5 Kelompok dalam Ahlusunnah Wal Jamaah

Golongan atau kelompok dalam Ahlusunnah Wal Jamaah_Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kelompok-kelompok yang berada dalam lingkup Ahlusunnah Wal Jamaah. Baca juga :


Menurut as-Subki dan Murtadha az-Zabidi dan ulama Hambaliyyah, Ahlusunnah Wal Jamaah terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu : Al-Atsariyyah, Al-Asy'ariyyah, Al-Maturidiyyah, Nazariyyah dan as-Sufiyyah.
https://www.abusyuja.com/2019/09/5-Kelompok-dalam-Ahlusunnah-Wal-Jamaah.html

Kelompok dalam Ahlusunnah Wal Jamaah


1. Al-Atsariyyah

Al-Atsariyyah adalah kaum muslimin yang mengikatkan diri kepada Imam Ahmad bin Hambal. Imam Ahmad bersama para imam yang lain merupakan penganut para sahabat dan tabi'in yang dalam pemahaman akidah mereka tidak menyimpang dengan Ahlusunnah Wal Jamaah.Namun sayangnya,  aliran ini memiliki pendapat seperti halnya paham Musyabbihah dan Mujassimah, mereka berpendapat bahwa Allah SWT bersemayam. Maka dari itu, kelompok ini tidaklah termasuk dalam kategori Ahlussunnah Wal Jamaah.

2. Al-Asy'ariyyah dan  Al-Maturidiyyah

Asy'ariyyah adalah kelompok yang mengikuti Imam Abu Hasan Al Asy'ari. Sedangkan Maturidiyyah mengikuti Imam Abu Mansur Al Maturidi, kedua kelompok tersebut mengikuti mazhab Hanafi yang sangat ahli dalam mentakwil  terminologi as-subki. Untuk kedua golongan ini Insyaallah akan kami buatkan artikel khusus.

3. Nazariyyah

Nazariyyah adalah orang-orang yang memiliki paham rasionalis, yaitu memiliki karakteristik pemikiran dengan ilmu kalam dalam akidah. Biasanya mereka menggunakan ilmu manthiq dan kalam dalam menjelaskan Nash Alquran dan as-sunnah, serta  tidak keluar dari akidah Salaf yang menjadi ciri khas Ahlussunnah Wal Jamaah.

4. Sufiyyah.

as-Sufiyyah adalah kelompok umat Islam yang lebih menitikberatkan pada Ihsan atau Makrifatullah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.  yaitu dengan bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah, meninggalkan berbagai larangan, membersihkan hati dari akhlak buruk, lalu menghiasinya dengan akhlak baik.

Dalam konsep dasar akidah,  Golongan as-Sufiyyah memiliki pemikiran Ahlussunnah Wal Jamaah yang sama dengan golongan asy'ariyah dan nazariyah .

Itulah pembahasan mengenai Kelompok dalam Ahlusunnah Wal Jamaah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sejarah anda. Wallahu A'lam.

Diterbitkan oleh : Abu Syuja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel