Adab Ketika Berziarah ke Masjid Nabawi atau Makam Rasulullah

https://www.abusyuja.com/2019/12/adab-ketika-berziarah-ke-masjid-nabawi-atau-makam-rasulullah.html
Abusyuja.com_Selain adab kepada sesama manusia, adab juga berlaku untuk tempat-tempat yang di percaya memiliki keramat (kemuliaan). Salah satunya adalah Masjid Nabawi. Tempat dimana Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Berikut ini adab-adab bagi anda yang sedang berziarah ke Masjid Nabawi :

Adab-adab berziarah ke Masjid Nabawi (Madinah)


1. Masuk dengan sopan dan tenang

Yang pertama adalah masuklah ke Masjid Nabawi dengan sopan dan tenang, karena mustahabnya (sunnahnya) memang demikian. Datanglah terlebih dahulu ke Raudhah Asy-Syarifah dan dirikanlah shalat sunnah Tahiyat Masjid dua rakaat dengan khusu' dan tunduk. Sehabis shalat, datanglah ke makam Nabi Muhammad SAW yang mulia, hadapkan muka kepadanya (membelakangi kiblat), lalu ucapkan salam kepada Rasulullah SAW.

Kemudian mundurlah kira-kira satu dzira' (kurang lebih 48 cm) agak ke sebelah kanan, disitulah tempat sahabat beliau yang setia, Sayidina Abu Bakar Ash-Shidiq, ucapkanlah salam kepadanya. Kemudian mundur lagi satu dzira' disitulah Al-Faruq Umar bin Khatab dimakamkan, ucapkan pula sama kepadanya. (Semoga Allah SWT tetap Meridhai mereka berdua)

2. Berdoa sembari menghadap kiblat

Setelah mengucapkan salam, menghadaplah ke arah kiblat kemudian berdoalah dengan khusu' untuk kebaikan diri sendiri dan kebaikan keluarga kerabat serta umat muslim sekalian. Tetapi perlu anda ingat, berdoa disini bukan berarti meminta kepada Rasulullah SAW. Hal itu tidak boleh dilakukan. Yang benar adalah dengan meminta kepada Allah SWT sembari bertawasul kepada Rasulullah SAW.

Baca juga : 

3. Menjaga agar suara tetap rendah

Sebaik-baiknya orang adalah orang yang tidak mengganggu kekhusu'-an ibadah orang lain. Masjid Nabawi merupakan tempat keramat (mulia), yang biasanya disinggahi oleh orang-orang yang berniat untuk mencari keberkahan didalamnya. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk selalu menjaga suara agar tetap rendah, agar orang-orang disekitar kita tidak terganggu.

Itulah adab-adab yang bisa anda lakukan ketika sedang berziarah ke Masjid Nabawi atau Makam Rasulullah SAW. Cukup sekian dari kami, semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan, silahkan ingatkan kami di kolom komentar atau bisa melalui kolom kontak. Wallahu A'lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel