Macam-Macam Hukum Talak Dalam Islam

https://www.abusyuja.com/2020/01/macam-macam-hukum-talak-dalam-islam.html
Abusyuja.com_Hidup dalam hubungan pernikahan merupakan sunnah Allah dan sunnah Rasul. Itulah yang di kehendaki oleh Islam. Sebaliknya melepaskan diri dari kehidupan pernikahan itu menyalahi sunnah Allah dan sunnah Rasul tersebut dan menyalahi kehendak Allah, Dzat yang menciptakan rumah tangga yang sakinah mawaddah, dan warahmah.

Baca juga:
Meskipun demikian, bila hubungan pernikahan itu tidak dapat lagi dipertahankan. Dan apabila dilanjutkan juga akan terjadi pertikaian atau yang semisalnya, maka Islam membukakan pintu untuk memberi keputusan terakhir, obat dari segala obat rumah tangga, yaitu perceraian atau yang sering kita sebut sebagai talak.

Tetapi perlu anda ingat, talak merupakan sebuah perbuatan halal yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Maka dari itu, hukum talak sendiri adalah makruh. Walaupun hukum asalnya makruh, hukum talak bisa berubah menjadi sunnah, mubah, wajib, dan haram sesuai dengan keadaan atau kondisi yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Berikut macan-macan hukum talak sesuai kondisi atau keadaan yang telah Abusyuja rangkum :

Macam-Macam Hukum Talak 


Talak hukumnya sunnah

Talak dihukumi sunnah apabila keadaan rumah tangga sudah tidak dapat dilanjutkan lagi. Dan seandainya dilanjutkan lagi akan menimbulkan masalah-masalah baru.

Talak hukumnya mubah

Talak boleh dilakukan apabila timbul sebuah manfaat atas terjadinya perceraian itu, serta tidak menimbulkan kerugian dari kedua belah pihak, baik dari pihak suami maupun pihak istri.

Talak hukumnya wajib

Talak atau perceraian yang harus dilakukan oleh hakim (pengadilan) terhadap seseorang yang telah bersumpah tidak akan menggauli Istrinya sampai masa tertentu, sedangkan ia juga tidak mau membayar kafarat (denda) sumpah agar ia dapat bergaul dengan istrinya.

Talak hukumnya haram

Hukum talak menjadi haram apabila dilakukan tanpa adanya alasan, sedangkan istri dalam keadaan haid atau suci yang dalam masa itu, ia pernah digauli.

Hikmah adanya talak

Kita tahu bahwa talak merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah Swt. Tetapi apabila memang tidak ada jalan keluar lagi untuk menyelesaikan pertikaian keluarga, maka perceraian inilah yang menjadi obat terakhir, obat paling pahit untuk solusi masalah keluarga apabila tidak menemukan ujung perdamaian.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai macam-macam hukum talak. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel