Doa Memohon Rahmat dan Karunia Allah Swt.

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-memohon-rahmat-dan-karunia-allah-swt.html
Abusyuja.com_Rasulullah Saw. mengajarkan kepada kita untuk membaca doa ini dengan memohon kepada Allah Swt. untuk menurunkan rahmat-Nya. Apa itu rahmat? Rahmat adalah belas kasih Pencipta kepada makhluknya. Rahmat adalah kasih sayang Allah kepada kita, yang menjadi sebuah cikal bakal dari kelembutan hati kita.

Doa Memohon Didatangkan Rahmat dan Karunia-Nya


ALLAHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADHLIKA WA RAHMATIKA FA INNAHU LAA YAMLIKUHAA ILLA ANTA

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia-Mu dan rahmat-Mu, karena tidak ada yang memilikinya kecuali hanya Engkau." (HR. Abu Nu'aim)


Bagi hamba yang membaca doa ini, berarti dia sedang pasrah terhadap dirinya sendiri secara total bahwa "tidak ada karunia di semesta ini kecuali dari Allah Swt.", "tidak ada nikmat kecuali dari Allah Swt.". Dan, tidak ada rahmat kecuali dari Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang".

Renungkan sejenak wahai saudaraku seiman, andaikan saja Allah Swt. menerapkan sifat Adil-Nya di hari kiamat, apakah layak dan pantas bagi kita untuk masuk surga karena betapa banyak dosa yang telah kita lakukan dibandingkan kebajikan yang telah kita jalankan?

Baca juga:

Kalau sifat Adil ini dijalankan oleh Allah, jangan harap manusia akan mampu meraih surga-Nya karena begitu banyak noda yang telah mengotori hatinya. Dari sisi inilah, kita memohon kepada Allah Swt Pemilik rahmat untuk mengampuni segala dosa yang telah kita lakukan, sehingga kita ditempatkan di tempat yang paling baik di sisi-Nya.

Bukankah dalam sejarah, ada kisah seorang yang membunuh 100 orang dan ia diampuni dosanya? Itulah sebagian contoh kecil rahmat Allah Swt. kepada makhluk-Nya.

Kasih sayang Tuhan meliputi segala sesuatu. Karena itu, kita tidak boleh bersandar sepenuhnya kepada amal kita. Amal-amal kita tidak akan cukup untuk memperoleh kasih sayang Allah Swt. Amal yang kita lakukan terlalu sedikit. Maksiat kita mungkin jumlahnya jauh lebih besar. Kita harus bersandar pada ampunan Allah. Amal kita ini, selain sedikit jumlahnya dan rendah kualitasnya, juga digerogoti oleh keburukan-keburukan kita.

Karena sedikitnya amal-amal manusia dibandingkan kemaksiatan, ketika menghadapi orang yang meninggal, kita tidak dianjurkan untuk berdoa, "Ya Allah, berilah balasan yang setimpal dengan amal perbuatannya." Melainkan kita dianjurkan berdoa, "Ya Allah, jenazah yang terbujur di hadapan-Mu ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu juga. Dia sedang datang menemui-Mu dan Engkau yang paling baik ditemuinya. Jika dia orang yang banyak berbuat baik, lipat gandakan pahala kebaikannya. Dan jika dia orang yang pernah berbuat salah, maafkanlah segala kesalahannya."

Dalam hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah Saw. bersabda, "Sekiranya hamba mukmin tahu siksa yang Allah siapkan di sisi-Nya, tentu tidak ada seorang pun yang berharap bisa masuk surga . Sekiranya orang kafir tahu rahmat yang Allah siapkan di sisi-Nya, tentu tidak seorang pun yang berputus asa masuk ke surga-Nya."

Dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah Swt. tidak henti-hentinya mengucurkan rahmat dan karunia-Nya kepada hamba-Nya.

Itulah doa untuk memohon rahmat dan karunia Allah Swt. Jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sanak saudara. Cukup sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel