Dahsyat! Inilah Keutamaan Shalawat Fatih

Abusyuja.com_Shalawat adalah salah satu bentuk pujian kepada Nabi Muhammad Saw. Tidak seperti ibadah haji, zakat atau puasa, shalawat merupakan ibadah yang Allah sendiri lah yang pertama kali melakukannya. Allah berfirman dalam Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56 bahwa Dia bershalawat kepada Nabi Muhammad, kemudian para malaikat juga bershalawat kepada beliau. Barulah perintah shalawat itu datang kepada seluruh umat manusia.

https://www.abusyuja.com/2020/07/dahsyat-inilah-keutamaan-shalawat-fatih.html

Secara istilah, shalawat merupakan cara kita untuk mendoakan Nabi Muhammad Saw. serta para keluarganya agar selalu diberikan keberkahan dan kesejahteraan. Jika demikian, apakah keberkahan Rasulullah Saw. kurang, hingga para umatnya dianjurkan untuk bershalawat kepadanya? Tentu saja tidak. Pengandaian seperti ini merupakan hal yang salah. 

Diibaratkan ember, keberkahan Nabi adalah air yang telah memenuhi ember tersebut. Apabila kita mendoakan beliau secara terus-menerus, maka air keberkahan tersebut akan tumpah. Dan tumpahan itu akan terciprat ke arah orang-orang yang mendoakan beliau. Itulah pengandaian yang benar.

Keberkahan yang terciprat inilah yang akan membuat tubuh kita basah dan membekas, sekaligus menjadi bukti bahwa kita termasuk umat Nabi Muhammad Saw. Karena tanpa syafaat beliau, kita hanyalah makhluk yang kurang pantas menjadi penghuni surga. 


Selain syafaat, shalawat juga memiliki ribuan manfaat yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu. Jenisnya pun juga banyak. Shalawat fatih contohnya, salah satu shalawat yang memiliki banyak sekali khasiat dan keistimewaan. Shalawat yang dibuat oleh Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri ini masyhur dengan keutamaan menghapus dosa dan dapat mempermudah masuk surga.

Bacaan shalawat fatih arab, latin dan artinya


Berikut bacaan sholawat fatih:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ
Allahumma shalli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa.

 وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقِّ بِالحَقِّ
Wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bil haqqi.

 وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ
Walhaadii ilaa shiraathim mustaqiimi.

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ
Shallallaahu ‘alaihi wa ‘ala-aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil ‘adziim.
Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan, dan berkah atas junjungan kami, Nabi Muhammad Saw. yang dapat membuka apa yang terkunci, pembela yang hak dengan yang hak, dan kepada jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang Maha Agung.”

Keutamaan Shalawat Fatih

Seperti yang telah kami singgung sedikit di atas, shalawat yang dibuat oleh Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri ini memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut beberapa keutamaannya:

1. Menghilangkan perasaan resah

Keutamaan shalawat fatih pertama adalah dapat membantu memusnahkan perasaan resah dalam diri manusia. Di saat tubuh dilanda kesedihan, hati merana dan banyak beban pikiran, beberapa alim ulama menyarankan untuk mengamalkan atau membaca shalawat fatih. Dengan istiqomah membacanya, insya Allah hati akan lebih tenang. 

2. Terbebas dari api neraka

Keutamaan shalawat fatih yang kedua adalah membebaskan diri dari api neraka. Menurut beberapa ulama, mengamalkan shalawat fatih akan membebaskannya dari api neraka, walaupun ia hanya membacanya sekali saja seumur hidup. Dan tentunya perlu juga diimbangi dengan ibadah serta ketaatan kepada Allah Swt.

3. Pahala menyamai 10.000 kali shalawat lainnya

Keutamaan shalawat fatih yang ketiga adalah pahalanya menyamai puluhan ribu kali shalawat lain. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalawat fatih ini bisa mendatangkan pahala yang besar. Menurut mereka, pahala membaca shalawat fatih setara dengan pahala 10.000 kali shalawat lainnya. Bahkan ada ulama yang mengatakan pahalanya setara dengan 600.000 kali lipat.

4. Mempermudah datangnya hidayah

Fadhilah shalawat fatih berikutnya adalah mempermudah datangnya hidayah. Menurut sebagian ulama, seseorang yang membaca shalawat fatih selama 40 hari berturut-turut secara istiqomah dan tidak terputus-putus dapat menggerakkan hatinya untuk melakukan tobat dan menjauhi segala kemaksiatan.
Hal ini senada dengan riwayat tentang jamaah shalat secara 40 hari berturut-turut tanpa terputus dapat mengabulkan semua hajat kita. Dan tentunya atas kehendak Allah Swt.

5. Berkumpul bersama Rasul di akhirat

Muslim mana yang tidak mau bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah Saw. kelak? Menurut beberapa ulama, barangsiapa yang mengamalkan shalawat fatih sebanyak 1.000 kali pada malam jumat, atau kamis, atau senin, niscaya orang tersebut kelak akan dipermudahkan berkumpul bersama Rasulullah Saw.

6. Hidup bahagia di dunia dan akhirat

Barangsiapa secara istiqomah membaca shalawat fatih, niscaya Allah akan memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk kebahagiaan dunianya, pekerjaannya akan dilancarkan dan rezekinya akan dilimpahkan. Sedangkan untuk kebahagiaan akhirat, ia akan dipermudah dari sakaratul maut hingga di akhirat nanti. Wallahu A'lam

7. Melipatgandakan pahala

Syekh Ahmad At-Tijany ra. berkata bahwa, “Keistimewaan shalawat fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena shalawat tersebut merupakan rahasia Allah Swt. yang tersembunyi.”

Kemudian beliau memberi perumpamaan,

“Apabila ada seratus ribu bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari seratus ribu kaum, dan setiap kaum terdiri dari seratus ribu orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah sampai seratus ribu tahun, dan setiap orang tersebut bershalawat kepada Nabi setiap hari sebanyak seratus ribu kali, maka pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca shalawat shalawat fatih satu kali.” Subhanallah.

8. Meninggal dalam kondisi husnul khotimah

Selain dipermudah ketika sakaratul maut, beberapa ulama percaya bahwa membaca shalawat fatih sebanyak satu kali saja setiap harinya akan membuat kondisinya menjadi husnul khatimah ketika meninggal. Dan tentunya atas izin Allah Swt.

9. Dipermudah masuk surga

Seperti yang telah kami singgung di atas, salah satu keutamaan shalawat fatih adalah dapat menghapus perbuatan dosa yang pernah dilakukan di dunia. Dengan demikian, orang tersebut akan dipermudah masuk surga. Wallahu A'lam.

10. Menghapus dosa selama 400 tahun

Barangsiapa membaca shalawat fatih sebanyak seratus kali pada malam jumat, niscaya Allah akan menghapus dosa-dosanya selama empat ratus tahun. Wallahu A'lam

11. Memperoleh pahala 600 kali lipat

Tidak ada riwayat tunggal ketika kita membahas mengenai keutamaan shalawat fatih. Beberapa riwayat dari beberapa sumber yang berbeda pun juga ikut andil dalam mengumpamakan pahala shalawat fatih. Dan salah satu riwayatnya mengatakan bahwa membaca shalawat fatih satu kali pahalanya menyamai shalawat lain yang dibaca oleh seluruh makhluk di dunia ini. bahkan pahalanya disebut-sebut mencapai enam ratus kali lipat. Wallahu A'lam

12. Memperoleh pahala yang menyamai ibadah para wali

Ada riwayat lain yang mengatakan bahwa keutamaan shalawat fatih memang terletak pada kadar pahalanya. Saking besarnya pahala shalawat tersebut, beberapa ulama mengatakan bahwa membaca shalawat fatih sebanyak sepuluh kali pada malam jumat pahalanya setara dengan ibadah para wali. Wallahu A'lam

13. Membebaskan dari lilitan hutang

Keutamaan shalawat fatih berikutnya adalah membebaskan hidup dari lilitan hutang. Dan tentunya harus diimbangi dengan doa dan ikhtiar kepada Allah Swt.

14. Dijauhkan dari malapetaka dunia

Barangsiapa membaca shalawat fatih sebanyak 20 kali setiap shalat fardhu, niscaya Allah akan menjauhkannya dari keburukan duniawi, cobaan, serta malapetaka.”

15. Menetapkan iman

Keutamaan shalawat fatih berikutnya adalah dapat menetapkan iman seseorang. Barangsiapa yang secara rutin membaca shalawat fatih pada segala aktivitasnya, niscaya hatinya akan terjaga, imannya akan kuat hingga akhir ajalnya. Dan ia akan meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

16. Pahalanya menyamai khatam Al-Qur'an sebanyak 6 kali

Ada riwayat lain yang mengatakan bahwa shalawat fatih memiliki pahala yang sama dengan orang khatam Al-Qur’an sebanyak 6 kali. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa pahalanya menyamai membaca Al-Qur’an sebanyak enam ribu kali. Wallahu A'lam

17. Pahalanya menyamai segala dzikir

Dan keutamaan shalawat fatih yang terakhir adalah dapat memperoleh pahala seperti orang yang membaca keseluruhan dzikir jenis apapun.

Sejarah singkat shalawat fatih

Dalam buku “Al-Maushu’ah al-Muyassarah fi al-Adyan wa al-Madzahib al- Mu’ashirah”dijelaskan bahwa asal mula shalawat fatih adalah berasal dari Ahmad at-Tihani. Alkisah, beliau masyhur dalam riwayatnya yang bertemu dengan Nabi Muhammad Saw. dalam mimpinya, kemudian beliau (Nabi) mengajarkan shalawat ini kepadanya.


Lafal shalawat fatih ini dikutip dari kitab "Perukunan Melayu". Dalam kita tersebut terdapat kutipan dari Syaikh Al-Arid A;-Kubra yang menjelaskan mengenai khasiat-khasiat shalawat fatih tersebut. Beliau mengatakan, “Barangsiapa membaca shalawat fatih ini seumur hidupnya sekali saja, niscaya Allah akan memeliharanya dari neraka dan mewajibkannya (berakhir) husnul khatimah.” (Perukunan Melayu halaman 52).

Itulah pembahasan mengenai keutamaan shalawat fatih. Semoga shalawat ini dapat menjadi wasilah kepada Allah agar segala macam permasalahan hidup kita dapat segera diatasi. Dan semoga wasilah shalawat ini dapat mengobati segala penyakit dzahir maupun batin kita. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel