11 Macam Badan Otonom NU Serta Tugas dan Fungsinya

Abusyuja.com_Badan Otonom atau Banom adalah perangkat organisasi yang berfungsi melaksanakan kebijakan yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu dan beranggotakan perseorangan. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan mengenai badan otonom atau Banom Nahdlatul Ulama. Selain Banom, kami juga akan sertakan 3 (Tiga) Lajnah pada Nahdlatul Ulama.

http://www.abusyuja.com/2019/10/11-badan-otonom-nu-serta-tugas-dan-fungsinya.html


11 Badan Otonom NU Serta Tugas dan Fungsinya


1. Jami'iyah Ahli Thariqah

Jami'iyah Tariqah atau dengan nama lengkap Jami'iyah Ahli Thariqah Al Mu'tabarah An-Nahdliyah merupakan badan otonom yang membantu melaksanakan kebijakan para pengikut thariqah yang mu'tabar dilingkungan NU, serta membina dan mengembangkan seni hadrah.

2. Jami'iyatul Qura

Jami'iyatul Qura atau dengan nama lengkap Jami'iyatul Qura Wal Hufazh (JQH) merupakan badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada kelompok Qori'/Qoriah dan Hafidz/Hafidzah.

3. Muslimat NU

Muslimat NU adalah badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada anggota perempuan NU.

4. Fatayat NU

Fatayat NU adalah badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada perempuan muda NU.

Baca juga :

5. Gerakan Pemuda Anshor

Gerakan Pemuda Anshor atau GP Anshor adalah badan otonom yang menaungi Banser (Barisan Anshor Serbaguna) yang menjadi salah satu unit bidang garapannya.

6. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)

IPNU atau singkatan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama adalah badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada pelajar putra dan santri putra. IPNU juga menaungi CBP (Corp Brigade Pembangunan) yang merupakan satgas kusus.

7. Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)

Sedangkan IPPNU adalah banom yang melaksanakan kebijakan pada pelajar putri dan santri putri. IPPNU juga didirikan di berbagai lembaga pendidikan guna menggantikan peran OSIS/OSIM.

8. Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama

Banom yang ke Delapan adalah ISNU atau singkatan dari Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama. ISNU sendiri merupakan badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada kelompok sarjana dan kaum intelektual.

9. Serikat Buruh Muslimin Indonesia

SARBUMUSI atau singkatan dari Serikat Buruh Muslimin Indonesia adalah badan otonom yang melaksanakan kebijakan di bidang kesejahteraan dan pengembangan ketenagakerjaan.

10. Pagar Nusa

PN atau pagar nusa adalah badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada pengembangan seni bela diri.

11. Persatuan Guru Nahdlatul Ulama

PARGUNU atau singkatan dari Persatuan Guru Nahdlatul Ulama adalah badan otonom yang melaksanakan kebijakan pada guru-guru Nahdlatul Ulama.

3 Lajnah pada NU

Setelah mempelajari Badan Otonom (Banom), kita beralih pembahasan ke bidang Lajnah. Lajnah  merupakan perangkat atau sebuah organisasi yang melaksanakan program-program yang memerlukan penanganan khusus NU. lajnah sendiri mempunyai 3 golongan, yaitu : Lajnah Falakiyah, Lajnah Ta'lif Wan Nasyr dan Lajnah pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama.

1. Lajnah Falakiyah

Yaitu Lajnah yang bertugas mengurus masalah hisab dan rukyat, serta pengembangan ilmu Falak

2. Lajnah Ta'lif Wan Nasyr (LTN)

Yaitu Lajnah yang bertugas mengembangkan penulisan, penerjemah dan penerbitan kitab atau buku, serta menjadi media informasi menurut paham Ahlussunnah Wal Jamaah.

3.  Lajnah pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU)

Lajnah pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama adalah Lajnah yang bertugas mengembangkan pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama.

Itulah pembahasan mengenai 11 Macam Badan Otonom NU Serta Tugas dan Fungsinya. Semoga apa yang kami sampaikan menambah wawasan keilmuan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel