Motivasi dan Cara Memilih Pasangan Hidup dalam Islam

https://www.abusyuja.com/2020/01/motivasi-dan-cara-memilih-pasangan-dalam-islam.html
Abusyuja.com_Dalam pandangan Islam, pernikahan bukanlah hanya urusan perdata semata, bukan pula sekedar urusan keluarga dan masalah budaya, tetapi juga merupakan masalah dan peristiwa agama. Oleh karena itu, perkawinan dilakukan untuk memenuhi sunnah Allah dan sunnah Nabi, dan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Allah dan petunjuk Nabi pula.

Baca juga :
Ada beberapa motivasi yang mendorong seseorang laki-laki dalam memilih seorang perempuan untuk dijadikan sebagai pasangan hidupnya. Dan demikian pula dorongan seorang perempuan dalam memilih laki-laki menjadi pasangan hidupnya. Yang pokok diantaranya adalah karena kecantikan seorang wanita, atau kegagahan seorang laki-laki, karena kekayaan, karena kebangsawanan, atau mungkin karena agamanya. Berikut beberapa tips memilih pasangan hidup dalam Islam.

Carilah seseorang yang bisa meluruskanmu ketika melanggar batasan agama

Untuk para wanita, janganlah mencari ketampanan belaka, atau mungkin mencari kekayaan belaka. Ingat, hidup yang paling kekal bukanlah di dunia ini, tetapi di akhirat. Lalu pertanyaannya, siapa yang akan membantumu memiliki masa depan mulia di akhirat nanti? Apakah laki-laki kaya dengan semua keduniawiannya? Atau mungkin laki-laki tampan gagah perkasa yang bisa kau sombongkan di muka umum? Jawabannya adalah “TIDAK”.

Kami tidak menyalahkan anda mencari laki-laki seperti itu, tetapi yang akan kami pertegas untuk mewakili jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas adalah “Mencari suami yang kaya dan tampan boleh-boleh saja, asalkan agamanya baik”. Karena agama sampai kapanpun tetap akan kekal, dan tidak akan dimakan masa. Sedangkan kekayaan dan ketampanan, merupakan dua hal yang mau tidak mau akan termakan masa.

Jauhi laki-laki yang menyeretmu dalam kehinaan dimata-Nya

Wahai para wanita muslimah, jangan pernah mendekatkan diri kepada laki-laki yang sudah banyak berkeliaran di dunia ini, yaitu laki-laki yang mencari wanita sebagai pelamapiasan nafsu saja, laki-laki yang hanya ingin menikmati tubuhmu dan merusak kehormatan serta harga dirimu.

Di zaman akhir ini, budaya barat telah merusak pemuda-pemudi Islam kita. Banyak sekali penyimpangan-penyimpangan agama yang sudah membudaya. Pemahaman agama masyarakat yang dangkal melahirkan sebuah ritme yang salah, mereka menganggap bahwa larangan agama tidak lagi memiliki bobot. Pacaran sana-sini, zina sana-sini, tanpa memikirkan kapan ia mati dan kapan ia akan menyesali perbuatannya.

Untuk laki-laki, carilah istri yang agamanya baik

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits pernah mengatakan bahwa motivasi dalam kriteria wanita untuk dinikahi itu ada 4, yaitu harta, kedudukan atau kebangsawanan, kecantikan, dan agama. Kemudian beliau (Rasulullah) menganjurkan untuk memilih nomor 4, yaitu wanita yang memiliki agama yang baik, karena dengan memilih wanita beragama dapat memberikan keberuntungan di dunia maupun di akhirat. Agama menjadi pilihan utama karena hanya itulah yang akan kekal atau langgeng, sedangkan kekayaan bisa lenyap, kecantikan bisa pudar, dan kedudukan-pun juga akan hilang.

Itulah Motivasi dan Cara Memilih Pasangan Hidup dalam Islam. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel