Doa Ketika Menghadapi Kesulitan

Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.. Yaitu doa ketika kita menghadapi kesulitan apapun. Entah kesulitan masalah rezeki, keuangan, atau bahkan kesulitan yang sangat berat sekalipun. Berikut doanya:

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-ketika-menghadapi-kesulitan.html
Menurut Ibnu Sunni, Rasulullah Saw. membaca doa ini apabila menghadapi kesulitan agar Allah Swt. memudahkan urusan beliau. Allah Swt. memberikan ujian demi ujian kepada hamba-Nya. Ujian ini tidak semata-mata dalam bentuk kesulitan atau kemalangan hidup, tetapi juga kesenangan hidup. Hanya saja manusia sering kali benar-benar merasa diuji kala ia sedang ditimpa kesulitan hidup saja.

Baca juga:

Aidh bin Abdillah Al-Qarni memberikan pengertian kepada orang yang ditimpa kesulitan hidup dengan berkata, "Apabila suatu masalah menyempit, maka tabiatnya ia menjadi meluas. Jika tali ditarik keras-keras, ia akan terputus. Jika malam semakin gelap, pertanda akan muncul fajar. Itulah sunnah kehidupan yang sudah terus berlaku. Itulah hikmah yang pasti terjadi. Maka, relakanlah jiwamu untuk meridhai kondisinya. Karena, setelah kehausan pasti akan ada air. Setelah musim semi akan datang pula muslim penghujan.

"Untuk rasa sakit, ada kesembuhan. Untuk penyakit, ada obat. Untuk haus, ada air. Untuk kesulitan, ada kelapangan. Dalam kesempitan, ada kebahagiaan. Dalam gelap, pasti akan ada cahaya terang. Api yang membakar Ibrahim, bis menjadi mudah dan dingin. Lautan di hadapan Musa bisa terbelah dan digunakan untuk berjalan. Rasulullah pernah di dalam gua, dikelilingi orang-orang kafir. Hingga Abu Bakar Shiddiq berkata, "Sesungguhnya orang-orang kafir itu hanya berjarak beberapa jengkal saja. Kami khawatir bila terjadi kehancuran".Kemudian Rasulullah Saw. berkata dengan penuh ketegasan, "Sesungguhnya Allah bersama kita. Dia mendengarkan kita. Dia melindungi kita. Sebagaimana Dia telah menghimpun kita."

"Katakanlah kepada orang yang tenggelam dalam putus asa dan telah terjatuh. Kepada orang yang telah patah arang dan terpuruk. Kepada orang yang ternodai pemahamannya dalam masalah takdir. Bekerjalah dan lakukanlah amal, sesungguhnya Allah justru menurunkan hujan setelah manusia putus asa terhadap hujan."

"Bilal pernah terkapar di atas tanah tandus, tapi dialah yang kemudian menaiki Ka'bah Baitullah untuk mengumandangkan suara adzan. Dialah yang memperdengarkan bumi dengan suar langit."

"Yusuf pernah lama terpenjara di balik jeruji besi. Tapi, kemudian bisa menjadi seorang Raja Mesir."

"Umar bin Khattab, seorang penggembala kambing di Mekkah. Lalu dialah orang yang bisa memberikan keadilan dalam masa kekuasaannya. Lalu namanya terpahat di baju besi. Lalu dia memotong tali pelanggaran. Lalu dia yang suaranya menggelegar menghentak penguasa tiran."

Wahai saudaraku seiman. Percayalah bahwa hanya Allah Swt. yang akan menciptakan kemudahan setelah kesulitan. Dia pasti akan mengubah keadaan lain yang Dia berikan setelah kesulitan. Tidak ada bencana yang terus menerus terjadi. Karena, di sana ada Allah satu-satunya tempat meminta.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Doa Ketika Menghadapi Kesulitan. Semoga doa dan renungan ini dapat memberi manfaat untuk diri kita masing-masing. Dan semoga Allah Swt. mempermudah kesulitan kita. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel