WAWUN SUKINA - ININFITAHU QOBLA KULI U'LINA.

Adapun Mad Layyin yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya dan wawu sukun.


HUKUM MAD – ﺃﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ


لِلْمَدِّ أَحْكَامٌ ثَلَاثَةٌ تَدُومْ ۞ وَهْيَ الْوُجُوبُ وَالْـجَـوَازُ وَالُّلزُومْ

LIL MADI AHKAMU TSALATSATU TADUM - WAHYAL WUJUBU WAL JAWAZU WAL LUZUM.

Hukum Mad selalu ada tiga, yaitu Mad Wajib, Mad Jaiz, dan Mad Lazim.


فَوَاجِبٌ إِنْ جَاءَ هَمْزٌ بَعْدَ مَدّْ ۞ فِي كِلْمَةٍ وَذَا بِـمُتَّصِلْ يُعَدّْ

FAIL WAJIBU IN JA'A HAMZUN BA'DA MAD - FI KILMATIN WADZA BIMUTASHIL YU'AD.

Mad wajib terjadi jika ada hamzah setelah mad dalam satu kalimat yang bersambung (mad wajib muttashil).


وَجَائِزٌ مَدٌّ وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِلْ ۞ كُلٌّ بِكِلْمَةٍ وَهَذَا الْمُنْفَصِلْ

WAL JA'IZU MADUN WA QOSHRUN IN FUSHIL - KULU BIKILMATIN WA HADZAL MUNFASHIL.

Mad Jaiz itu boleh dipanjangkan (seperti mad wajib muttashil) boleh pula dibaca pendek (seperti mad thabi’iy) yaitu jika (mad dan hamzah) masing-masing dalam kalimat terpisah dan ini disebut mad jaiz munfashil. 


وَمِثْلُ ذَا إِنْ عَرَضَ السُّكُونُ ۞ وَقْفًا كَـتَعْلَمُونَ نَسْتَعِينُ

WA MITSLU DZA IN 'ARODHO SUKUNU - WAQFAN KATA'LAMUNA NASTA'INU.

Contoh ini (mad munfashil yang boleh dibaca panjang atau pendek atau tawassuth/pertengahan) jika ada huruf yang disukunkan karena waqaf seperti ﺗﻌـﻠـﻤـﻮﻥ dan ﻧﺴـﺘﻌــﻴﻦ (Mad ‘Aridh Lissukun)


أَوْ قُدِّمَ الْـهَمْـزُ عَلَى الْـمَـدِّ وَذَا ۞ بَدَلْ كَـآمَنُوا وَإِيمَانًا خُذَا

AU QUDIMAL HAMZU 'ALAL MADI WADZA -  BADAL KAMANU WA IMANAN KHUDZA.

Jika Hamzah ada sebelum mad, maka ini adalah mad badal contohnya ﺁﻣـﻨﻮﺍ dan ﺇﻳـﻤﺎﻧﺎ .


وَلَازِمٌ إِنِ السُّكُونُ أُصِّلَا ۞ وَصْلًا وَوَقْفًا بَعْدَ مَدٍّ طُوِّلَا

WA LAZIMUN INIS SUKUNU USHILA - WASHLAN WA WAQFAN BA'DA MADIN THUWILA.

Jika sukun bersambung setelah mad baik secara washal atau waqaf maka ini adalah mad lazim.


JENIS-JENIS MAD LAZIM – ﺃﻗﺴﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ ﺍﻟﻼﺯﻡ


أَقْسَامُ لَازِمٍ لَدَيْهِمْ أَرْبَعَهْ ۞ وَتِلْكَ كِلْمِيٌّ وَحَرْفِيٌّ مَعَهْ

AQSAMU LAZIMIN LADAIHUM ARBA'AH - WATILKA KILMIYUN WA HARFIYUN MA'AH.

Mad Lazim menurut ulama qiroah ada empat jenis yaitu mad lazim kilmiy dan mad lazim harfiy.


كِلَاهُمَا مُخَفَّفٌ مُثَقَّلُ ۞ فَهَذِهِ أَرْبَعَةٌ تُفَصَّلُ

KILA HUMA MUKHOFAFUN MUTSAQOLU - FAHADZIHI ARBA'ATUN TUFASHOLU.

Setiap dari keduanya (kilmy dan harfy) itu bisa mukhaffaf dan mutsaqqal maka ini adalah pembagian yang empat.


فَإِنْ بِكِلْمَةٍ سُكُونٌ اجْتَمَعْ ۞ مَعْ حَرْفِ مَدٍّ فَهْوَ كِلْمِيٌّ وَقَعْ

FA IN BIKILMATIN SUKUNU IJTAMA' - MA' HARFI MADIN FAHWA KILMIYUN WAQO'.

Jika sukun bersama huruf mad berkumpul dalam satu kata, maka terjadilah mad lazim kilmy.


أَوْ فِي ثُلَاثِيِّ الْـحُـرُوفِ وُجِدَا ۞ وَالْـمَـدُّ وَسْطُهُ فَحَرْفِيٌّ بَدَا

AU FI TSULATSI YIL HURUFI WUJIDA - WAL MADU WASTHUHU FAHARFIYUN BADA.

Apabila dijumpai ada tiga huruf dan ditengahnya itu adalah mad maka itu merupakan mad lazim harfiy.


كِلَاهُمَا مُثَقَّلٌ إِنْ أُدْغِمَا ۞ مَخَفَّفٌ كُلٌّ إِذَا لَمْ يُدْغَمَا

KILA HUMA MUTSAQOLUN IN UDGHIMA - MUKHOFAFUN KULUN IDZA LAM YUDGHOMA.

Keduanya mutsaqqal jika di-idgham- kan dan mukhaffaf jika tidak di- idgham-kan.


وَاللَّازِمُ الْـحَـرْفِيُّ أَوَّلَ السُّوَرْ ۞ وُجُودُهُ وَفِي ثَمَانٍ انْحَصَـرْ

WAL LAZIMUL HARFIYU AWALASUWAR - WUJUDUHU WA FI TSAMANI IN HASHOR.

Mad Lazim harfiy ada di awal surat dan hurufnya terkumpul dalam delapan huruf.


يَجْمَعُهَا حُرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقََصْ ۞ وَعَيْنُ ذُو وَجْهَيْنِ والطُّولُ أَخَصّْ

YAJMA'UHA HURUFU KUM 'ASAL NAQOS - WA 'AINU DZU WAJ HAINI WATHULU AKHOSH.

Huruf ‘ain memiliki dua jalan (mad dan tawassuth) akan tetapi yang masyhur adalah memanjangkannya (mad).. Berkumpul huruf (mad lazim harfy) dalam kalimat ” ﻛﻢ ﻋﺴﻞ ﻧﻘﺺ”.


وَمَا سِوَى الحَرْفِ الثُّلَاثِيْ لاَ أَلِفْ ۞ فَمَدُّهُ مَدًّا طَبِيعِيًّا أُلِفْ

WA MASIWAL HARFI TSALATSILA ALIF - FAMADUHU MADAN THOBI'IYAN ALIF.

Dan apa yang selain huruf (mad) yang tiga selain alif, maka mad-nya disebut mad thabi’iy.


وَذَاكَ أَيْضـًا فِي فَوَاتِحِ السُّوَرْ ۞ فِي لَفْظِ حَيٍّ طَاهِرٍ قَدِ انْحَصَـرْ

WA DZAKA AIDHON FI FAWATIHIS SUWAR - FI LAFDZI HAYIN THOHIRIN QODIN HASHOR.

Begitu pula pada ayat pembuka surat- surat Al Quran yang terkumpul dalam kalimat ” ﺣﻲ ﻃـﺎﻫﺮ “.


وَيَجْمَعُ الْفَوَاتِحَ الْأَرْبَعْ عَشَـرْ ۞ صِلْهُ سُحَيْرًا مَنْ قَطَعْكَ ذَا اشْتَهَرْ

WA YAJMA'UL FAWATIHAL ARBA' 'ASYAR - SHIL HU SUHAIRON MAN QOTHO'KA DZASYTAHAR.

Berkumpul keempat belas huruf pembuka surat dalam kalimat 

” .ﺻﻠﻪ ﺳﺤﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﻗﻄﻌﻚ ﺫﺍ ﺍﺷـﺘﻬﺮ “ .


PENUTUP – ﺍﻟﺨﺎﺗﻤﺔ


وَتَمَّ ذَا النَّظْمُ بِحَمْدِ اللهِ ۞ عَلَى تَمَامِهِ بِلَا تَنَاهِي

WATAMA ZHANADZMU BI HAMDILLAHI - 'ALA TAMAMIHI BILA TANANIHI.

Telah sempurna nadhom ini dengan memuji nama Allah atas kesempurnaannya yang tak terbatas.


أَبْيَاتُهُ نَدٌّ بَدَا لِذِي النُّهَى ۞ تَارِيخُهَا بُشْرَى لِمَنْ يُتْقِنُهَا

ABYATUHU NADUN BADA LIZIN NUHA - TARIKHUHA BUYHRO LIMAN YUTQINUHA.

Bait-baitnya tampak serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah “menggembirakan bagi orang yang menguasainya”.


ثُمَّ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ أَبَدَا ۞ عَلَى خِتَامِ الْأَنْبِيَاءِ أَحْمَدَا

TSUMA SHOLATI WA SALAMI ABADA -  'ALA KHITAMI ANBIYA'I AHMADA.

Kemudian shalawat serta salam semoga selalu tercurah atas penutup para nabi, (yaitu) Muhammad.


وَالْآلِ وَالصَّحْبِ وَكُلِّ تَابِعِ ۞ وَكُلِّ قَارِئٍ وَكُلِّ سَامِعِ

WAL ALI WA SHOHBIHI KULI TABI' - WA KULI QORI'IN WA KULI SAMI'.

Dan untuk keluarganya, sahabatnya, pengikutnya, dan setiap orang yang membaca dan mendengarkan Al-Qur’an.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Tuhfatul Athfal

Kitab Tuhfatul Athfal dikarang oleh Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Salabi al-Jamzuri, atau masyhur kita kenal dengan nama Al-Afnadi atau Imam Jamzuri. Beliau adalah seorang ulama mazhab Syafii yang hidup pada abad ke-12 Hijriah.

Al-Jamzuri sendiri diadopsi dari nama tempat yang masuk pada distrik Al-Minufiyah, salah satu dari ke-26 kegubernuran Mesir. Lebih tepatnya adalah tempat dari ayah beliau.

Beliau lahir pada bulan Rabiulawal tahun 1163 Hijriah, sedangkan untuk tahun meninggalkan masih terjadi perselisihan di antara para ulama. Tetapi karangan terakhir beliau adalah Kitab Fathurrahman Bisarhi Kanzul Maani Fi Qiraat Sab’i yang disusun pada tahun 1208 Hijriah. Itu artinya beliau wafat setelah tahun 1208 Hijriah. Wallahu A’lam.

Di antara guru-guru beliau adalah Syekh Nurudin Ali bin Umar bin Hamad bin Umar bin Naji bin Funaisy, seorang ulama masyhur yang akrab disapa Al-Mihi. Beliau adalah alumni Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Kepadanya beliau belajar ilmu tajwid.

Ada juga syekh Mujahid al-Ahmadi, atau akrab disapa Sayidi Mujahid. Beliau adalah guru senior Imam Al-Jamzuri yang memberinya gelar Al-Afandi, sebuah gelar yang diadopsi dari bahasa Turki dengan tujuan memuliakan muridnya.

Di antara karangan-karangan beliau adalah Tuhfatul Atfal  Wal Ghilman Fi Tajwidil Quran ( bentuk nazam), Fathul Aqfal Bi Syarh Tuhfatul Athfal, Kanzul Maani Bi Tahriri Hirozul Amani, Fathurrahman Bisarhi Kanzul Maani Fi Qiraoat Sab’i, Mandumah Fi Riwayat Imam Waras, Jamiul Mussaroh Fi Syawahid Asyatibiyah Wa Durrah, Adur Mandum Fi Udril Ma’mun, dan masih banyak lagi.

Anda bisa bisa mendowload versi PDF-nya di sini : Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF

Demikian pembahasan mengenai teks nadhom atau nazam tajwid Tuhfatul Athfal arab, latin, dan terjemahnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A'lam