Doa Agar Dilindungi Dari Sihir Dan Kedengkian

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-agar-dilindungi-dari-kejahatan-dan-kedengkian.html
Abusyuja.com_Doa ini dibaca agar Allah menjauhkan kita dari kejahatan para manusia dan kejahatan orang-orang yang suka dengki. Dalam sebuah riwayat dikemukakan, bahwa Rasulullah Saw. pernah sakit yang agak parah, sehingga datanglah kepadanya dua malaikat, yang satu duduk di sebelah kepalanya dan yang satu lagi duduk di sebelah kakinya. Berkatalah malaikat yang berada di sebelah kakinya kepada malaikat yang berada di sebelah kepalanya, "Apa yang engkau lihat?"
Ia berkata, "Dia kena guna-guna."
"Apa guna-guna itu?"
"Guna-guna itu sihir."
"Siapa yang membuat sihirnya?"
Ia menjawab, "Labid bin Al-A'syam Al-Yahudi yang sihirnya berupa gulungan yang disimpan di sumur keluarga Si Fulan di bawah sebuah batu yang besar. Datanglah ke sumur itu, timbalah airnya dan angka batunya kemudian ambillah gulungannya dan bakarlah."

Pada pagi hari, Rasulullah Saw. mengutus Ammar bin Yasir dengan kawan-kawannya. Setibanya di sumur itu, tampaklah air yang merah seperti pacar. Air itu ditimbanya dan diangkat batunya serta dikeluarkan gulungan itu, ada tali yang terdiri atas sebelas simpul. Pada saat peristiwa itu, turunlah QS. Al-Falaq dan An-Nas (HR. Baihaqi dari Al-Kalbi dari Abi Shalih yang bersumber dari Ibnu Abbas)

Baca juga:
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Yahudi membuatkan makanan untuk Rasulullah Saw. Setelah makan makanan itu, tiba-tiba Rasulullah sakit keras sehingga sahabat-sahabatnya mengira bahwa penyakit itu timbul dari perbuatan Yahudi itu. Maka, turunlah Jibril membawa surat ini (QS. Al-Falaq dan An-Nas) dan membacakan ta'awudh. Seketika itu juga, Rasulullah keluar menemui sahabat-sahabatnya dalam keadaan sehat. (HR. Abu Na'im dari Abu Jafar Al-Razi dari Al-Rabi bin Anas yang bersumber dari Anas bin Malik).

Berdasarkan peristiwa ini, itu berarti, bahwa QS. Al Falaq dapat digunakan untuk melindungi dari guna-guna dan santet (sihir) yang ditunjukkan kepada dirinya. Sedangkan pada lafadz "wa min syarri haasidin idzaa hasad" mengandung pengertian bahwa kita berlindung dari kejahatan para pendengki.

Salah satu sebab utama lahirnya kejahatan dan memisahkan seseorang dengan teman atau pasangannya adalah sifat hasad. Hasad adalah iri hati atas nikmat yang dimiliki orang lain dengan harapan kiranya nikmat itu akan hilang dari dirinya. Iri hati ini juga dapat ditunjuk kepada orang yang tidak memiliki nikmat tetapi diduga memilikinya. Orang yang iri hati juga senang jika orang lain menderita.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Tiga hal yang merupakan sumber dari segala dosa dan berhati-hatilah dari ketiganya. Hati-hatilah terhadap keangkuhan, karena keangkuhan menjadikan iblis enggan bersujud kepada Adam, dan berhati-hatilah terhadap tamak, karena ketamaan mengantarkan Adam memakan buah khuldi, dan hati-hatilah terhadap iri hati karena keduanya anak Adam, Qabil dan Habil, salah seorang di antaranya membunuh saudaranya akibat dorongan iri hati. (HR. Ibnu Asakir melalui Ibnu Mas'ud)

Dengan membaca doa ini di atas, kita berlindung kepada Allah Swt. dari kejahatan manusia dan para mendengki. Itulah tadi penjelasan mengenai Doa Agar Dilindungi Dari Kejahatan Dan Kedengkian. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel