Doa Memohon Keberkahan

Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, Abusyuja akan membagikan salah satu doa yang memiliki banyak sekali manfaat, yaitu doa memohon agar diberi keberkahan apapun dalam hidup. Berkah sendiri memiliki arti yang sangat luas. Ditinjau dari segi bahasa, berkah artinya tambah. Doa ini dimaksudkan agar Allah memberikan keberkahan kepada kita, yaitu berupa masa depan yang baik, rezeki yang baik, serta nasib yang baik di masa depan kelak. Berikut doanya:

Doa Memohon Keberkahan 

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-memohon-keberkahan.html
Kita membaca doa ini agar Allah Swt. memberikan keberkahan hidup atas apa yang dikaruniakan kepada kita. Selain itu, doa ini berisi permintaan agar Dia memanjangkan kehidupan dengan ketaatan, membaguskan amal, dan mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Baca juga:

Barokah atau berkah oleh para ulama yang mula-mula menyebarkan Islam di Indonesia disimbolkan dengan "berkat" atau makanan yang dibawa dari acara hajatan atau syukuran. Berkah biasanya didefinisikan secara singkat dengan sesuatu yang dapat membawa kebaikan. Contoh berkah adalah, ketika bayi Muhammad Saw. lahir, ia disusui oleh seorang ibu yang berasal dari Bani Sa'ad, beliau bernama Halimah Sa'diyah. Bani Sa'ad adalah salah satu marga dari suku Quraiys di Mekkah. Sebelum kehadiran Bayi Muhammad Saw., kondisi kehidupan Bani Sa'ad dalam keadaan paceklik yang tergambarkan dengan kurusnya binatang ternak, keringnya kantong susu, ketidaksuburan tanah, dan minimnya hasil tanaman.

Setelah bayi Muhammad Saw dibawa oleh Halimah ke kampung Bani Sa'ad, tiba-tiba ternak berangsur-angsur gemuk, kantong susu ternak pun menjadi penuh, dan tanah berubah menjadi subur, utamanya kehidupan keluarga Halimah menjadi sejahtera. Perubahan kondisi yang terjadi tersebut, diakui lantaran kehadiran bayi Muhammad Saw di Bani Sa'ad.

Kita tahu sosok bayi, untuk duduk dan berdiri ia belum mampu, untuk makan dan minum saja masih memerlukan bantuan orang lain. Secara logika, bayi tidak mungkin melakukan perubahan yang terjadi seperti itu. Namun, secara logika tauhid, perubahan yang dialami Bani Sa'ad ini dapat terjadi atas dasar kehendak Allah Swt. yang ditandai dan diawali dengan kehadiran bayi tersebut. Untuk itulah, kehadiran bayi tersebut membawa berkah.

Bisa jadi, anda diberikan harta melimpah tetapi pengeluaran selalu ada saja sehingga lama-lama harta benda anda habis. Misalnya ada sanak keluarga yang diuji gampang sakit, atau semisalnya. Atau, harta benda itu menjadikan hidup anda tidak tenteram dan dapat menjauhkan diri anda kepada Allah. Sebaliknya, bisa jadi ada orang yang memiliki harta atau materi tidak sebanyak "orang yang hartanya sering habis itu", tetapi harta yang dia miliki mendatangkan ketenangan batin kepada pemiliknya. Harta benda itu tidak menjadikannya lupa kepada yang Pemberi rezeki. Dan akan tetapi selalu menghadirkan Allah dalam hatinya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita membaca doa di atas agar diberikan keberkahan atas segala apa yang diberikan oleh Allah Swt. kepada kita, entah itu berupa harta benda, anak, istri, kesehatan, dan lain sebagainya. Dan semoga, Allah membaguskan amalan-amalan dan mengampuni segenap dosa dan kesalahan kita.

Itulah tadi doa memohon agar diberi keberkahan. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel