8 Hikmah/Manfaat Memperingati Maulid Nabi SAW

Maulid Nabi SAW_Maulid merupakan peringatan atas kelahiran manusia di dunia ini. Sedangkan Haul merupakan peringatan atas kematian manusia di dunia ini. Salah satu Maulid yang paling sering di amalkan umat Islam adalah Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi biasa dilakukan pada bulan Maulud (Hijriyah). Di bulan Maulud, umat Islam biasanya akan membuat sebuah majelis dan membaca beberapa bacaan Maulid karangan ulama ternama seperti Maulid Simthud Durar, Mulid Burdah, Maulid Dziba'i dan masih banyak lagi. Baca juga :


Lalu, apa sih keutamaan memperingati Maulid Nabi? Berikut 8 Hikmah atau Manfaat Memperingati Maulid Nabi SAW :

https://www.abusyuja.com/2019/10/8-hikmahmanfaat-memperingati-maulid.html

8 Hikmah/Manfaat Memperingati Maulid Nabi SAW


1. Mengenalkan kita pada figur teladan bagi seluruh umat

Hikmah pertama adalah dapat mengenalkan kita kepada kepribadian Rasulullah. Didalam Majelis Maulid, akan banyak sekali pembahasan-pembahasan mengenai keteladanan perilaku Rasulullah, dan hal tersebut merupakan ilmu yang patut kita ketahui agar dapat kita jadikan sebagai contoh yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW

Bagaimana kita bisa mencintai seseorang apabila kita belum begitu mengenal orang tersebut? Salah satu Hikmah Maulid adalah dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Jika kita datang ke majelis Rasulullah, secara tidak sadar kita merupakan orang-orang pilihan yang diberi kesempatan mengenal Rasulullah SAW. Dan hal tersebut sangat pantas kita syukuri karena masih banyak sekali orang-orang di luar sana yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengenal Rasulullah.

3. Meningkatkan tali persaudaraan

Hikmah atau manfaat Mulid yang ketiga adalah dapat meningkatkan tali persaudaraan. Didalam Majelis mereka akan berkumpul dan bersama-sama membaca sejarah Nabi. Dan mereka juga ikut andil dalam kesuksesan acara Maulid, seperti persiapan konsumsi yang dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga, Pembagian konsumsi yang dilakukan oleh kaum laki-laki dan lain-lain. Pada intinya, didalam Maulid akan ada sebuah instrumen kerjasama dan gotong royong yang dilakukan oleh semua lapisan masyarakat.

4. Meningkatkan semangat keagamaan dan ketakwaan

Hikmah yang berikutnya adalah dapat meningkatkan semangat keagamaan kita dan ketakwaan kita. Didalam majelis Rasulullah, akan ada sebuah ceramah atau tausiah yang akan disampaikan oleh pemuka agama, beliau biasanya akan mengajak dan memberikan motivasi kepada jamaah untuk selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dan mencintai seseorang yang di cintai oleh-Nya yaitu Rasulullah SAW.

5. Menggugah semangat berjuang menegakkan agama Islam

Hikmah berikutnya adalah menggugah semangat berjuang kita, khususnya dalam menegakkan agama Islam. Didalam majelis Rasulullah, kita akan belajar mengenai sejarah Rasulullah, mulai dari Beliau lahir, sampai titik Nafas terakhir Beliau dalam berjuang menegakkan agama Islam.

6. Terciptanya media kreatifitas dan kesenian 

Hikmah dan manfaat berikutnya adalah terciptanya media kreativitas dan kesenian. Didalam peringatan Mulid desa misalnya, anak-anak muda Karang Taruna biasanya akan ikut serta dalam dekorasi tempat dan panggung, hal tersebut akan memancing kekreatifitasan mereka. Tidak hanya itu, didalam perayaan Maulid biasanya akan ada kesenian Hadrah (rebana) untuk mengiringi shalawat-shalawat yang dilantunkan.

7. Terlaksananya Syiar Islam

Hikmah Maulid yang Ketujuh adalah terlaksananya Syiar Islam. Bagaimana tidak, mereka berkumpul didalam satu Majelis untuk mendengarkan tausiah-tausiah Islam yang disampaikan oleh ulama dan para Habaib.

8. Mendapatkan pahala karena melakukan perbuatan yang dianjurkan agama

Hikmah yang terakhir adalah mendapatkan pahala karena telah melakukan perbuatan-perbuatan yang baik. Sebagaimana Sabda Allah SWT bahwa Ia akan memberikan pahala bagi siapa saja yang mengamalkan perbuatan yang baik. Contoh : Gotong Royong, Belajar Islam, Membaca Shalawat, Bersedekah dan masih banyak lagi, dan kesemua itu ada didalam peringatan Maulid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel