Doa Agar Dimudahkan Dalam Menghafal dan Mengingat

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-agar-dimudahkan-dalam-menghafal-dan-mengingat.html
Abusyuja.com_Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi doa yang memiliki keutamaan dapat menguatkan daya ingat kita agar dimudahkan dalam menghafal. Menghafal merupakan proses mengulang atau mengingat sesuatu, baik yang bersumber dari media suara (mendengarkan) maupun dari tulisan (membaca).

Baca juga:

Perlu anda ketahui, setiap manusia memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah sekali menghafal, ada juga yang sulit menghafal. Tetapi ada pepatah mengatakan, semakin mudah masuknya hafalan, semakin mudah pula hilangnya hafalan. Semakin sulitnya mengingat hafalan, semakin sulit pula hilangnya hafalan tersebut. Jadi, kerja keras anda ketika kesulitan saat menghafal sebenarnya tidaklah sia-sia, karena kerja keras tersebut berpengaruh pada kuatnya daya ingat hafalan kita.

Dan pada kesempatan kali ini, Abusyuja.com akan berbagi beberapa doa yang memiliki manfaat memudahkan kita dalam menghafal.

Doa agar dimudahkan dalam menghafal Al-Qur'an

Seperti doa pada gambar di atas, doa tersebut berfungsi untuk memudahkan kita dalam menghafal Qur'an, serta menjauhkan kita dari sifat lupa dan kebodohan. Berikut doanya,

ALLAHUMMA BAARIKLANA BILQUR-AANIL'ADZIIMI WANFA'NAA BIMAA FIIHI MINALAYAATI WADZIKRILHAKIIM
ALLAHUMMA 'ALLAMNAA MINALLQUR-AANI MAA JAHILNAAHU
WADZAKKIRNAA MAA NASIINAAHU WAR ZUQNAA TILAAWATAHUU WAL'AMALU BIHI

Doa agar dimudahkan dalam menghafal/memahami 

Anda juga bisa membaca doa ini ketika ingin dimudahkan dalam menghafal dan memahami ilmu atau materi pelajaran lain,

ALLAHUMMARZUQNAA YAA RABBI FAHMANNABIYYIINA WAHIFDHALMURSALIINA, WA ILHAAMALMALAA-IKATAL MUQARRABIINA FII 'AAFIYATIN YAA ARHAMARRAAHIMIIN.

Doa agar dimudahkan dalam menghafal dan mengingat

Anda juga bisa membaca doa ini apabila ingin dimudahkan dalam menghafal atau mengingat sesuatu,

ALLAHUMMA ZIDNAA WALAA TANQUSHNAA WA AKRIMNAA WALAA TUHINNA WA-A'THINAA WALAA TAHRIMNAA WA-ATSIRNAA WALAA TU'-TSIR 'ALAINAA WARDHINAA WARDHA 'ANNAA

Itulah tadi doa supaya diberi kemudahan dalam menghafal dan mengingat beserta latinnya. Doa-doa di atas tidak memiliki ketentuan kapan harus dibaca dan dimana harus di baca. Intinya, anda bisa membaca doa di atas kapanpun itu dan dimanapun itu.

Sedikit tips, apabila anda ingin menghafal sesuatu, lakukan wudhu terlebih dahulu untuk mensucikan diri dari hadas. Kemudian carilah tempat yang agak tenang sembari menghadap kiblat. Semoga dengan doa ini, Allah Swt. memudahkan kita dalam menghafal dan mengingat sesuatu. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel