4 Penghalang Terkabulnya Doa

https://www.abusyuja.com/2020/02/4-penghalang-terkabulnya-doa.html
Abusyuja.com_Doa yang dipanjatkan seorang hamba kepada Allah ada yang dikabulkan, ada juga yang tidak dikabulkan. Doa merupakan sebuah penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Dengan doa, hamba akan mengetahui hakikat dirinya sebagai seorang manusia yang lemah tak berdaya. Masalah pelik sekalipun akan tuntas diselesaikan dengan doa. Apapun bentuk kesulitan akan pudar Jika ia berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah.

Sebagai Muslim kita wajib percaya kepada kekuasaan Allah. Semua ketentuan Allah adalah adil dan penuh dengan hikmah. Jika kita berada dalam kesulitan dan kesusahan kita langsung bermunajat kepada Allah, kemudian Allah kabulkan doa kita. Tetapi, terkadang doa kita tidak dikabulkan, padahal kita sudah berdoa siang dan malam.  Mengapa bisa demikian?

Baca juga:

Dalam konteks ini, seharusnya kita harus merenungkan Faktor apa yang menyebabkan doa kita tidak dikabulkan. Oleh karena itu, perlu kita ketahui beberapa faktor penyebab doa kita tidak dikabulkan atau beberapa penghalang terkabulnya doa seseorang. Berikut ini Abusyuja  sampaikan penyebab-penyebab Kenapa doa kita tidak kunjung juga dikabulkan.

1. Makan dan Minum yang Haram

Salah satu faktor utama kenapa doa kita tidak dikabulkan oleh Allah  adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari jalan haram. Tidak hanya doa saja, orang yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari jalan haram akan kesulitan dalam memahami  ilmu agama,  kesulitan dalam berbuat baik, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, hendaklah kita jaga makanan apa saja yang masuk kedalam perut kita,  terutama untuk anak-anak kita, apapun yang dimakan, mau tidak mau harus berasal dari rezeki yang halal.

2. Minta Cepat Terkabul Doanya

Ketika seorang muslim minta doanya segera dikabulkan dan ternyata tidak kunjung dikabulkan juga oleh Allah, maka ia harus mencari hikmah dari belum dikabulkan doa tersebut. Ia harus bersabar, jangan berputus asa dari rahmat Allah. Karena, bila ia minta cepat dikabulkan, maka ia akan terhalang dari terkabulnya doa, sebab tidak ada seorang pun yang bisa memaksa Allah dan Dia berbuat menurut apa yang Dia kehendaki.

3. Hati Lalai dan Lengah

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Hakim, bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Berdoalah kalian kepada Allah dengan yakin akan dikabulkan, ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati lelah dan lemah.” (HR. Tirmidzi dan Hakim)

Dari hadis di atas bisa kita ambil hikmah bahwasanya ketika sedang berdoa, kita diharuskan harus fokus kita harus ikhlas, kita harus merendahkan diri, dan yang terakhir, hati kita harus yakin bahwa suatu saat nanti Allah pasti mengabulkan doa kita atau mungkin tidak mengabulkan doa kita, tetapi mengganti  permohonan kita  dengan sesuatu yang lebih pantas atau lebih baik dari apa yang kita minta 

4. Banyak Melakukan Kemaksiatan

Pada suatu hari, Sayyidina Ali Karamallahu Wajhah, berkhotbah di hadapan kaum Muslimin. Ketika beliau hendak mengakhiri khotbahnya, tiba-tiba berdirilah seseorang di tengah-tengah jamaah sambil berkata, “ Wahai Amirul Mukminin, mengapa doa kami tidak diijabah? Padahal Allah berfirman dalam Al-Qur'an bahwasanya berdoalah kepadaku niscaya aku akan perkenankan bagimu?”

Sayyidina Ali menjawab, "Sesungguhnya hatimu telah berkhianat kepada Allah dengan 8 hal :
  1. Engkau beriman kepada Allah, mengetahui Allah, tetapi tidak melaksanakan kewajibanmu kepada-Nya. Maka, tidak ada manfaatnya keimananmu itu.
  2. Engkau mengatakan beriman kepada rasul-rasul-Nya, tetapi engkau menentang sunnahnya dan mematikan syariatnya. Maka, apalagi buah dari keimanan itu?
  3. Engkau membaca Al-Qur'an yang diturunkan melalui rasul-Nya, tetapi tidak kau amalkan.
  4. Engkau berkata kami mendengar dan kami patuh, tetapi kau tentang ayat-ayat-Nya.
  5. Engkau menginginkan surga, tetapi setiap waktu melakukan hal-hal yang dapat menjauhkanmu dari surga. Maka, mana bukti keinginanmu itu?
  6. Setiap saat engkau merasakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah, tetapi tetap engkau tidak bersyukur kepada-Nya.
  7. Allah memerintahkan agar memusuhi setan seraya berkata "sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka Anggaplah ia musuh bagi(mu) karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongan supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala."
  8. Engkau jadikan cacat atau kejelekan orang lain didepan mata, tapi kau sendiri orang yang sebenarnya lebih berhak dicela daripada dia.
"Nah, bagaimana mungkin doamu diterima, padahal engkau telah menutup seluruh pintu dan Jalan doa tersebut. Bertakwalah kepada Allah, perbaikilah amalmu, bersihkan batinmu, dan lakukan Amar ma'ruf nahi mungkar, nanti Allah akan mengabulkan doamu itu."

Itulah pembahasan mengenai beberapa faktor atau penyebab yang membuat doa kita tidak dikabulkan. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke saudara-saudara atau teman-teman agar semua dapat mendapat manfaatnya. Cukup Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf . Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel