Pengertian sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah

Pengertian sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah_Di dalam akidah 50, terdapat 20 sifat wajib bagi Allah SWT. Ke 20 sifat tersebut terbagi menjadi 4 (Empat) kategori, yaitu : Sifat Nafsiyah, Sifat Salbiyah, Sifat Ma'ani dan Sifat Ma'nawiyah. Baca juga :


Berikut definisi dan penjelasan mengenai sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah beserta pembagian 20 sifat wajib Allah di dalamnya :

https://www.abusyuja.com/2019/09/pengertian-sifat-nafsiyah-salbiyah-maani-dan-manawiyah.html

Pengertian sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah


Sifat Nafsiyah

Sifat Nafsiyah adalah sifat yang menunjukkan zat itu sendiri bukan hal lainnya. Sifat Nafsiyah juga bisa didefinisikan sebagai haliyyah atau kondisi yang pasti ada pada suatu dzat selama dzat tersebut tidak 'ilati dengan suatu 'ilat.  Sifat wajib Allah yang termasuk ke dalam sifat Nafsiyah hanyalah satu, yaitu sifat wujud.


Sifat Salbiyah

Sifat Salbiyah adalah sifat yang menafikan segala hal yang tidak layak bagi Allah ta'ala. Sifat wajib Allah yang masuk ke sifat Salbiyah sendiri mencakup 5 sifat, Yaitu Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadisi, Qiyamuhu Binafsihi dan Wahdaniyah. Sebenarnya sifat Salbiyah sendiri tidak hanya 5 sifat, sebab berbagai kekurangan tidak terbatas dan semuanya ternafikan dari Allah SWT. Namun 5 sifat tersebut merupakan pokok yang sudah dirumuskan oleh para ulama.

Sifat Ma'ani 

Sifat Ma'ani adalah sifat yang ada pada sesuatu yang disifati yang otomatis menetapkan suatu hukum padanya. Seperti sifat Qudrah Allah yang secara otomatis menetapkan hukum Kaunuhu Qadiran ( keberadaan Allah SWT maha mampu/ kuasa). Sifat Ma'ani juga disebut sebagai sifat wujudiyyah, yaitu sifat yang memiliki wujud atau ada wujudnya, maksudnya adalah sifat tersebut tidak terlepas dari zat Allah SWT. Dari sifat-sifat wajib Allah, yang termasuk dalam kategori Ma'ani adalah 7 (Tujuh) sifat, yaitu Qadrah, Iradah, 'Ilm, Hayat, Sam', Bashar dan Kalam.

Sifat Ma'nawiyah

Syifa Ma'nawiyah adalah sifat yang ada pada suatu yang disifati, yang otomatis menetapkan suatu hukum padanya, maka sifat Ma'nawiyah merupakan hukum tersebut. Dari definisi di atas bisa kita simpulkan bahwa sifat Ma'nawiyah merupakan sebuah kondisi yang selalu menetap pada sifat Ma'ani itu sendiri. Sifat 'Ilm misalnya, pasti dzat yang bersifat dengannya mempunyai kondisi berupa Kaunuhu ' Aliman ( keberadaannya sebagai zat yang berilmu/ mengetahui). Sifat wajib Allah yang termasuk dalam kategori Ma'nawiyah ada 7 sebagaimana sifat Ma'ani yaitu: Kaunuhu Qadiran, Kaunuhu Muridan, Kaunuhu 'Aliman, Kaunuhu Hayyan, Kaunuhu Sami'an, Kaunuhu Bashiran dan Kaunuhu Mutakalliman.

Untuk mempermudah memahaminya kami buatkan tabel khusus mengenai sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah. :
20 Sifat Wajib Allah terbagi menjadi 4 Kategori
Nafsiyah Salbiyah Ma'ani Ma'nawiyah
Wujud Qidam Qadrah Kaunuhu Qadiran
Baqa' Iradah Kaunuhu Muridan
Mukhalafatul Lilhawaditsi Ilm Kaunuhu 'Aliman
Qiyamuhu Binafsihi Hayat Kaunuhu Hayyan
Wahdaniyah Sam' Kaunuhu Sami'an
Bashar Kaunuhu Bashiran
Kalam Kaunuhu Mutakalliman
Anda juga bisa mendownload tabel sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah versi gambarnya :
https://www.abusyuja.com/2019/09/pengertian-sifat-nafsiyah-salbiyah-maani-dan-manawiyah.html

Itulah pembahasan mengenai Pengertian sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma'ani dan Ma'nawiyah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Diterbitkan oleh : Abu Syuja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel