Doa Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-agar-dimudahkan-dalam-segala-urusan.html
Abusyuja.com_Di dalam doa ini, terdapat 3 poin keutamaan, yaitu diberikan lapang dada, memudahkan segala urusan, dan melemaskan lidah yang kaku. Kita meminta kepada Allah Swt. agar Dia melapangkan dada kita, memudahkan urusan kita, serta melepaskan kekakuan lidah agar orang lain dapat memahami tentang apa yang sedang kita bicarakan.

Baca juga :

Doa ini diucapkan oleh Nabi Musa, kala beliau menghadapi raja yang sangat dzolim di masanya, yaitu Fir'aun, raja orang musyrik, yang memiliki kekuatan dan kekuasaan yang kuat. Nabi Musa sadar tugas berat yang diambannya, maka beliau memohon, "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku sehingga dadaku menampung segala tantangan dan mudahkanlah untukku urusanku sehingga aku tidak mengalami sesuatu yang sulit dalam menyampaikan risalah-Mu, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku yang membelenggu dan menghalangi. Aku tidak dapat menyampaikan secara baik pesanku. Maka dari itu, aku memohon agar Engkau memberikan mereka pemahaman secara mendalam tentang apa yang akan aku katakan. Serta buat mereka memahami dengan baik tentang risalah-Mu yang akan ku sampaikan kepadanya.

Permohonan Nabi Musa agar Allah melepaskan kekakuan dari lidah beliau, dikaitkan oleh ulama dengan riwayat yang menyatakan bahwa ketika kecil beliau pernah menarik jenggot Fir'aun dan menyakitinya, sehingga ia marah dan menyangka bahwa Nabi Musa memiliki kekuatan gaib. Untuk itu, Fir'aun mengujinya dengan menyodorkan kepadanya kurma dan bara api. Ternyata, tangan Nabi Musa yang semula bermaksud mengambil kurma dialihkan oleh malaikat ke bara api, sehingga, lidah Musa kecil tidak lurus, kaku, bagaikan terbelenggu.

Menurut M. Quraish Shihab (Ahli Tafsir Indonesia), riwayat ini tidak dapat dipertanggungjawabkan dari segi makna maupun matan. Penulis Tafsir Al-Misbah ini cenderung memahami makna kekakuan pada lidah itu dalam arti "memiliki kekurangan dalam kefasihan bahasa". Seperti yang telah diketahui, Nabi Musa dibesarkan dalam lingkungan istana Fir'aun yang tentu saja memakai bahasa istana Fir'aun, dengan menggunakan bahasa Mesir kuno. Hal ini menjadikan Nabi Musa tidak sefasih Nabi Harun dalam berbahasa Ibrani, yaitu bahasa Bani Israil, dimana beliau diutus kepada mereka.

Karena itulah Nabi Musa berdoa kepada Allah Swt. agar beliau dapat melepaskan kekakuan lidahnya dan memperlancar cara berbicara beliau dalam bahasa Ibrani agar bangsa Israil bisa memahami dengan apa yang akan ia bicarakan.

Doa Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan


RABBISY RAHLII SHADRII. WA YASSIR LII AMRII. WAHLUL 'UQDATAN MIN LISAANII. YAFQAHUU QAULII.

Jika membaca riwayat mengapa Nabi Musa membaca doa di atas, maka doa ini-pun bisa diamalkan, dengan harapan semoga segenap urusan kita dimudahkan oleh Allah Swt. Orang yang dimudahkan urusannya oleh Allah Swt, pasti ia akan menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Begitu juga bagi seseorang yang ingin lancar berbicara, doa ini sangatlah tepat. Khususnya bagi anda pengusaha yang sedang melakukan negosiasi dengan rekan bisnis lain. Selain pengusaha, doa ini juga cocok bagi anda yang terjun kedalam dunia Public Speaking seperti Kiai, Guru, Dosen, dll.

Itulah tadi pembahasan mengenai doa memohon agar dimudahkan segala urusan kita. Jangan lupa share (bagi) apabila bermanfaat lewat tombol sosial media di bawah. Cukup sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel