Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat An-Nasr: Tulisan Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Surat An-Nasr: Tulisan Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat An-Nasr (Arab: النصر) adalah surat ke-110 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 3 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Madaniyah. Ia dinamakan Surat An-Nasr (pertolongan) karena merujuk pada lafaz an-nasr yang terdapat pada ayat pertama.

Bacaan Surat An-Nasr Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat An-Nasr arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ ١

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ ٢

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا ࣖ ٣

Pokok Kandungan Surat An-Nasr

Adapun inti atau pokok kandungan Surat An-Nasr adalah tentang janji Allah atas pertolongan-Nya dan Islam pun akan mendapatkan kemenangannya. Serta perintah agar kita selalu bertasbih, memuji-Nya, serta meminta ampunan kepada-Nya saat terjadi peristiwa yang menggembirakan.

Keutamaan dan Khasiat Surat An-Nasr

Adapun keutamaan dan khasiat Surat An-Nasr adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat An-Nasr termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat An-Nasr akan memperoleh pertolongan dari musuh, dikeluarkan dari kubur dengan aman dari Jahanam, dan dibukakan sebab0sebab kebaikan di dunia.

Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang membaca Surat An-Nashr di dalam salat sunah atau wajib, maka Allah akan menolongnya dari semua musuhnya, ia akan datang di hari kiamat dengan membaca buku catatan amal, Allah mengeluarkannya dari perut kuburnya dalam keadaan aman dari panasnya Jahanam, neraka, dan hembusan Jahanam. Lalu ia tidak melintasi segala hal di hari kiamat, kecuali akan membahagiakannya dan mengabarkannya dengan kebaikan hingga ia masuk surga. Dan dibukakan untuknya sebab-sebab kebaikan di dunia selama hatinya tidak lemah dan meragu.” (Tsawabul A’mal, halaman 157)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat An-Nasr akan memperoleh pahala seperti orang yang syahid bersama Nabi di hari Fathul Makkah.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini, maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang syahid bersama Nabi pada hari fathul Makkah, dan barangsiapa yang membacanya dalam salat dan membacanya setelah al-hamdul, maka salatnya akan diterima dengan sebaik-baiknya penerimaan.”

Demikian bacaan Surat An-Nasr arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam