Doa dan Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi dalam Islam

https://www.abusyuja.com/2020/11/doa-dan-ucapan-selamat-atas-kelahiran-bayi-dalam-islam-arab-latin.html
Dalam Islam, memberi ucapan selamat kepada seseorang yang dianugerahi nikmat merupakan salah satu perbuatan mulia. Selain itu, Islam juga menganjurkan untuk mendoakan keluarga, saudara atau rekan, atas kelahiran jabang bayi mereka. Dampaknya pun sangat baik, yaitu menjaga dan menguatkan persatuan ukhuwah Islamiah.

Kita boleh memberi ucapan selamat kepada mereka dengan mengatakan, “Selamat untuk kelahiran anaknya. Semoga kelak dewasa menjadi anak yang Soleh Solehah, pintar dan berbakti kepada orang tua.”

Ucapan seperti di atas tentu sudah lebih dari cukup untuk menyejukkan hati mereka. Tetapi yang paling istimewa dan sempurna lagi adalah apabila kita juga ikut serta mendoakan mereka sebagaimana apa yang telah diajarkan dalam Islam.

Baca Juga: Doa Agar Lancar Saat Melahirkan Sesuai Sunah Nabi

Dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi dijelaskan bahwa berikut adalah doa yang bisa kita ucapkan ketika ingin mendoakan keluarga yang dikaruniai jabang bayi:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Latin, “Baarakaallahu laka  dil mauhuubi laka, wa syakartal waahiba, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu.”

Artinya, “Semoga Allah memberikan berkah untukmu anak yang diberikan kepadamu. Semoga kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi (Allah), dan dia (si bayi) dapat mencapai dewasa, serta kamu dikaruniai kebaikannya.”

Nah, untuk membalas doa tersebut, si keluarga bayi dianjurkan memberikan doa balik kepada pihak yang mendoakannya. Berikut doanya:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ

Latin, “Baarakallahu laka wabaaraka ‘alaika.”

Artinya, “Semoga Allah memberkahimu, dan semoga Allah memberi berkah atasmu.

Apabila orang yang mendoakan belum diberi momongan atau ingin memiliki momongan, Anda bisa membalas doanya dengan doa berikut ini:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، رَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ، اَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Latin, “Jazaakallahu khairan, razaqakallahu mitslahu, ijzalallahu tsawaabaka.”

Artinya, “Semoga Allah membalas kebaikanmu, semoga Allah memberi rezeki padamu seperi dia (bayi), semoga Allah melipatkan pahalamu.

Tips tambahan:

Saat jabang bayi beru dikeluarkan dari perut ibunya, tentu hal pertama yang biasa dilakukan adalah mengubur ari-arinya. Berikut tata caranya: Tata Cara Mengubur Ari-Ari dalam Islam

Tips terakhir, ada satu pesan dari salah satu guru kami, KH. Ahmad Baidhlowie Syamsuri, Lc. yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk kita  yang baru dikaruniai jabang bayi.

Apabila kita  ingin dikaruniai  anak yang Soleh Solehah, maka berilah mereka tiga air ini:

Pertama, beri air hangat. Maksudnya adalah beri dia kasih sayang, jauhkan pandangan mereka dari pemandangan yang kurang baik, seperti kejahatan, kekerasan, pertengkaran, dan lain sebagainya.

Kedua, beri air susu. Maksudnya adalah beri dia makanan dan minuman yang “benar-benar” halal. Jangan pernah sekali-kali memasukkan perkara haram ke dalam perut anak.

Ketiga, beri air mata. Maksudnya adalah menangislah di hadapan Allah di sepertiga malam (salat malam). Berdoa dan memintalah kepada Allah supaya diberi keturunan yang Soleh Solehah secara istiqomah.

Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel