Doa Agar Diberi Keturunan yang Sholeh dan Sholehah

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-agar-diberi-keturunan-yang-sholeh-sholehah.html
Abusyuja.com_Anak adalah permata dambaan setip orang tua, penyenang hati, bahkan menjadi obat lelah ketika pulang kerja. Kita wajib bersyukur apabila dikaruniai seorang anak. Karena diluar sana, banyak sekali pasutri yang kurang beruntung, mereka tidak bisa merasakan kehangatan buah hatinya sendiri, mereka hanya bisa menghayal hidup normal bak rumah tangga yang bahagia ketika melihat suami istri bergandengan tangan bersama anaknya.

Baca juga :

Tetapi pada kesempatan kali ini, Abusyuja.com tidak akan membahas mengenai orang-orang yang kurang beruntung seperti mereka, apa lagi membahas mengenai program KB dari pemerintah.

Yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini adalah doa agar diberi keturunan anak yang sholeh dan sholehah. Kenapa hal itu penting? Karena, anak adalah aset yang paling berharga. Aset jariyah yang tidak akan pernah putus amalnya meskipun kita telah tutup usia.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim, ada tiga amal yang tidak akan putus meskipun umur kita putus. Apa itu? Pertama, sedekah jariyah, yaitu sedekah yang memberi manfaat bagi orang lain. Contoh sederhana adalah sedekah karpet masjid. Selagi berang tersebut memberi manfaat bagi kaki-kaki yang menginjak di masjid, maka kita akan mendapatkan pahala atas manfaat tersebut. Sama halnya sedekah lain, seperti semen, pasir, uang tunai, genting, dll.

Yang kedua adalah ilmu yang bermanfaat. Contoh : Menulis buku, mengajar dll. Selagi ilmu itu bermanfaat untuk orang lain, maka kita akan mendapat pahala atas manfaat tersebut. Menyinggung soal ilmu, apabila kita berhasil mengajar anak kita sampai bisa membaca Al-Qur'an 30 Juz, maka semua dosa-dosa kita akan diampuni. Dan apabila kita berhasil menjadikan anak kita hafidz/hafidzhoh (penghafal Qur'an), maka kelak di hari kebangkitan kubur, wajah kita akan bercahaya bak bulan purnama.

Dan yang terakhir (ketiga) adalah doa anak sholeh. Seperti yang telah kami katakan di atas bahwa anak adalah aset yang paling berharga. Apabila seorang anak selalu mendoakan kedua orang tuanya, maka, hal tersebut tidak akan lepas dari cara mendidik orang tuanya.

Anak akan menjadi sholeh dan sholehah, apabila kita mau memberinya 3 air ini :


1. Air Susu

Maksudnya adalah makanan dan minuman yang halal. Beri anak itu makanan dan minuman yang halal. Jangan sekali-kali memberikan anak sesuatu yang berasal dari rezeki yang haram. Apabila anak anda ingin sholeh dan sholehah, jagalah perutnya dari rezeki yang panas, rezeki yang haram, atau rezeki yang berasal dari jalan yang tidak halal.

Bahkan, ulama-ulama terdahulu malah lebih berhati-hati lagi. Selain menjauhi rezeki yang haram, mereka juga menghindari perkara-perkara yang syubhat, yaitu perkara yang diragukan halal haramnya.

2. Air Hangat

Maksudnya adalah beri mereka kasih sayang. Dukung mereka dalam belajar, dan kalau bisa, beri mereka hadiah yang baik, yang bermanfaat untuk mendukung proses belajarnya. Jangan berikan mereka sesuatu yang dapat menghambat belajarnya.

Sayangi mereka, perhatikan mereka, jangan sekali-kali memukul mentalnya dengan kata-kata kasar apa lagi perilaku kasar.

3. Air Mara

Maksudnya adalah berdoalah kepada Allah Swt. agar kita diberi keturunan yang sholeh dan sholehah. Bangunlah tatkala malam telah menjadi sepertiga, kemudian lakukan shalat sunnah malam. Jangan lupa berdoa, menangis, serta memohon agar diberikan Allah keturunan yang baik, keturunan yang kelak mau mendoakan kedua orang tuanya.

Memang hal ini sangat sulit. Tetapi akan sebanding dengan dasar iman yang kita bangun di hati si buah hati. Semua penjelasan di atas adalah pengorbanan serta tirakat orang tua apabila ingin memiliki keturunan yang sholeh dan sholehah. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel