Doa Menghilangkan Jerawat dan Bisul Menurut Islam

http://www.abusyuja.com/2020/06/doa-menghilangkan-jerawat-bisul-menurut-islam.html
Abusyuja.com_Jerawat merupakan salah satu momok yang paling ditakuti setiap orang. Sebab gangguan kulit yang satu ini dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Pada kesempatan kali ini, Abusyuja akan memberikan beberapa tips menyembuhkan jerawat secara islam lengkap dengan doanya. Yang tentunya sesuai sunnah Nabi.

Doa menghilangkan jerawat, bisul dan sejenisnya

Dari Siti ‘Aisyah ra. yang akan disebutkan dalam bab “Doa yang diucapkan oleh orang sakit dan doa yang diucapkan untuknya.”

Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sinni melalui salah seorang istri Nabi Saw. yang menceritakan:

"Rasulullah Saw. Melirikku, sedangkan pada jari telunjukku terdapat bisul/jerawat, lalu beliau bertanya, "Apakah engkau mempunyai dzarirah (minyak wangi/kemenyan).” Lalu beliau meletakkan kemenyan itu pada bisul/jerawatku dan bersabda, “Ucapkanlah, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini,” maka bisul itu kempes.”

Dzarirah adalah getah kayu berbau wangi (kemenyan) yang didatangkan dari India.

Baca juga: Doa Sakit Kepala, Demam atau Sakit Lainnya Sesuai Sunnah Nabi

Dalam redaksi hadis di atas terdapat lafadz “Al-Batsarah” yang artinya bisul kecil; dikatakan “Batsarah Wajhuhu” yang berarti mukanya penuh dengan jerawat. Jadi doa tersebut selain untuk jerawat juga digunakan untuk bisul dan jenis-jenis jerawat lainnya.

Berikut doa yang diberikan Rasulullah untuk istrinya:

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ 

وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Latin: Allahumma mushaghirul kabiir, wa mukabbirush shaghiir maa bi.

Artinya: “Ya Allah, yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini.”

Hadits di atas diriwayatkan oleh Ibnu Sinni no. 629, melalui jalur Ibnu Juraij. Hadis ini juga di ketengahkan pula oleh Imam Ahmad di dalam Kitab Musnad juz 5 Nomor 370. Sanadnya sampai kepada Maryam binti Iyas ibnu Bakir, seorang sahabat Rasulullah Saw., dari salah seorang istri Nabi Saw, mengatakan bahwa hadis ini berpredikat shahih. 

Baca juga: Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Lengkap

Dari hadis di atas dijelaskan bahwa Nabi Saw. mengobati jerawat menggunakan minyak dzariah. Minyak dzariah adalah getah kayu dari pohon Arum yang memiliki sifat panas dan kering. Sifat inilah yang dapat menyembuhkan jerawat. Kalau dalam pengobatan cina kita mengenal dengan minyak tawon atau betadine cina.

Minyak ini dari dulu memang sudah diperjualbelikan. Anda bisa mencarinya toko offline maupun online. Jika anda ingin mengobati jerawat, bisul, flek hitam atau yang sejenisnya, obatilah dengan minyak ini karena merupakan kesunnahan islami.

Tetapi perlu di ingat, pengobatan ini tidak menjamin seratus persen kesembuhan anda. Islam mengajarkan kita untuk berikhtiar dan berdoa, bukan menaruh harapan kesembuhan “pasti” di atas jalur sunnah Nabi. 

Baca juga: Doa-Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Nabi

Lalu mengapa jerawat-jerawat ini timbul? Yuk pahami dulu sebab-sebab munculnya jerawat:

  • Kebanyakan orang khususnya wanita akan mengalami jerawat apabila ada perubahan hormon pada tubuhnya. Misal menjelang menstruasi, tiga bulan pertama kehamilan dan lain sebagainya.
  • Jerawat juga disebabkan oleh masa pubertas. Karena pada masa itu aktivitas hormon testosteron akan meningkat hingga dapat menimbulkan minyak berlebih.
  • Faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab jerawat.
  • Gesekan kulit dan benda, serta masalah stres juga dapat memperburuk jerawat yang sudah ada.

Berikut obat-obat alami (selain minyak dzarirah) untuk mengobati jerawat

  • Madu
  • Bawang putih
  • Jeruk lemon
  • Alpukat
  • Lidah buaya
  • Papaya
  • Mentiun
  • Kulit jeruk
  • Tomat
  • Putih telur
  • Cuka apel

Salah satu hal yang harus kami ketahui, kesabaran adalah kunci untuk mencapai keberhasilan. Jangan menyerah untuk selalu berikhtiar mengobati jerawat dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Swt. Sebab, hanya Dia-lah yang memberi penyakit dah Hanya Dia-lah yang dapat menyembuhkan.

Itulah pembahasan mengenai doa menghilangkan jerawat, bisul dan yang sejenisnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel