Islam Periode Imam Mazhab Empat

Islam Periode Imam Mazhab Empat_Periode Imam mazhab 4 pada dasarnya merupakan periode kemunculan mazhab fiqih yang sangat banyak. namun kemudian tinggal 4 macam saja yang hingga kini diterima dan diakui oleh mayoritas umat Islam.
https://www.abusyuja.com/2019/09/islam-periode-imam-mazhab-empat.html
Sebelum ke pembahasan Islam Periode Imam Mazhab Empat, Berikut penjelasan-penjelasan mengenai periode Islam periode Rasulullah SAW, Khulafaur Rasyidin dan Tabi'in :


Islam Periode Imam Mazhab Empat 


  1. Hanafi. pendirinya adalah Nu'man bin Tsabit Abu Hanifah( 80- 150 H)
  2. Maliki. pendirinya adalah Malik bin Anas ( 93- 170 H)
  3. Syafi'i. pendirinya adalah Muhammad bin Idris As Syafii ( 150- 204 H)
  4. Hambali. pendirinya adalah Ahmad bin hambal ( 164- 241 H)

ke Empat imam mazhab tersebut adalah penegak substansi paham Ahlussunnah Wal Jamaah yang sangat handal. Selain di bidang fiqih, mereka juga banyak menyinggung permasalahan dalam lingkup kalam (akidah) dan akhlak dengan merujuk pada sunnah Rasul dan thoriqoh sahabat 4. Beliau semua juga senantiasa berpegang teguh pada petunjuk Al-Qur'an dan as-sunnah.

Islam periode Asy'ari dan Maturidi

Periode ini pada dasarnya adalah periode institusi Ahlussunnah Wal Jamaah, khususnya dalam lingkup kalam( teologi). Karena sejak kemunculan dua tokoh besar yaitu Al Asy'ari dan Maturidi, Ahlussunnah Wal Jamaah semakin melembaga.

Abu Hasan Al Asy'ari( 260- 324 H) berada di Basrah sedangkan Abu Mansur Al Maturidi( 248- 333H) berada di Kurasan. Meskipun mereka berjauhan dan jarang berkomunikasi, namun secara kebetulan, Beliau berjuang menegakkan akidah Ahlussunnah Wal Jamaah dan menolak paham Mu'tazilah yang terus berkembang dan mendapatkan dukungan politis dari khalifah dari Daulah Abbasiyah terutama Khalifah Al Makmun, Al muktasim dan Al Wasiq.

Meski kesamaan Al Asy'ari dan Al Maturidi sebatas dalam lingkup biologi, namun mengingat secara substansial paham Ahlussunnah Wal Jamaah sudah melekat di hati mayoritas umat sejak zaman Rasulullah SAW, maka dari itulah mereka dengan cepat mendapat sambutan hangat dari berbagai penjuru dan institusi Ahlussunnah Wal Jamaah dan menjadi mazhab mayoritas umat Islam.

Itulah pembahasan mengenai Islam Periode Imam Mazhab Empat. Jika anda menemukan kesalahan dalam pengetikan, silahkan kirim kami pesan lewat komentar di bawah. Wallahu A'lam.

Diterbitkan Oleh: Abu Syuja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel