Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Hikmah Maulid Nabi_Hakikat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk ungkapan rasa bahagia dan syukur atas diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia ini. Seandainya peringatan Peringatan Maulid Nabi tidak pernah diadakan, barangkali umat Islam sekarang akan sulit mendapati figur teladan yang baik bagi Rasulullah Muhammad SAW. Bahkan sekarang, anak-anak masih sulit mengenal Nabi Muhammad SAW kecuali sebatas nama dan kedudukannya. Baca juga :


Sikap Agung dan akhlak mulia yang harus diikuti menjadi jarang terdengar dibandingkan kepribadian tokoh tokoh yang sering tampak di media cetak maupun elektronik. Padahal, mencontoh Perilaku Nabi adalah pembuktian sikap kecintaan kita terhadap Nabi Yang menjadi panutan ( Uswatun Hasanah) dan dalam rangka mencetak generasi berakhlakul karimah.
https://www.abusyuja.com/2019/10/hikmah-memperingati-maulid-nabi.html
Dengan mengadakan peringatan Maulid Nabi, umat Islam terdorong bekerja sama dan akan saling tolong-menolong dalam urusan kebaikan, khususnya dalam urusan keagamaan. Sehingga, tali persaudaraan atau tali silaturahmi antar sesama umat Islam dengan sendirinya akan semakin kuat.

Semangat keagamaan yang terkadang naik dan terkadang turun, dapat menjadi semakin kuat kembali dengan adanya Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan keagamaan Dirasakan biasa-biasa saja seolah menjadi istimewa dilakukan, penuh berkah, harapan syafaat dan pahala melimpah.

Lebih-lebih jika peringatan Maulid Nabi dikemas dalam acara yang bermuatan ilmu pengetahuan seperti seminar, lomba menulis karya tulis ilmiah, diskusi keislaman, lomba cerdas cermat dan lain sebagainya. Maka, paling tidak pengetahuan mengenai sejarah Islam kembali terdengar. Hal ini penting mengingat adanya kecenderungan globalisasi yang menjauhkan kita khususnya para remaja dari budaya keilmuan Islam yang mengutamakan visi ketakwaan dan akhlakul karimah.

Berikut ini hikmah yang dapat kita ambil dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW:

Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW


  • Mengenalkan kita kepada figur teladan bagi seluruh umat
  • Meningkatkan kecintaan kita kepada Baginda Nabi Agung Nabi Muhammad SAW
  • Menguatkan tali persaudaraan atau menjalin ukhuwah diantara sesama umat Islam
  • Dapat meningkatkan semangat keagamaan dan ketakwaan kita
  • Dapat menggugah semangat berjuang demi menegakkan agama Islam
  • Terciptanya media kreativitas dalam hal keilmuan dan keterampilan apabila dikemas dengan muatan ilmu dan kesenian
  • Mendapatkan pahala bagi siapa saja yang melakukan perbuatan yang dianjurkan agama seperti membaca sholawat, bersedekah, gotong royong dan lain sebagainya. 
Itulah pembahasan mengenai Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel