Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Sesuai Sunnah Nabi

http://www.abusyuja.com/2020/05/doa-keluar-masuk-rumah-sesuai-sunnah-nabi.html
Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami ingin menjelaskan mengenai doa keluar rumah dan masuk rumah, serta adab-adabnya. Tentunya doa ini sesuai sunnah Nabi yang kami kutip langsung dari hadis-hadis sahih.

Kita sebagai umat Islam harus tahu bahwa masuk rumah dan keluar rumah ternyata juga memiliki adab. Adab yang dimaksud disini adalah berdoa terlebih dahulu. Di dalam Islam, ada kesunnahan membaca doa ketika hendak masuk rumah atau hendak keluar rumah. 

Baca juga:

Jadi, membiasakan membaca doa ketika keluar rumah adalah perbuatan yang sangat disukai oleh Allah. Dan hal ini perlu ada ajarkan pula ke sanak keluarga, agar mereka terbiasa berdoa sebelum masuk rumah ataupun keluar rumah. Misal, ketika hendak bepergian, berdoalah ketika telah melewati pintu rumah. 

Berdoalah agar Allah melindungi kita dari segala macam bahaya apapun, serta meminta agar selamat sampai tujuan dan kembali dengan selamat pula. Misal lagi, ketika hendak belajar atau mencari rezeki, berdoalah ketika melewati pintu rumah, agar Allah Swt. memudahkan kita dalam belajar serta memudahkan kita dalam mencari rezeki halal. 

Doa ketika keluar rumah 

Nabi Muhammad Saw. pernah berkata dalam hadis melalui Ummu Salamah ra.: 

“Apabila kita keluar rumah, maka ucapkanlah doa berikut: 

 اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ ."

Latin: “Allahumma inni a’uudzubika an adhilla au adhalla, au azilla au azalla, au azhlima au azhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.” 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu agar aku tidak tersesat dan disesatkan; agar tidak tergelincir atau dijatuhkan, agar jangan berbuat aniaya atau teraniaya, dan jangan terjerumus ke dalam kebodohan atau terjerumuskan ke dalam kebodohan.” 

Hadis di atas merupakan dalil sahih doa keluar rumah. Hadis di atas diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Nasa'i, dan Imam Ibnu Majah. Imam Turmudzi mengatakan bahwa hadis ini adalah sahih. 

Jika dirasa kepanjangan, berikut kami sertakan doa keluar rumah yang pendek dan mudah dihafal sesuai sunnah: 

Di dalam riwayat Imam Abu Daud, ternyata ada sebuah hadis seperti berikut: “Tidak sekali Rasulullah Saw. keluar rumah dari eumaku kecuali mengangkat pandangannya ke langit lalu beroda: بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ .” 

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa Rasulullah Saw. ketika keluar dari rumahnya beliau mengucapkan doa ini: 

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ 

 Latin: “Bismillahirrahmaanirrahiim allahumma inni a’uudzubika.” 

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu.” 

Selain berdoa, kita juga disunnahkan mendahulukan kaki kanan dan mengakhirkan kaki kiri. Sekarang kita beralih ke pembahasan doa ketika hendak masuk rumah. 

Doa ketika masuk rumah 

Orang yang hendak masuk rumah disunnahkan membaca bismillah, memperbanyak berdzikir kepada Allah, dan mengucapkan salam, baik rumah itu berpenghuni maupun tidak. Hal ini perlu kami tegaskan karena Allah sendirilah yang memerintahkan kita. 

Sebagaimana firman-Nya dalam QS. An-Nur: 61: “Maka apabila kalian memasukki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kalian memberi salam kepada penhuninya, salam yang ditetapkan dari sisi Allah yang diberi berkat lagi baik.” 

Rasulullah Saw. bersabda dalam hadis Sunnah Turmudzi, “Hai anakku, apabila kamu memasuki (rumah) keluargamu maka ucapkanlah salam, niscaya salam itu menjadi berkah atas dirimu dan atas anggota keluarga rumahtanggamu.”

Selain salam, ada satu doa lagi yang bisa anda amalkan ketika hendak masuk rumah. Berikut doanya: 

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا 

Selain doa tersebut, berikut adab-adab ketika hendak masuk rumah: Mengucapkan salam, Mengetuk pintu tidak terlalu keras, Mendahulukan kaki kanan, dan Berdoa (sesuai doa di atas).

Doa ketika masuk rumah kosong

Apabila rumah tersebut kosong. kita disunnahkan membaca doa berikut di bawah ini. Doa ini sekaligus menjadi salam ketika hendak memasuki rumah kosong: السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين.

Latin: "Assalaa mu 'alainaa wa 'alaa ibaadilla hishshaalihiin.

Artinya: "Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang soleh."

Ketika kita terbangun di malam hari lalu keluar rumah, maka disunnahkan memandang langit dan membaca Ayat Al-Qur'an  surat Al-Imran ayat 190-200. Sebagaimana dalam redaksi hadis Shahih Bukhari maupun Muslim.

Itulah pembahasan mengenai doa keluar rumah dan masuk rumah lengkap dengan adab-adabnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel