Apasih Bedanya Sedekah, Infaq dan Zakat?

Abusyuja.com_Sedekah, infaq dan zakat, apa bedanya? Bukanya ketiga-tiganya intinya sama-sama memberi? Nah, itulah yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini, yaitu mengenai perbedaan sedekah, infaq dan zakat.

Baca juga: Panduan zakat lengkap

Sejatinya, tidak ada perbedaan antara sedekah, infaq dan zakat. Sebab, ketiganya merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah Swt. Namun demikian, tetap saja banyak di antara kaum mukminin yang belum mengetahui perbedaan ketiganya. Ketidaktahuan inilah yang dapat mengakibatkan seseorang salah dalam mengeluarkannya. Sebab, ketiga ibadah tersebut memiliki niat masing-masing.

http://www.abusyuja.com/2020/06/apasih-bedanya-sedekah-infaq-dan-zakat.html

Saudaraku sekalian yang dimuliakan oleh Allah, perlu anda ketahui bahwa perbedaan antara sedekah, infaq dan zakat terletak pada tiga hal saja. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Segi Hukum

Perbedaan pertama dari ketiga amal ibadah di atas adalah terletak pada hukum yang dikeluarkannya amal tersebut. Zakat adalah amal yang hukumnya wajib, sebab zakat adalah perintah Allah Swt. yang dikenakan pada setiap muslim yang sudah memenuhi syarat (seperti sudah baligh atau mampu untuk berzakat).


Dari definisinya, zakat adalah mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu. Sedangkan amal sedekah dan infaq adalah amalan yang bersifat sunnah, yang artinya tidak wajib. Dari definisinya, infaq adalah semua jenis pembelanjaan seorang mukmin yang dikeluarkan untuk kepentingan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Sedangkan sedekah adalah bentuk infaq yang khusus lagi, yaitu pembelanjaan yang dilakukan di jalan Allah Swt.

2. Segi bentuk

Perbedaan kedua antara sedekah zakat dan infaq adalah pada bentuknya jika zakat infaq berbentuk uang maka setiap hari tidak masuk dalam bentuk uang sedangkan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk perubahan materi maupun tidak berupa uang maupun jasa berupa makanan ataupun pertolongan yang penting inti dari sedekah adalah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya bahkan senyuman pun juga dengan sedekah apabila kita ikhlas dalam mengekspresikan nya.

3. Segi pengeluaran dan pembayaran 

Ini juga menjadi sebab perbedaan di antara ketiganya dari segi waktu zakat hanya dikeluarkan setiap 1 tahun sekali yang disebut zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan sebelum masuk pada bulan 1 Syawal  berupa bahan (makanan) pokok seberat 1 sha' atau 2,5 kg/anggota keluarga.  Sedangkan zakat mal adalah harta yang dikeluarkan ketika harta (tertentu) telah berusia selama 1 tahun dengan status kepemilikan sempurna. 


Sedangkan infaq dan sedekah tidak terbatas pada waktu tertentu, kapanpun seorang mukmin ingin beramal, maka ia bisa melakukan infaq dan sedekah.

Itulah perbedaan antara sedekah, infaq dan zakat. Semoga setelah mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut anda dapat mengerti dan semakin termotivasi untuk beramal sholeh. Apapun bentuk amal sholehnya entah itu berupa infaq atau sedekah, yang jelas ia akan membawa anda kepada surga-Nya. Maka dari itu, mulai saat ini anda perlu mempersiapkan diri menghadapi kematian yang indah dengan perbanyak sedekah.Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel