Download Kitab Sunan Abu Dawud PDF Terjemah Indonesia, Arab, dan Inggris

Daftar Isi

Download Kitab Sunan Abu Dawud PDF Terjemah Indonesia, Arab, dan Inggris
Abusyuja.com – Sunan Abu Dawud merupakan salah satu kitab hadis yang disusun oleh Imam Abu Dawud. Kitab ini berada di urutan nomor 4 di antara enam kitab rujukan utama Islam suni atau yang masyhur disebut hadis Kutubus Sittah apabila ditinjau dari segi prioritasnya.

Kitab Sunan Abu Dawud ini terbagi menjadi beberapa kitab yang mana tiap kitabnya terdiri dari beberapa bab.

Awalnya kitab ini tidak memiliki penomoran, akan tetapi ada beberapa pihak yang kemudian menambahkan penomoran agar memudahkan dalam perujukan hadis.

Setidaknya ada tiga jenis penomoran yang digunakan dalam kitab ini.

Pertama, penomoran Muhyiddin yang diberikan oleh Muhyiddin ketika men-tahqiq kitab Sunan Abi Dawud. Penomoran jenis ini banyak sekali digunakan dalam penulisan kitab, pembuatan artikel keislaman, perbukuan, dan masih banyak lagi.

Kedua, penomoran Prof. Ahmad Hasan, penomoran ini merujuk pada penomoran Partial Translation of Sunan Abu Dawud, yaitu terjemah kitab Sunan Abu Dawud dalam bahasa Inggris oleh Prof Ahmad Hasan.

Ketiga, penomoran al-Alamiyah, penomoran ini diberikan oleh al-Alamiyah, sebuah penerbit developer Mausu'ah al-Hadis asy-Syarif (Ensiklopedia Hadis Syarif).

Kitab ini sangatlah diakui oleh mayoritas Muslim di dunia sebagai salah satu kitab hadis paling autentik. Sebab, dalam konteks penyusunan, beliau benar-benar teliti dan jeli. Maka tak heran beliau dijuluki imam dari imam-imam Ahlussunnah Wal Jamaah yang menetap di Basrah.

Sekilas Tentang Pengarang Sunan Abi Dawud

Sebagai yang telah disinggung di atas, kitab Sunan Abu Dawud dikarang oleh Imam Abu Dawud. Mama lengkap beliau adalah Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’ats as-Sijistani.

Beliau merupakan perawi hadis yang telah mengumpulkan sekitar 50.000 hadis. Dari puluhan ribu hadis tersebut, beliau hanya menuliskan 4.800 naskah hadis dalam kitab Sunan Abu Dawud-nya.

Beliau menulis kitab ini di Baghdad. Kumpulan hadis yang beliau fokuskan adalah tentang syariat, sehingga kesesuaiannya dengan Al-Qur’an benar-benar beliau periksa dan jaga, begitu pula dengan kualitas sanadnya.

Pengumpulan puluhan ribu hadis yang tidak masuk akan untuk dihafal oleh manusia normal ini beliau dapatkan dari berbagai negara, seperti Arab Saudi, Khurasyan, Mesir, Irak, Suriah, Naisabur (Irak), Marw, dan masih banyak lagi.

Di antara guru-guru Abu Dawud yang paling berpengaruh adalah Imam Ahmad, Abu Walid ath-Thayalisi, Abu Khaitsamah ad-Darimi, Abu Ustman Sa'id bin Manshur Al-Qanabiy, Sulaiman bin Harb, Abu Amr adh-Dhariri, Abu Zakariya Yahya bin Ma'in, Zuhair bin Harb, Ibnu Abi Syaibah, dan masih banyak lagi.

Di antara murid-murid beliau yang paling masyhur adalah Imam Turmudzi (Download kitab Hadis Imam Tirmidzi di sini), Imam Nasa’i (Download kitab Hadis Imam Nasa'i di sini), Abu Ubaid al-Ajury, Abu Bakr Ibnu Abid Dunya, Zakariya bin Yahya as-Saajy, Muhammad bin Bakr bin Daasah at-Tamar, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Sunan Abu Dawud PDF

Sesuai judul di atas, berikut abusyuja.com bagikan kitab Sunan Abu Dawud PDF baik dalam versi terjemah Indonesia, bahasa Arab, atau bahasa Inggris. Berikut link downloadnya:

Download Sunan Abu Dawud PDF Terjemah Indonesia

Terjemah Sunan Abu Dawud 1

Terjemah Sunan Abu Dawud 2


Terjemah Sunan Abu Dawud 3

Terjemah Sunan Abu Dawud 4

Terjemah Sunan Abu Dawud 5

Download Sunan Abu Dawud PDF Versi Inggris dan Arab

Vol. 1

Vol. 2

Vol. 3

Vol. 4

Vol. 5

Download Sunan Abu Dawud PDF Versi Arabnya Saja

Muqodimah

Juz 1: Taharah - Shalat

Juz 2: Shalat

Juz 3: Zakat - Talak

Juz 4: Shaum - Kharaj - Fai' - Imarah

Juz 5: Janaiz - At'imah

Juz 6: Al-Tib - Al-Diyat


Juz 7: Al-Sunnah - Al-Adab

Juz 8

Itulah pembahasan lengkap mengenai kitab Sunan Abu Dawud lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam