Amalan Paling Top Untuk Mencegah kemiskinan

https://www.abusyuja.com/2020/02/amalan-paling-top-untuk-mencegah-kemiskinan.html
Abusyuja.com_Tidak cuma banjir, miskin-pun bisa kita cegah. Islam sendiri sudah memberikan beberapa cara agar kita terbebas dari miskin. Mulai dari cara mengambil sikap, hingga amalan-amalan yang dianggap mujarab untuk mencegah kemiskinan.

Baca juga:

Miskin merupakan status sosial bagi siapa saja yang penghasilannya terkadang tidak memenuhi kebutuhannya. Kenapa masalah kemiskinan harus dituntaskan? Karena kemiskinan sering menjadi biang keladi kerusakan. Bahkan karena menderita hidup miskin, orang tega membunuh kawan, bahkan keluarganya sendiri.

Sudah berusaha dan berdoa, tetapi tetap saja miskin?

Ketika keinginan kita tidak dikabulkan oleh Allah, bukan berarti Dia tidak menerima doa kita. Akan tetapi, Dia Maha Tahu mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita. Dia Maha Tahu tentang apa yang kita butuhkan. Dan terkadang kita tidak menyadari bahwa kebutuhan yang tidak pernah kita minta sekalipun selalu dipenuhi oleh Allah Swt.

Ketika anda berdoa meminta "kaya" misalnya,  dan Allah tidak mengabulkan. Mungkin saja Dia Tahu bahwa ketika kaya nanti, iman anda akan goyah, kesombongan anda akan muncul, dan sifat-sifat negatif lainnya akan muncul. Dari contoh-contoh seperti inilah kita seharusnya faham, bahwa permohonan yang kita inginkan tidak selamanya baik untuk diri kita. Mungkin saja Allah tidak mengabulkan, akan tetapi, Dia bisa menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik, sesuatu yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Berikut amalan-amalan sunnah yang bisa anda lakukan ketika ingin mencegah kemiskinan dari kehidupan anda.

Amalan Paling Top Untuk Mencegah kemiskinan


Shalat Dhuha

Shalat sunnah ini memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya adalah dicukupi segala kebutuhan kita oleh Allah Swt.. Ingat, kebutuhan, bukan keinginan. Dua hal yang berbeda tetapi terkadang kita selalu menganggapnya sama. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang memang benar-benar kita butuhkan. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang belum tentu kita butuhkan.

Shalat dhuha dilakukan di waktu dhuha, yaitu antara terbitnya matahari sampai masuknya waktu dzuhur. Dan waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat dhuha adalah ketika matahari mulai panas (antara jam 8-9 pagi).

Shalat ini minimal dilakukan 2 rakaat 1 kali salam. Dan maksimalnya adalah 12 rakaat dengan 6 kali salam (setiap 2 rakaat 1 kali salam). Kita juga boleh melaksanakan shalat dhuha 4, 6, dan 8 rakaat.

Di rakaat pertama, kita disunnahkan membaca surat As-Syams, dan di rakaat ke dua, kita dianjurkan membaca surat Ad-Dhuha. Setelah salam, bacalah doa ini:
https://www.abusyuja.com/2020/02/amalan-paling-top-untuk-mencegah-kemiskinan.html


Membaca Surat Al-Waqi'ah

Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits-hadits masyhur. Barang siapa yang mau mengamalkan/membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, maka dia tidak akan ditimpa kefakiran untuk selama-lamanya.

Ibnu Asakir Ra. menyebutkan sebuah riwayat:
Ketika Abdullah bin Mas'ud sakit yang menyebabkan wafatnya, Usman bin Affan datang menengoknya. Utsman berkata, "Apa yang membuatmu cemas, Ibnu Mas'ud?"
"Lalu, apa yang menjadi harapanmu?" Tanya Utsman.
"Rahmat Rabbku."
"Maukah aku datangkan seorang tabib untukmu?"
"Dokter hanya akan membuatku sakit." Jawab Ibnu Mas'ud.
"Maukah aku perintahkan seseorang untuk mengirimkan sesuatu?" Kata Utsman
Ibnu Mas'ud menjawab, "Aku tidak membutuhkannya."
"Tidakkah itu dapat kau berikan kepada putrimu sepeninggalmu?" tanya Utsman.
Ibnu Mas'ud menjawab, "Apakah kamu mengkhawatirkan anak-anak perempuanku 
akan ditimpa kefakiran? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada mereka untuk membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, sebab aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, "Siapa saja yang membaca Al-Waqi'ah di setiap malamnya, 
maka ia tidak akan tertimpa kefakiran untuk selamanya."

Di dalam cerita lain, ada salah satu dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Wali Sembilan (Setia WS) cabang Purwodadi. Ini adalah kisah nyata yang langsung kami dengar dari beliau. Dari dulu, belia selalu membaca surat Yasin, Al-Mulk, dan Al-Waqi'ah pada setiap malam.

Dari rutinitas tersebut, beliau mengakui bahwa dampak dari amalan tersebut sangatlah besar. Dan salah satu manfaat yang beliau rasakan sampai sekarang adalah dimudahkannya segala urusan. Dan beliau percaya, Haji berkali-kali, mulusnya perjalanan masuk ke PNS, dikaruniai anak-anak yang baik serta berpendidikan tinggi, semuanya tadi tidak luput dari amalan di atas. Dan itu benar, beliau mengaku sendiri. Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang ia dapat ketika merutinkan amalan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel