10 Aliran dan Paham dalam Islam

Aliran-Aliran dalam Islam adalah sebuah bentuk dari perbedaan pendapat dari orang-orang dahulu. Islam sendiri memiliki banyak sekali aliran, mereka terpecah menjadi beberapa kelompok yang menyebar serta mengajarkan Islam dengan paham mereka sendiri-sendiri.

Aliran Islam pertama kali mulai tampak ketika perang shiffin pada saat kekhalifahan Ali bin Abi Tholib Ra. melawan pasukan muawiyah.
https://www.abusyuja.com/2019/09/10-aliran-dan-paham-dalam-islam.html
Dari sinilah muncul persoalan-persoalan yang melahirkan aliran-aliran Islam baru yang dipelopori oleh persoalan politik. Dari persoalan ini, muncul beberapa aliran-aliran seperti Syiah, Murji'ah dan khawarij. ketiga aliran tersebut merupakan kelompok yang saling berlawanan. tetapi mereka muncul dikarenakan satu sebab, yaitu tentang persoalan politik. Baca juga :


Kemudian lama-kelamaan, muncullah beberapa aliran aliran baru yang terbentuk dari persoalan akidah, seperti aliran Qodariyah, Jabariyah dan Masih banyak lagi.

Aliran dan Paham dalam Islam

1. Aliran Ahlusunah Wal Jamaah

Ahlusunah Wal Jamaah (ASWAJA) adalah aliran yang mengikuti ajaran Nabi dan Sahabat-sahabatnya. Ahlusunah Wal Jamaah sendiri terbagi menjadi dua kata, yaitu Ahlusunah dan Jamaah. Ahlusunah adalah thariqah atau metode Nabi Muhammad SAW. Sedangkan menurut jumhur ulama, asunnah adalah jalan yang ditempuh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang selamat dari Syubhat dan Syahwat. Sedangkan jamaah adalah segala sesuatu yang telah menjadi kesepakatan para sahabat Rasulullah SAW pada masa Khulafaur Rasyidin.

2. Aliran Syi'ah

Syi'ah adalah kaum yang berlebih-lebihan memuja Ali bin Abi Tholib Ra. Mereka tidak mengakui kepemimpinan Khalifah Abu Bakar As Siddiq, Khalifah Umar Bin Khattab dan khalifah Utsman bin Affan.

Syiah memiliki pemahaman bahwa para nabi dan Imam Syiah adalah Maksum yaitu terhindar dari dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. mereka juga berpendapat bahwa menolong para imam hukumnya adalah wajib. Mereka juga mewajibkan kepada kelompoknya untuk meninggalkan musuh-musuhnya, baik dilakukan dalam ucapan, perbuatan, maupun keyakinan.

3. Aliran Khawarij

Khawarij adalah kaum yang berlebih-lebihan membenci Sayyidina Ali Bin Abi Thalib, bahkan ada sebagian yang sampai mengkafirkannya. Secara bahasa khawarij adalah bentuk plural dari kata kharijah, artinya adalah kelompok yang menyempal. mereka adalah kaum pembuat bid'ah. Disebut demikian karena mereka keluar dari agama, dan keluar dari barisan kaum muslimin, khususnya dari kepatuhan terhadap Khalifah Ali Bin Abi Thalib Ra.

Orang yang pertama kali keluar dari barisan Amirul Mukminin Ali bin Abi Tholib adalah sekelompok orang yang dulunya bersamaan dalam perang shiffin, salah satunya yaitu Zaid bin Hasin at-Ta’i, dia adalah aparatur negara pada masa Khalifah Umar Bin Khattab, dan dia bertugas di perbatasan kufah.

4. Aliran Qadariyah

Qodariyah adalah aliran yang memiliki paham bahwa manusia memiliki kebebasan dan kemampuan sendiri untuk mewujudkan perbuatannya tanpa ada intervensi dari Tuhan. Jadi mereka mempunyai pemahaman bahwa manusia mempunyai kodrat atau kekuatan untuk melaksanakan apa yang dikehendakinya.

5 Aliran Jabariyah

Jabariyah adalah kaum yang memiliki paham bahwa manusia itu tidak berdaya. Aliran ini berpendapat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan merupakan perkara yang sudah ditentukan oleh qada dan qadar Tuhan. Entah perbuatan yang baik, atau perbuatan buruk, itu semua adalah perbuatan yang sudah ditentukan oleh Tuhan yang Maha Esa.

6. Aliran Mu'tazilah

Mu'tazilah adalah kaum yang memiliki pemahaman bahwa Tuhan itu tidak memiliki sifat sama sekali, mereka percaya bahwa manusia membuat pekerjaannya sendiri, Tuhan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga, pelaku dosa besar diletakkan di antara dua tempat, dan Mereka percaya bahwa perjalanan Mi'raj Nabi Muhammad SAW hanyalah perjalanan roh saja.

7. Aliran Najariyah

Najariyah adalah kaum yang memiliki pemahaman bahwa perbuatan manusia merupakan makhluk, yaitu dijadikan Tuhan, tetapi mereka berpendapat bahwa Sifat Tuhan itu tidak ada. kaum Najariyah sendiri merupakan kelompok kecil dan tidak begitu terkenal pada masa itu.

8. Aliran Musyabbihah

Aliran Musyabbihah adalah kaum yang memiliki pemahaman bahwa ada keserupaan antara Tuhan dengan manusia. Mereka percaya bahwa Tuhan juga Bertangan. berkaki. duduk di kursi. naik dan turun tangga. kamu ini hanya 1 aliran yaitu pengikut Ibnu Taimiyah.

9. Aliran Murji'ah

Murji'ah adalah kaum yang memiliki paham bahwa tidak apa-apa berbuat maksiat asalkan sudah beriman, begitu juga sebaliknya, melakukan kebaikan dan kebijakan tidak akan bermanfaat jika orang tersebut tidak beriman (kafir).

10. Aliran Wahabi

Wahabi adalah aliran yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahab. Aliran merupakan gerakan separatis yang pertama kali muncul pada masa pemerintahan Sultan Salim III. Gerakan ini memiliki tujuan memurnikan tauhid dan menjauhkan umat manusia dari kemusyrikan. Golongan ini sangatlah exstrim, kaku dan keras. Mereka menolak segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi, beragam Khazanah intelektual, bahkan rasionalisme. di Indonesia sendiri kelompok ini juga dikategorikan sebagai kelompok khawarij.

Itulah pembahasan mengenai 10 Aliran dan Paham dalam Islam. Bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Diterbitkan oleh : Abu Syuja








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel