Download Kitab Akhlak Lil Banat PDF Juz 1, 2, dan 3 Lengkap

Daftar Isi

Download Kitab Akhlak Lil Banat PDF Juz 1, 2, dan 3 Lengkap
Abusyuja.com – Akhlak lil Banat adalah kitab yang membahas tentang beberapa akhlak seorang siswi (pelajar perempuan) ketika berada di lingkungan sekolah, di lingkungan keluarga, atau di lingkungan masyarakat berdasarkan petunjuk Al-Qur’an.

Sama halnya dengan kitab Akhlak lil Banin (untuk siswa), kitab Akhlak lil Banat (untuk siswi) juga merupakan salah satu kitab populer di kalangan pelajar Islam. Kitab ringkas ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Di bab-bab awal terdapat pembahasan nilai karakter dan tanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban, baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, atau Tuhan.

Di bab 2 ada pembahasan kriteria kesopanan, di antaranya yaitu: (1) Menghormati kedua orang tua dan saudara-saudaranya yang tua, serta menyayangi saudara-saudaranya yang masih kecil. (2) Merendahkan diri kepada orang lain, tidak suka membanggakan diri kepada orang lain, serta sabar dan tidak terpancing amarah ketika menghadapi gangguan.

Di bab 3 ada pembahasan kriteria ketidaksopanan, di antaranya yaitu: (1) Tidak menghormati kedua orang tua, guru-guru, serta orang lain yang lebih tua darinya. (2) Suka bicara dusta, keras ketika tertawa (sama sekali tidak sopan apabila seorang wanita terlalu keras ketika tertawa), berkata kasar (toxic), dan suka berulah atau mencari masalah. 

Dan masih banyak lagi...

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Akhlak Lil Banat

Kitab Akhlak lil Banat dikarang oleh Syekh Umar bin Ahmad Baradja. Beliau adalah salah satu ulama masyhur di kalangan para santri. Kepopulerannya di lingkungan santri tidak perlu diagunkan lagi. Sebab, buku-buku beliau sudah tersebar luas di seluruh pesantren di Nusantara.

Syekh Umar bin Ahmad Baradja lahir di kampung Ampel Maghfur Jawa Timur pada 10 Jumadilakhir 1331 Hijriah atau 17 Mei tahun 1913 Masehi. Sejak kecil, beliau diasuh dan dididik oleh kakeknya, Syekh Hasan bin Muhammad Baradja, seorang ulama masyhur ahli Nahwu dan fiqih.

Nasab beliau menyambung sampai Seiwun, Hadralmaut, Yaman. Nenek moyangnya yang ke-18, Syekh Sa'ad (Abi Raja'). Mata rantai keturunan tersebut bertemu pada kakeknya Nabi Muhammad Saw. yang kelima, yaitu Kilab bin Murrah.


Umar bin Ahmad Baradja muda kala itu memiliki kecerdasan yang istimewa, beliau mendalami bahasa Arab dengan tekun. Di antara guru-guru beliau adalah: Al-Ustadz Abdul Qodir bin Ahmad bil Faqih (Malang), Al-Ustadz Muhammad bin Husein Ba‟bud (Lawang), Al-Habib Abdul Qodir bin Hadi Assegaf, Al-Habib Muhammad bin Ahmad Assegaf (Surabaya), Al-Habib Alwi bin Abdullah Assegaf (Solo), Al-Habib Hamid bin Muhammad As-Sery (Malang), Syekh Robaah Hassunah Al-Kholili (Palestina), Al-Habib Ahmad bin Ghalib Al-Hamid (Surabaya), Al-Habib Ahmad bin Alwi Al- Jufri (Pekalongan), Al-Habib Zein bin Abdullah Alkaf (Gresik), Al-Habib Alwi bin Muhammad Al- Muhdhar (Bondowoso), dan masih banyak lagi.

Beliau juga berguru kepada ulama-ulama luar negeri, di antaranya yaitu Al-Habib Alwi bin Abbas Al-Maliki, Al-Habib Muhammad bin Hady Assegaf (Seiwun, Hadramaut, Yaman), As- Syekh Muhammad Said Al- Hadrawi Al-Makky (Mekkah), Al-Habib Alwi bin Salim Alkaff, Al-habib Abdullah bin Thahir Al-Haddad (Geidun, Hadaramaut, Yaman), As-Sayyid Muhammad bin Amin Al-Quthbi, As- Syekh Hasan Muhammad Al-Masysyath, Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syatiri (Tarim, Hadramaut, Yaman), Al-Habib Abdullah bin Ahmad Al-Haddar, dan masih banyak lagi.

Di antara ciri khas beliau adalah berpenampilan sederhana, tidak berlebihan, dan rapi. Beliau tidak suka membangga-banggakan diri, baik tentang keilmuan yang dimilikinya, amaliahnya, atau ibadahnya. Beliau juga terkenal memiliki sifat rendah hati sangat tinggi.

Syekh Umar bin Ahmad Baradja adalah sosok ulama yang mengedepankan istiqamah, baik dalam hal ibadah fardu maupun ibadah sunnah. Kehidupannya selalu diusahakan agar sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh syariat.

Download Kitab Akhlak Lil Banat Juz 1, 2, dan 3 PDF Lengkap

Sesuai judul di atas, Abusyuja.com akan membagikan link download kitab Akhlak lil Banat Jilid 1, 2, dan 3 PDF lengkap. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Akhlak lil Banat Juz 1 PDF (Google Drive)


Download Kitab Akhlak lil Banat Juz 2 PDF (Google Drive)

Download Kitab Akhlak lil Banat Juz 3 PDF (Google Drive)

Download Juga Akhlak lil Banin 4 Juz LENGKAP:

Download Kitab Akhlak lil Banin Juz 1 PDF

Download Kitab Akhlak lil Banin Juz 2 PDF

Download Kitab Akhlak lil Banin Juz 3 PDF

Download Kitab Akhlak lil Banin Juz 4 PDF

PERHATIAN:

Untuk mendukung UMKM yang menyediakan berbagai kitab fisik, kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-toko offline maupun online seperti di Shopee atau Tokopedia.

Demikian pembahasan mengenai kitab Akhlak lil Banat lengkap dengan biografi singkat pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam