Doa Dihindarkan Dari Cobaan Berat

Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan doa agar dihindarkan dari cobaan yang berat. Doa ini kami kutip dari QS. Al-Baqarah ayat 286. Berikut doanya :
https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-dihindarkan-dari-cobaan-berat.html
Latin: RABBANAA LAA TU-AAKHIDZNAA IN NASIINAA AU AKHTHA'NAA. RABBANAA WALAA TAHMIL 'ALAINAA ISHRAN KAMAA HAMALTAHUU 'ALAL LADZIINA MIN QABLINAA. RABBANAA WALAA TUHAMMILNAA MAA LAA THAAQATALANAA BIH. WA'FU 'ANNAA WAGHFIRL LANAA WARHAMNAA WANTA MAULAANAA FANSHURNAA 'ALAL QAUMIL KAAFIRIIN.

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah:286) 

Menurut riwayat Imam Baihaqi, Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Dua ayat dari akhir surat Al-Baqarah ini apabila seseorang membacanya di malam hari, terpeliharalah dia dari segala bencana."

Baca juga:

Mengapa dalam ayar di atas kita diperintahkan untuk berdoa dengan kalimat, " Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelumnya kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya", padahal Allah Swt. tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan manusia atau makhluk-Nya?

Kedua redaksi permohonan yang sama ini, menurut Muhamad Quraish Shihab, mengandung isyarat bahwa manusia tidak akan mampu menanggung beban siksa atau hukuman yang harus dibebankan kepadanya manakala ia melakukan sesuatu kesalahan. Seakan-akan kita memohon, "Ya Allah, jangan lah bebani kami dengan siksa yang berat, karena kami tidak akan mampu menanggung beban berat atas siksa-Mu."

Inilah doa yang hendaknya dibaca agar kita tidak ditimpakan bencana dan siksa. Tidak hanya kesalahan yang dilakukan dengan sengaja, pelakunya juga mendapatkan hukuman dari Allah Swt. Itulah mengapa setiap kali kita memohon maaf kepada orang lain kita berkata, " Maafkan segala kesalahan dan dosa kami, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja."

Oleh karena itu, marilah kita berdoa dengan ayat di atas, agar kita dijauhkan dari bencana, supaya kita dari perbuatan dosa atau dimaafkan agar Dia (Allah) tidak menimpakan siksa kepada kita.

Itulah pembahasan mengenai doa agar terhindar dari cobaan berat. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel