Biografi KH. Abdul Wahab Hasbullah Pendiri NU (Nahdlatul Ulama)

Kyai Haji Abdul Wahab Hasbullah dilahirkan di Tambak Beras Jombang 31 Maret 1888 Masehi. Ayahnya bernama Kiai Hasbullah merupakan pengasuh pondok pesantren Tambak Beras.

Pendidikan

Selama 20 tahun beliau mendalami agama dari pesantren satu ke pesantren yang lain. Diantaranya adalah pondok pesantren Langitan Tuban, pondok pesantren Mojosari Nganjuk, pondok pesantren Tawangsari sepanjang, pondok pesantren Branggahan Kediri, pondok pesantren Syaikhona Kholil Bangkalan, pondok pesantren Tebuireng Jombang dan belajar di Mekah Al Mukaromah. Baca juga :


Pada tahun 1916 beliau mendirikan "Nahdlatul Wathon" dan pada tahun 1918, beliau juga mendirikan lembaga pendidikan "Taswirul Afkar". Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang yang sangat dinamis, lincah, pantang menyerah dan cerdas. Sahabat beliau sangatlah banyak karena pandai bergaul dengan para ulama dari berbagai organisasi Islam lainnya.

https://www.abusyuja.com/2019/10/biografi-kh-abdul-wahab-hasbullah.html

Jasa KH. Wahab Hasbullah

Beliau menjadi utusan Jami'iyyah Nahdlatul Ulama bersama Syekh Ghonaim Al Misri dan seorang mahasiswa yang tinggal di Mekah bernama Kyai Haji Dahlan Abdul Qohar. Mereka kemudian berhasil menemui Raja Ibnu Saud di Mekah untuk menyampaikan permohonan agar ajaran bermadzhab tetap dijamin di tanah haram.

Jabatan 

Dikalangan NU, Kyai Wahab adalah orang yang memprakarsai tradisi jurnalistik. Mendirikan majalah yang terbit tengah bulan "Soeara Nahdlotoel Oelama" dan menjadi pimpinan redaksi selama kurang lebih 7 tahun. Beliau juga penggagas lahirnya Jami'iyyah Nahdlatul Ulama bersama KH. Hasyim Asy'ari pada tahun 1926 di Surabaya Jawa Timur. Menjabat khatib  'Am (sekretaris umum) PBNU saat NU pertama kali didirikan. Setelah KH. Hasyim Asy'ari wafat, jabatan Rais 'Am (ketua umum) dijabat oleh Kiai Wahab. Beliau juga pernah menjadi anggota BPKNIP (badan pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat), anggota konstituante dan berkali-kali menjadi anggota DPR RI serta anggota Dewan Pertimbangan agung atau DPR.

Wafat

KH. Abdul Wahab Hasbullah wafat pada hari Rabu 12 Juli kok dah 1391 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 29 Desember 1971 Masehi Dalam usia 83 tahun. Dan dimakamkan di pemakaman keluarga pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang Jawa Timur.

Itulah biografi singkat tentang Kyai Haji Wahab Hasbullah . Semoga Semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan keilmuan sejarah anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel