Surat Al-Lahab: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Lahab: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Lahab (Arab: اللهب) adalah surat ke-111 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 5 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Surat Al-Lahab diturunkan setelah Surat An-Nas. Ia dinamakan Surat Al-Lahab karena merujuk pada lafaz al-lahab (gejolak api) yang terdapat pada ayat ketiga.

Bacaan Surat Al-Lahab Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Al-Lahab arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ ١

مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ ٢

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ ٣

وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ ٤

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ࣖ ٥

Pokok Kandungan Surat Al-Lahab

Adapun inti atau pokok kandungan dari Surat Al-Lahab adalah cerita tentang tokoh yang bernama Abu Lahab dan istrinya yang menentang Rasulullah SAW sehingga keduanya celaka dan masuk neraka, serta menjelaskan harta yang dimilikinya dan segala bentuk bisnisnya tidak akan dapat menolongnya.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Lahab

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Lahab adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Lahab termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Al-Lahab tidak akan dikumpulkan bersama Abu Lahab, dan dapat dijadikan wasilah doa untuk menyembuhkan sakit perut dan perlindungan dalam tidur.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Lahab), maka Allah tidak akan mengumpulkan dirinya dan Abu Lahab, dan barangsiapa yang membacakannya atas orang yang sakit perut (mulas), maka akan sembuh dengan izin Allah dan barangsiapa yang membacanya ketika hendak tidur, maka Allah akan melindunginya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 414)

Demikian bacaan Surat Al-Lahab lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam