7 Syarat Masuk Surga Menurut Agama Islam

Abusyuja.com_Islam adalah sebuah kenikmatan yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Tidak semua orang beruntung seperti kita. Menjadi Muslim bukanlah kesempatan bagi semua orang. Kita adalah orang-orang pilihan yang dikasihi Allah Swt., ditakdirkan dan dilahirkan dari keluarga Muslim, dibesarkan di lingkungan Muslim serta negara yang mayoritas agamanya Islam.

http://www.abusyuja.com/2020/07/7-syarat-masuk-surga-menurut-agama-islam.html

Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak bersyukur kepada Allah Swt. Dan perlu kita ketahui bahwa bersyukur saja tidaklah cukup. Dan tak cukup pula berbangga diri dengan agama Islam yang kita peluk. Realitanya, banyak dari mereka yang beragama Islam, tetapi cara hidup mereka tidak seperti orang Islam.

Baca juga:

Tidak perlu kami ulas panjang lebar mengenai realita Islam di masa sekarang. Yang terpenting sekarang adalah, kami ingin memberikan rumus pasti apabila anda ingin masuk surga. Bukan mengajarkan tentang bagaimana caranya agar merubah stigma sosial yang akhir-akhir ini cenderung memerosotkan agama Islam.

Di Islam sudah jelas. Ada yang namanya rukun Islam dan rukun Iman. Kedua rukun tersebut telah jelas perintahnya di Al-Qur'an maupun di Al-Hadis. Apabila kita mengerjakan rukun Islam, Insya Allah surga menanti anda, dengan catatan, anda juga wajib mengimani rukun Iman.

Selain itu, ada beberapa hal lagi yang ingin kami sampaikan. Cerita ini berasal dari riwayat Ar Rabi' bin Khaitsman. Salah satu kekasih Allah Swt. dan orang yang sangat mencintai Rasulullah Saw.

Pada suatu ketika, Ar Rabi' bin Khaitsman mengerjakan shalat malam sembari menangis ketakutan kepada Allah. Ketika ibunya mengetahui keadaannya, ia memanggil anaknya (Ar Rabi' bin Khaitsman) seraya berkata, 
"Wahai Anakkau, apakah kamu membunuh seseorang?"
Ar Rabi' menjawab, "Iya, ibu."
Ibunya berkata lagi, " Siapakah orang yang kau bunuh supaya aku dapat meminta maaf kepada wali-walinya (orang tuanya). Demi Allah, seandainya mereka mengetahui kamu yang membunuhnya, niscaya mereka akan kasihan kepadamu."
Ar Rabi' berkata, "Wahai ibuku, aku membunuh nafsuku sendiri."

Itulah alasan mengapa beliau sangat disukai oleh Allah. Jawabannya adalah "rasa takut".

Ya benar, rasa takut kepada Allah adalah kunci masuk surga. Setiap maksiat yang dilakukan oleh manusia adalah didasarkan pada tipisnya iman, ia tidak merasa takut bahwa hal tersebut dilarang oleh Allah Swt. Maka dari itu, melatih "rasa takut kepada Allah" adalah kunci masuk surga.

Berikut 7 syarat masuk surga dengan cara mengetahui tanda-tanda "takut kepada Allah":

1. Menjaga lisan

Yang pertama adalah menjaga lisannya, sehingga lisan tidak akan berbohong, menggunjing dan mengeluarkan kata-kata yang tidak penting. Lisannya digunakan untuk berdzikir kepada Allah, membaca Al-Qur'an dan mempelajari ilmu.

2. Menjaga perut

Yang kedua adalah menjaga perut, di mana ia tidak akan memakan sesuatu kecuali makanan yang baik dan halal. Dan ia memakan makanan yang halal itu hanya sekedar memenuhi kebutuhan tubuhnya, bukan untuk kerakusan maupun berlebih-berlebihan.

3. Menjaga mata

Yang ketiga adalah menjaga mata, yang di mana ia tidak akan melihat pandangan yang haram dan tidak melihat dunia dengan pandangan rakus, akan tetapi melihatnya hanya untuk mengambil pelajaran (sesuai kebutuhan).

4. Menjaga tangan

Yang keempat adalah menjaga tangan, di mana ia tidak akan pernah mempergunakannya untuk hal-hal yang haram, akan tetapi mempergunakannya dalam rangka ketaatan kepada Allah yang Maha Mulia lagi Maha Agung.

5. Menjaga kedua kaki

Yang kelima adalah menjaga kedua kaki, di mana ia tidak berjalan ke tempat-tempat maksiat, akan tetapi mempergunakannya untuk pergi ke tempat-tempat yang baik dan mubah.

6. Menjaga hati

Yang keenam adalah menjaga hati, di mana ia membersihkannya dari rasa permusuhan, kebencian dan kedengkian kepada sesama manusia, akan tetapi hatinya dihiasi dengan rasa ingin memberi nasihat dan kasih sayang kepada sesama kaum muslimin.

7. Menjaga ketaatan

Yang terakhir adalah menjaga ketaatannya, yang di mana rasa ketaatannya itu ditunjukkan hanya karena Allah Swt. semata, ia akur riya' dan nifaq.

Itulah 7 syarat masuk surga yang harus anda ketahui. Cukup sampai disini pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel