Surat Al-'Adiyat: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-'Adiyat: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-'Adiyat (Arab: العاديات) adalah surat ke-100 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri atas 11 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyah. Surat Al-'Adiyat diturunkan setelah Surat Al-‘Asr. Ia dinamakan Surat Al-'Adiyat (kuda perang yang berlari kencang) karena merujuk pada lafaz al-‘adiyat yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini. 

Bacaan Surat Al-'Adiyat Arab Saja

Berikut adalah bacaan atau tulisan Surat Al-'Adiyat Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالْعٰدِيٰتِ ضَبْحًاۙ ١

فَالْمُوْرِيٰتِ قَدْحًاۙ ٢

فَالْمُغِيْرٰتِ صُبْحًاۙ ٣

فَاَثَرْنَ بِهٖ نَقْعًاۙ ٤

فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًاۙ ٥

اِنَّ الْاِنْسَانَ لِرَبِّهٖ لَكَنُوْدٌ ۚ ٦

وَاِنَّهٗ عَلٰى ذٰلِكَ لَشَهِيْدٌۚ ٧

وَاِنَّهٗ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيْدٌ ۗ ٨

۞ اَفَلَا يَعْلَمُ اِذَا بُعْثِرَ مَا فِى الْقُبُوْرِۙ ٩

وَحُصِّلَ مَا فِى الصُّدُوْرِۙ ١٠

اِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَىِٕذٍ لَّخَبِيْرٌ ࣖ ١١

Pokok Kandungan Surat Al-'Adiyat

Adapun inti atau pokok kandungan dari Surat Al-'Adiyat adalah ancaman Allah kepada manusia yang ingkar dan yang sangat mencintai harta bendanya, bahwa mereka akan mendapatkan balasan yang setimpal di saat mereka dibangkitkan dari alam kubur dan di saat ini hati mereka diperlihatkan.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-'Adiyat

Adapun keutamaan dan khasiat dari Surat Al-'Adiyat adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-'Adiyat adalah termasuk dalam Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Al-'Adiyat kelak akan dibangkitkan bersama amirulmukminin.

Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang membaca Surat Al-'Adiyat secara istiqamah, maka Allah akan membangkitkannya bersama amirulmukminin secara khusus, ia berada di samping dan dekatnya.” (Tsawabul A’mal, halaman 154)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Al-'Adiyat akan berpahala seperti membaca Al-Qur’an dan dapat dijadikan wasilah doa untuk melunasi hutang.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-'Adiyat), maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang membaca Al-Qur’an, dan barang siapa yang membacanya dengan istiqamah, sedangkan ia memiliki hutang, maka Allah akan menolongnya untuk melunasi hutang tersebut dengan sangat cepat.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 360)

Keutamaan keempat, Surat Al-'Adiyat  dapat dijadikan doa atau wasilah agar terlepas dari ketakutan, kelaparan, dan kehausan.

Ash-Shidiq berkata, “Barang siapa yang membacanya (Surat Al-'Adiyat) kepada orang yang takut, maka ia akan aman dari ketakutannya, membacanya kepada orang yang lapar, maka ia tenang dari rasa laparnya, dan orang yang kehausan, maka ia akan tenang dari rasa hausnya. Lalu ketika orang yang berhutang membacanya secara istiqamah, maka Allah akan melunasi hutangnya, dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 154)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan keutamaan dan manfaat dari Surat Al-'Adiyat lengkap dengan bacaan atau tulisan arabnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam